Home / Berita / Teknik Lensa Mikro Temukan Eksoplanet Jauh

Teknik Lensa Mikro Temukan Eksoplanet Jauh

Jarak eksoplanet yang ditemukan umumnya hanya puluhan tahun cahaya dari Bumi, amat jarang yang berjarak ribuan tahun cahaya. Dengan teknik lensa mikro, eksoplanet jauh berjarak hingga 25.000 tahun cahaya mulai bisa dideteksi. Teleskop antariksa milik NASA Spitzer baru-baru ini mendeteksi eksoplanet berjarak 13.000 tahun cahaya dengan teknik lensa mikro.

Itu jarak eksoplanet terjauh yang ditemukan. Kini baru 30 eksoplanet ditemukan memakai teknik lensa mikro dari 1.911 eksoplanet yang ditemukan. Dengan kian banyak eksoplanet ditemukan dengan teknik lensa mikro, para astronom bisa memetakan distribusi eksoplanet di Galaksi Bimasakti. “Pengamatan ini penting karena belum diketahui apakah planet lebih banyak pada bintang di inti atau piringan galaksi,” kata Jennifer Yee, peneliti dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian, Kamis (16/4). Teknik lensa mikro dilakukan dengan mengamati bintang yang melintas di depan bintang lain dari pengamatan di Bumi. (SPACE/MZW)
———————————–
Perempuan Bercerai Lebih Rentan Serangan Jantung

Perempuan bercerai berisiko mengalami serangan jantung lebih tinggi 24 persen daripada yang tak bercerai. Risiko itu naik hingga 77 persen jika mereka bercerai lebih dari sekali. Pada pria, perceraian sekali meningkatkan risiko serangan jantung 10 persen dan 30 persen bagi yang cerai lebih dari sekali. Setelah menikah lagi, risiko pada laki-laki hilang, tetapi risiko pada perempuan turun amat sedikit. Hasil itu diperoleh tim peneliti Universitas Duke, Durham, Carolina Utara, AS, setelah menganalisis 15.827 orang, sepertiga di antaranya pernah bercerai minimal satu kali. “Risiko sebanding dengan akibat hipertensi atau jika kena diabetes. Jika dialami perempuan bercerai, risiko jadi amat besar,” kata Linda George, peneliti, Rabu (15/4). Riset yang dipublikasikan jurnal Circulation tersebut menyebutkan, stres kronis akibat bercerai berdampak jangka panjang pada tubuh. “Tekanan psikologis akibat perceraian menyebabkan stres konstan pada sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan radang dan hormon stres,” ujarnya. (BBC/MZW)
——————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 18 April 2015, di halaman 14 dengan judul “Teknik Lensa Mikro Temukan Eksoplanet Jauh”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Ekuinoks September Tiba, Hari Tanpa Bayangan Kembali Terjadi

Matahari kembali tepat berada di atas garis khatulistiwa pada tanggal 21-24 September. Saat ini, semua ...

%d blogger menyukai ini: