Home / Berita / Tingkatkan Kerja Sama di Antara PT

Tingkatkan Kerja Sama di Antara PT

Integrasi masyarakat ASEAN tak hanya bisa ditempuh lewat penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang dimulai sejak awal tahun ini. Integrasi masyarakat di Asia Tenggara perlu pula didorong lewat peningkatan kerja sama di antara perguruan tinggi negara-negara anggota ASEAN.

Namun, kerja sama di antara perguruan tinggi (PT) di ASEAN belum berkembang pesat karena belum tercapai kesepahaman. Selain itu, mobilitas mahasiswa di antara negara-negara ASEAN juga belum terwujud secara optimal. Padahal, kerja sama di bidang pendidikan tinggi berpotensi memperkuat integrasi masyarakat ASEAN agar kawasan tersebut kian diperhitungkan dunia.

Peningkatan kerja sama antar-PT di ASEAN itu dibahas dalam pertemuan program European Union Support to Higher Education in ASEAN Region (SHARE). Program ini dikerjakan oleh sebuah konsorsium yang dipimpin British Council.

Wartawan Kompas, Ester Lince Napitulu, dari Bangkok, Thailand, melaporkan, pertemuan dihadiri 150 perwakilan pemerintah di bidang pendidikan, akademisi, dan mahasiswa serta berlangsung pada Rabu (24/2) hingga Kamis ini di Universitas Chulalongkorn, Bangkok.

Dialog berfokus pada penguatan hasil belajar mahasiswa dalam kondisi degree structures atau struktur gelar yang beragam di antara PT di ASEAN. Hal ini menjadi langkah awal ASEAN untuk membangun sistem pendidikan tinggi yang lebih terkoneksi. Konektivitas ini tak hanya menguntungkan mahasiswa dan PT, tetapi juga menguntungkan integrasi masyarakat ASEAN.

Deputi Sekjen ASEAN Bidang Komunitas Sosial-Budaya Vongthep Arthakaivalvatee mengatakan, Masyarakat Ekonomi ASEAN tak hanya kerja sama ekonomi, tetapi juga integrasi sosial lewat penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Beragamnya sistem pendidikan di ASEAN, termasuk kesenjangannya, harus segera diatasi.

Duta Besar Uni Eropa untuk Thailand Jesus Miguel Sanz mengatakan, Uni Eropa juga mengalami proses integrasi, termasuk di bidang pendidikan. Pengakuan hasil belajar mahasiswa lewat transfer kredit, penjaminan mutu dan kerangka kualifikasi nasional, serta mobilitas mahasiswa di Eropa bisa disepakati bersama.
—————
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 25 Februari 2016, di halaman 12 dengan judul “Tingkatkan Kerja Sama di Antara PT”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: