Wisuda 612 Lulusan ITERA Komitmen Hasilkan SDM Unggul di Era VUCA

- Editor

Senin, 10 Oktober 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kembali mewisuda 612 lulusan dalam Sidang terbuka Institut Teknologi Sumatera wisuda ke-12 tahun 2022, Sabtu, 1 Oktober 2022. Sejak wisuda pertama pada tahun 2016 sampai dengan wisuda ke-12, ITERA telah meluluskan sebanyak 2.931 sarjana dari berbagai program studi sesuai kebutuhan Sumatera, dan Indonesia.

Dalam wisuda yang dilaksanakan secara langsung dengan dihadiri wisudawan dan orang tua yang dipusatkan di Aula dan Pelataran Gedung Kuliah Umum ITERA, Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, menekankan komitmen ITERA mengasilkan lulusan yang unggul, dan mampu bersaing di era volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA). Era di mana perubahan sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol, dan kebenaran serta realitas menjadi sangat subyektif.

“Melalui paltform MBKM dan isu perubahan iklim global serta konsep pembangunan berkelanjutan, kami berkomitmen serius dalam tri dharma dan tata kelola kampus. Dalam dharma pendidikan kami bertekad menghasilkan lulusan unggul yang mampu berkompetisi di era VUCA ini,” ujar Rektor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk itu, selain membekali keilmuan secara akademik, melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa ITERA dilatih untuk dapat belajar lebih banyak sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini. Mengasah skill, magang industri, hingga berkolaborasi dengan berbagai mitra menjalankan program MBKM. Sehingga dalam wisuda periode ke-12 dari sebanyak 612 wisudawan, sedikitnya tercatat 14 wisudawan yang mengkonfirmasi telah diterima bekerja di berbagai perusahaan baik negeri ataupun swasta sebelum diwisuda.

Atas hal tersebut, Rektor menyampaikan rasa syukur atas pencapaian dari para wisudawan ITERA yang tetap memiliki semangat meski lulus ditengah pandemi Covid-19. Rektor berharap dengan bekal selama kuliah, para lulusan mampu membawa kontribusi besar ke dunia kerja, dan menjadi agen perubahan dengan ide – ide kreatif dan inovatif sesuai bidang yang ditempuh. “Kelak saudara-saudaralah yang akan menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan ke arah lebih baik dan memiliki daya saing global dalam memajukan bangsa Indonesia khususnya Pulau Sumatera,” ujar Rektor.

Dalam wisuda ke-12 Rektor ITERA juga memberikan persembahan spesial, dengan menyanyikan lagi berjudul Ibu karya musisi Iwan Fals, yang diiringi pembacaan puisi oleh Ketua Senat ITERA Dr. Sunarsih, M.A. Penampilan yang mendapatkan apresiasi dari seluruh hadirin.

Wisudawan Terbaik
Selanjutnya Rektot memberikan penghargaan kepada tiga wisudawan terbaik ITERA. Wisudawan Terbaik Pertama diraih Erliana Regita Putri dari Prodi Farmasi dengan IPK 3,96, 2, Wisudawan terbaik kedua Rio Jordi (Prodi Teknik Mesin) dengan IPK 3.90, 3, dan wisudawan terbaik ketiga diraih Laila Kusuma Ditama (Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota) dengan IPK 3.85.

Selanjutnya untuk wisudawan tercepat pertama dalam Wisuda Program Sarjana ke-12 ITERA diraih oleh Arielle Mileni Gamayola dari Prodi Arsitektur dengan studi 4 tahun, 1 bulan, 21 hari, tercepat kedua Tsaltsa Sabrina Arif (Arsitektur) dengan masa studi 4 tahun, 1 bulan, 21 hari, dan wisudawan tercepat ketiga diraih oleh Hana Salsabila Parinduri (Arsitektur) dengan masa studi 4 tahun, 1 bulan, 21 hari.

Adapun sebanyak 612 lulusan yang diwusuda pada kesempatan tersebut terdiri dari lulusan Program Studi Arsitektur 58, Biologi (21) , Farmasi (36), Fisika (12) , Kimia (32), Matematika (13), Perencanaan Wilayah dan Kota (77), Prodi Sains Atmosfer dan Keplanetan (5), Teknik Biosistem (24), Teknik Elektro (26), Teknik Fisika (15), Teknik Geofisika (80) , Teknik Geologi (31), Teknik Geomatika (9), Teknik Industri (31) , Teknik Informatika (23), Teknik Kelautan (15) , Teknik Kimia (23), Teknik Lingkungan (21), Prodi Teknik Mesin (37) , Teknik Sipil (18), Teknik Sistem Energi (1), Teknologi Industri Pertanian (1) , dab Teknologi Pangan (3). []

Reporter: Adilla Aulia Puspita (Kimia)

Fotografer: Abdul Huseinsyah Capah (Teknik Geofisika)

Sumber: itera.ac.id, Oktober 1, 2022

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 29 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB