Home / Berita / Robot Sepak Bola ITS Berjaya di Australia

Robot Sepak Bola ITS Berjaya di Australia

Prestasi membanggakan kembali diukir mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang berkompetisi di ajang internasional. Robot sepak bola ITS dari Tim Ichiro berhasil menjadi juara pertama di kompetisi Robocup Humanoid Soccer League 2019 kategori Teen Size Technical Challenge yang digelar di Sydney, Australia, dan berakhir pada Senin (8/7/2019).

Tim Ichiro juga meraih juara ketiga pada kategori Robot Soccer Teen Size dan Kid Size Technical Challenge. Adapun robot sepak bola beroda dari Tim IRIS yang untuk pertama kali bertanding di ajang ini sukses meraih peringkat kelima pada kompetisi Soccer Middle Size League.

WhatsApp-Image-2019-07-08-at-16.17.40_1562588725-720x540HUMAS ITS–Tim Ichiro ITS meraih juara pertama di ajang Robocup Humanoid Soccer League 2019 kategori Teen Size Technical Challenge yang digelar di Sydney, Australia, dan berakhir pada Senin (8/7/2019).

Leader Tim Ichiro ITS, Sulaiman Ali, mengatakan, Tim Ichiro mampu mengungguli sejumlah tim dari negara lain, seperti China, Iran, Australia, Jerman, Brasil, dan Korea. Tim Ichiro harus melewati sejumlah tantangan hingga akhirnya menjuarai ajang tahunan tersebut. Tantangan tersebut adalah Push Recovery, Kicking from Moving Ball, High Kick, dan High Jump.

Robot Ichiro mampu menyelesaikan tantangan Kicking from Moving Ball, yakni menendang bola dari pojok lapangan sebanyak tiga kali dan tantangan Push Recovery. Sementara di tantangan High Kick dan High Jump, robot tidak mampu menyelesaikan tantangan itu.

Pada tantangan High Kick, terdapat kesulitan untuk menyesuaikan posisi kaki dengan bola, sedangkan pada High Jump yang mengharuskan robot melompat setinggi-tingginya dinilai cukup berisiko merusak robot sehingga tim memutuskan tidak mengikuti tantangan tersebut.

HUMAS ITS–Anggota Tim Ichiro ITS

”Meskipun hanya mampu menyelesaikan dua tantangan, kami bisa memperoleh juara pertama pada Technical Challenge kategori Teen Size ini,” kata Ali dalam siaran pers yang diterima Senin.

Pembina Tim Robotika ITS, Muhtadin, mengatakan, capaian dari Tim Ichiro pada Robocup 2019 sangat membanggakan karena berhasil mendapatkan tiga prestasi sekaligus. Prestasi tersebut patut dibanggakan dengan segala keterbatasan Tim Ichiro karena tim-tim lain yang bertanding pada kategori Teen Size hampir semuanya memiliki empat sampai lima robot, sedangkan Ichiro hanya memiliki dua robot.

Target selanjutnya bagi tim Ichiro adalah mempersiapkan perlomban FIRA Hurocup 2019 yang akan diselenggarakan di Korea pada Agustus 2019. Muhtadin berharap, Tim Ichiro mampu meraih prestasi sebaik mungkin seperti tahun lalu, yaitu meraih 16 penghargaan.

”Dukungan ITS dan sponsor sangat baik kepada Tim Ichiro sehingga kami bertekad untuk memberikan yang terbaik berupa prestasi terbaik untuk mengharumkan Indonesia pada tingkat internasional,” ujar Muhtadin.–IQBAL BASYARI

Editor AUFRIDA WISMI WARASTRI

Sumber: Kompas, 8 Juli 2019

Share
x

Check Also

Melihat Aktivitas Gajah di Terowongan Tol Pekanbaru-Dumai

Sejumlah gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) melintasi Sungai Tekuana di bawah terowongan gajah yang dibangun ...

%d blogger menyukai ini: