Ubah Cara Penyiapan Sumber Daya Manusia

- Editor

Rabu, 11 April 2018

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menyiapkan generasi muda agar profesional yang mampu bekerja berdampingan dengan dan memanfaatkan teknologi cerdas yang berkembang pesat di era revolusi industri 4.0 ini perlu metode tersendiri. Pendidik di sekolah dan perguruan tinggi perlu mengubah cara penyiapan sumber daya manusia Indonesia.

“Cara menyiapkan SDM pun harus berubah. Target pendidikan adalah membentuk insan yang memiliki ras ingin tahu, berpikir kreatif, dan mampu memecahkan masalah secara kolabortif. Jadi, guru bukan bukan lagi hanya fokus menghasilkan anak pintar yang hanya punya nilai akademis tinggi. Pembentukan karakter jadi sangat menentukan,” kata Ina Liem, Infopreneur dari Jurusanku.com di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Pendidikan yang masih menjejalkan banyak konten seperti yang selama ini terjadi tidak membuat anak menjadi mampu memecahkan masalah. Ketika sumber konten ada di mana-mana, peran guru dan dosen sebagai penyampai materi mudah tergantikan oleh internet.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

KOMPAS/ESTER LINCE NAPITUPULU–Mahasiswa tidak hanya dibekali keilmuan, namun jug pembentukan karakter yang sesuai kebutuhan industri 4.0. Pemilihan mahasiswa berprestasi atau Atma Jaya Student Awards 2018 di Jakarta untuk memotivasi mahasiswa berprestasi terbaik secara akademik maupun nonakademik yang berguna untuk kemjuan Indonesia.

“Pemberi kerja tidak peduli pada berapa banyak ilmu yang dikuasai. Yang paling penting justru bagaimana pekerja bisa memecahkan masalah dengan bekal ilmu yang dimiliki. Jelas peran pengajar harus berubah,” kata Ina yang aktif memberikan konsultasi tentang tren pendidikan dan karir ke sekolah dan perguruan tinggi.

Menurut Ina, penyiapan SDM menghadapi Revolusi Industri 4.0 sudah sering dibahas pemerintah. Namun, penyesuaian peran guru/doaen dan dunia pendidikan untuk berdaptasi dengan tuntutan baru ini masih belum banyak dipahami.

KOMPAS/ESTER LINCE NAPITUPULU–Infopreneur dri Jurusnku.com, Ina Liem

Perubahan yang penting dalam peran pendidik di era digital dan revolusi industri ke-4, lanjut Ina, para pendidik membuat strategi pembelajaran yang memperkuat karakter anak-anak muda memiliki rasa ingin tahu, berpikir kreatif, dan mampu memecahkan masalah secara kolaboratif.

Pembelajaran dengan berbasis proyek untuk memecahkan persoalan riil di masyarakat, termasuk dengan pendekatan kolaborasi lintas ilmu, mampu memperkuat hardskills dn softskills siswa.

Masih Konvensional
Ina menyampaikan, nyatanya pendidikan masih umum dijalankan secara konvensional. Masih banyak materi belajar disampaikan secara konvensional. Misalnya, mahasiswa diminta merancang mesin penggilingan tebu. Tiap kelompok membuat rancangan sendiri.

Pertanyaannya, siapa yang membutuhkan mesin itu kelak? Jika diwujudkan jadi mesin betulan, akankah ini menjawab kebutuhan masyarakat? Lagipula, mampukah mereka mewujudkan rancangannya ke dalam produk jadi?

Cara belajar seperti ini hanya akan mencetak tenaga pelaksana yang bekerja atas perintah (pegawai). Rasa ingin tahu tidak berkembang, begitu juga pola pikir entrepreneurial.

Sulit mengharap inovasi dari generasi yang dibentuk dengan cara seperti ini. Berbagai karakter yang dibutuhkan industri masa depan juga sulit terasah, utamanya determination dan work ethics (etos kerja) yang makin langka di masa sekarang.

Menurut Ina, pembelajaran perlu diperkuat pula melalui metode design thinking. Para siswa/ mahasiswa harus didorong menemukan problema nyata di masyarakat.

“Peran pendidik adalah memastikan pelajar mendapat dukungan akademik berikut thinking road map untuk menemukan solusinya. Melalui metode real problem-based learning, tiap kelompok pelajar akan menghasilkan solusi nyata. Belajar pun jadi relevan,” ujar Ina.

Di era industri tahap ke-4 akan ditandai dengan makin canggihnya teknologi 3 D printing, Internet of Things, dan Artificial Intelligence. Generasi muda perlu dididik untuk mampu menangkap peluang kerja/usaha yang terbuka. Dengan berkembangnya 3D printer, kreativitas untuk mengembngkan miniindustri terbuka.

Di lain sisi, industri 4.0 juga ditandai oleh IoT atau Internet of Things (berbagai alat dihubungkan dengan internet melalui sensor, kamera, dan sebagainya). IoT akan melanda berbagai bidang, dari transportasi, layanan kesehatan, keamanan, pemerintahan, manufaktur, perikanan, pertanian, termasuk pendidikan dan lain-lain. Potensi cyber crime juga meningkat.

“Jelas SDM yang akan dibutuhkan beda, baik bidang keilmuan, cara berpikir, metode kerja, maupun karakter individunya. Dari sisi hard skills, apapun bidang studinya perlu dibekali kemampuan memanfaatkan dan mengolah data. Namun modal softskills jadi makin penting,” kata Ina.

Pemikiran inovatif
Secara terpisah, Ketua Bidang Penjaminan Mutu dan Kerja Sama Internasional Majelis pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Edy Suandi Hamid dalam Rapat Koordinasi Nasional Perguruan Tinggi Muhammadiyah wilayah Indonesia Timur di Makassar, pekan lalu, mengatakan dunia pendidikan tinggi harus berjalan di depan dalam memasuki era industri keempat atau Industri 4.0. Pemikiran-pemikiran inovatif dan alternatif-alternatif menghadapi dampak Industri 4.0 seharusnya sudah menjadi fokus kajian yang rutin di kampus.

Edy mengatakan hal ini bukan saja dimaksudkan untuk memberikan bekal pada anak didiknya agar lulusannya dan masyarakat tidak gagap memasuki era Industri 4.0 , namun yang lebih utama adalah memberikaan pemikiran kontributif dan mencerahkan bagi masyarakat secara keseluruhan.

“Kita tidak bisa membiarkan proses perubahan drastis yang terjadi mengalir saja secara alamiah. Sebaliknya, melalui perguruan tinggi kita harus ikut mendesain untuk masuk dan menyiapkan diri menghadapinya. Lebih bagus lagi bisa ikut mengarahkan jalannya industri 4.0 itu, jadi bukan sekedar pengikut, tapi menjadi trend setter. Di sini peran perguruan tinggi sangat ditunggu,” kata Edy yang juga anggota Dewan Pertimbangan Forum Rektor Indonesia ini.

Dikatakan Edy, Era Industri 4.0 akan terus memunculkan teknologi baru yang melahirkan lompatan-lompatan inovatif, yang dari satu sisi bisa mengembangkan berbagai produk-produk peradaban baru yang cepat dan canggih, namun di sisi lain juga bisa menimbulkan gangguan pada existing industry dan lapangan kerja.

“Berbagai dampak yang bisa bersifat disruptif dari inovasi teknologi yang pasti muncul ini harus diantisipasi. Bagaimana antisipasinya? Kampus menjadi tumpuan untuk memberikan jawaban dengan kajian-kajian atau riset yang dilakukannya,” ujar Edy yang juga Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta ini.–ESTER LINCE NAPITUPULU

Sumber: Kompas, 10 April 2018

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 2 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB