Home / Sosok / Yohanes Surya; Memanggil Pulang

Yohanes Surya; Memanggil Pulang

Fisikawan Indonesia, Profesor Yohanes Surya (49), sejak tahun 2010 rajin mengunjungi mahasiswa Indonesia di sejumlah negara. Prof Yo, demikian dia sering disapa, berniat memanggil pulang sebanyak mungkin mahasiswa Indonesia yang sudah meraih gelar doktor di luar negeri.

”Saya ke Australia, Jepang, Amerika, dan negara lainnya untuk mengajak mereka membangun kemajuan teknologi di Indonesia,” ujarnya, Selasa (12/6). Ia dijumpai dalam acara pelepasan pelajar Indonesia ke ajang Global Enterprise Challenge di Jepang.

Yohanes mengajak para doktor sains dan teknologi lulusan luar negeri membantu menciptakan technopreneur andal di Indonesia. Dengan demikian, Indonesia dapat menciptakan produk-produk teknologi maju yang bisa dipasarkan.

Para doktor yang dibujuk kembali pulang oleh Prof Yo antara lain diajak bergabung menjadi pengajar bagi para pelajar Indonesia yang mau berkompetisi dalam olimpiade sains di luar negeri. Ada juga yang diajak menjadi pengajar di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya.

”Saya senang, banyak yang mau pulang. Cuma mereka perlu ’mainan’ supaya ilmunya terus berkembang dan tidak hilang. Nah, ’mainan’ ilmuwan itu ya laboratorium. Ini yang saya sediakan,” katanya. (ELN)

Sumber: Kompas, 15 Juni 2012

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Prof Soemantri, Ahli Darah Penjunjung Nilai Kemanusiaan Itu, Berpulang

Salah satu inisiasi Soemantri adalah memberi pelayanan transfusi darah bagi anak penderita talasemia dan hemofilia ...

%d blogger menyukai ini: