Peta Kajian Geologi Kereta Api Cepat Disusun

- Editor

Jumat, 9 Maret 2018

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Badan Geologi tengah menyusun peta kajian geologi rinci pada lokasi pembangunan stasiun kereta api cepat Jakarta-Bandung di Walini, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Peta tersebut menjadi rekomendasi untuk pemanfaatan lahan di kawasan itu.

“Peta kajian geologi ditargetkan selesai dalam dua bulan. Selanjutnya akan diserahkan ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang sebagai rekomendasi untuk pemanfaatan lahan,” ujar Kepala Subbidang Pengembangan Geologi Lingkungan di Badan Geologi Tantan Hidayat saat berkunjung ke lokasi pembangunan Stasiun Walini, Kamis (8/3).

Kereta api cepat Jakarta-Bandung menjadi salah satu proyek besar pemerintah mulai 2016 hingga tiga tahun ke depan. Keberadaannya akan memangkas waktu tempuh jarak Jakarta-Bandung sejauh 150 kilometer, dari 3-4 jam menjadi 30-45 menit. Kereta api cepat juga diharapkan memicu pusat perekonomian baru di Karawang, Walini (Bandung Barat), dan Gedebage (Kota Bandung).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tantan mengatakan, peta kajian geologi tersebut terdiri dari tiga bagian, yaitu kajian daya dukung tanah dan bebatuan, kajian stabilitas lereng, serta mikrozonasi. Ketiga kajian itu dibutuhkan agar pembangunan di stasiun dan kawasan transit oriented development (TOD) Walini sesuai dengan kondisi lahannya.

Proyek kereta cepat di Walini tidak hanya meliputi pembangunan trase dan stasiun. Di lokasi itu juga diproyeksikan pembangunan kota baru sebagai kawasan penyangga. Untuk itu, dibutuhkan kajian geologi lebih kompleks agar beban pembangunan infrastruktur tidak melebihi daya dukung lingkungan.

Kerentanan lahan
“Rekomendasi Badan Geologi bukan untuk menyimpulkan boleh atau tidak membangun di lokasi tertentu. Tetapi, apabila ingin membangun, kami memberikan saran terkait pola infrastrukturnya yang disesuaikan dengan kerentanan lahannya,” ujarnya.

Mikrozonasi, kata Tantan, diperlukan untuk memetakan kawasan potensi bencana dalam kategori tinggi, sedang, atau rendah. Potensi bencana itu terkait dampak goncangan dan kerentanan gerakan tanah.

KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA–Tim Badan Geologi melakukan kajian geologi pada lokasi pembangunan transit oriented development (TOD) Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Walini, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (8/3). Tim itu akan membuat peta kajian geologi rinci sebagai rekomendasi pemanfaatan lahan di kawasan tersebut.

Pemetaan mikrozonasi dilakukan dengan mengukur amplifikasi tanah di 240 titik yang berjarak 500 meter antartitik. Pengukuran itu untuk mengetahui secara detail kondisi kapasitas lahan terhadap kerentanan gempa.

“Tujuannya agar lahan dimanfaatkan dengan tepat. Jadi, zona potensi bencana berdasarkan kategorinya dibangun sesuai dengan peruntukannya,” ucapnya.

Berdasarkan peta kerawanan bencana, Walini memiliki potensi tinggi. Walini didominasi kawasan berbukit dan lembah. Lokasi tersebut banyak dimanfaatkan untuk kebun teh. Kawasan tersebut termasuk zona merah dampak guncangan gempa dan gerakan tanah.

Sumber gempa yang diperkirakan berdampak terhadap jalur kereta cepat adalah tiga sesar: Sesar Lembang, Sesar Cimandiri, dan Sesar Baribis dengan asumsi kekuatan gempa magnitudo 7,0 dengan kedalaman 10-20 kilometer. Selain itu, ada gempa dari zona subduksi dengan magnitudo momen (Mw) 8,5-9,0 kedalaman 20-25 kilometer (Kompas, 30/1/2016).

Kepala Subbidang Pemetaan Tematik di Badan Geologi Isnu Hajar Sulistyawan mengatakan, walaupun berpotensi kerawanan bencana tinggi, kawasan Walini tetap dapat dimanfaatkan untuk pembangunan. Namun, pemanfaatannya harus disesuaikan dengan peta kajian geologi yang sedang disusun.

“Tetap bisa digunakan untuk pembangunan. Namun, sangat penting mengikuti peta kajian geologi agar dimanfaatkan dengan aman,” ucapnya.–TATANG MULYANA SINAGA

Sumber: Kompas, 9 Maret 2018

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Arsitektur yang Bertumbuh dari Tanah, Bukan dari Langit
Dusky: Senandung Ibu dari Sabana Papua
Dari Garis Hitam ke Masa Depan Digital: Kronik, Teknologi, dan Ragam Pemanfaatan Barcode hingga QRIS
Di Balik Lambang Garuda di Selembar Ijazah
Dari Quick Count ke Quick Lie: Kronik Naik Turun Ilmu Polling di Indonesia
AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru
Petungkriyono: Napas Terakhir Owa Jawa dan Perlawanan Sunyi dari Hutan yang Tersisa
Zaman Plastik, Tubuh Plastik
Berita ini 10 kali dibaca

Informasi terkait

Kamis, 10 Juli 2025 - 17:54 WIB

Arsitektur yang Bertumbuh dari Tanah, Bukan dari Langit

Rabu, 9 Juli 2025 - 12:48 WIB

Dusky: Senandung Ibu dari Sabana Papua

Senin, 7 Juli 2025 - 08:07 WIB

Di Balik Lambang Garuda di Selembar Ijazah

Minggu, 6 Juli 2025 - 15:55 WIB

Dari Quick Count ke Quick Lie: Kronik Naik Turun Ilmu Polling di Indonesia

Sabtu, 5 Juli 2025 - 07:58 WIB

AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru

Berita Terbaru

fiksi

Pohon yang Menolak Berbunga

Sabtu, 12 Jul 2025 - 06:37 WIB

Artikel

Arsitektur yang Bertumbuh dari Tanah, Bukan dari Langit

Kamis, 10 Jul 2025 - 17:54 WIB

Fiksi Ilmiah

Cerpen: Tamu dalam Dirimu

Kamis, 10 Jul 2025 - 17:09 WIB

Artikel

Dusky: Senandung Ibu dari Sabana Papua

Rabu, 9 Jul 2025 - 12:48 WIB

fiksi

Cerpen: Bahasa Cahaya

Rabu, 9 Jul 2025 - 11:11 WIB