Home / Berita / Perluas Pasar, Xiaomi Buka Gerai

Perluas Pasar, Xiaomi Buka Gerai

Xiaomi Incorporation, produsen telepon seluler pintar asal Beijing, Tiongkok, resmi membuka gerai di Indonesia, Jumat (18/12). Gerai itu merupakan hasil kerja sama dengan PT Erafone Artha Retailindo (Erafone), salah satu distributor dan ritel produk komunikasi di bawah jaringan Erajaya Group.

Xiaomi mengusung tema khusus (concept store) untuk gerai pertama yang berlokasi di Sky Bridge Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan. Gerai dinamakan Mi Concept Store.

Director Marketing and Communications Erajaya Group Djatmiko Wardoyo, di sela-sela kegiatan peresmian, menyampaikan, tema khusus itu menjadi bagian dari upaya meningkatkan relasi pelanggan. Gerai ini berfungsi sebagai toko ritel yang menjual ponsel pintar Xiaomi tipe Mi 4i, Redmi Note 3G, Redmi 2 dan aksesori terkait, antara lain Mi In-Ear Headphones, Mi Band, dan Mi Power Bank.

“Tren yang terjadi sekarang adalah pemakaian perangkat komunikasi pintar diikuti dengan aksesori. Jadi, ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Mi Concept Store diharapkan pula sebagai tempat para Mi Fans, sebutan penggemar ponsel pintar Xiaomi, berkumpul dan merasakan produk-produk Xiaomi terbaru,” kata Djatmiko.

Kerja sama Erajaya dengan Xiaomi sudah dilakukan sejak ponsel ini beredar pertama kali di Indonesia Agustus 2014. Pada awal kehadiran, Xiaomi menggunakan strategi penjualan secara daring melalui Lazada Indonesia. Dalam dua bulan, jumlah penjualan mencapai 85.000 unit. Pertengahan 2015, Xiaomi menunjuk Erajaya sebagai mitra penjualan resmi di situs daring resmi mereka.

Country Program Manager Xiaomi Global Lake Hoo menyampaikan, pembukaan gerai itu memperkuat komitmen Xiaomi mengembangkan bisnis di Indonesia. Di tingkat internasional, ponsel Xiaomi cukup diminati. Mengutip Reuters, selama enam bulan pertama 2015, Xiaomi berhasil menjual 34,7 juta unit ponsel di dunia.

Menurut Senior Market Analysist International Data Corporation Indonesia Reza Haryo, belanja perangkat komunikasi rumah tangga tidak hanya menyasar merek global. Ponsel asal Tiongkok menjawab kebutuhan konsumen yang ingin perangkat pintar berteknologi maksimum dan harga lebih murah. (MED)
—————-
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Desember 2015, di halaman 20 dengan judul “Perluas Pasar, Xiaomi Buka Gerai”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Peran dan Kontribusi Akademisi Lokal Perlu Ditingkatkan

Hasil riset akademisi memerlukan dukungan akses pasar. Kolaborasi perguruan tinggi dan industri perlu dibangun sedini ...

%d blogger menyukai ini: