Home / Berita / Perpustakaan Nasional; Peminat Digital Naik

Perpustakaan Nasional; Peminat Digital Naik

Sejak Januari sampai April 2014 pendaftaran anggota di perpustakaan digital Perpustakaan Nasional mencapai 68.000 orang. Jumlah ini nyaris menyamai angka pendaftaran anggota perpustakaan digital selama tahun 2013 sebanyak 73.000 orang.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Sri Sularsih mengungkapkan, untuk mendongkrak minat baca, Perpusnas kini mempermudah pendaftaran anggota, menyediakan berbagai macam layanan, serta melengkapi koleksi hingga 76.000 jurnal.

”Siapa pun bisa mendaftar dengan mudah secara online (dalam jaringan/daring) tanpa harus datang ke Perpusnas. Peminjaman buku-buku juga bisa dilakukan secara digital,” kata Sri di sela-sela Pameran Perpustakaan berkenaan Hari Ulang Tahun Ke-34 Perpusnas, di Jakarta, Senin (19/5).

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Layanan Informasi Perpusnas Welmin Sunyi Ariningsih menambahkan, buku-buku dan artikel versi digital koleksi Perpusnas bisa dibaca masyarakat lewat internet di mana pun dan kapan pun. Jika koleksi buku atau artikel belum tersedia versi digitalnya, masyarakat bisa langsung datang ke Perpusnas. ”Koleksi-koleksi buku elektronik kami berasal dari dalam dan luar negeri. Sekarang masyarakat bisa membacanya dengan lebih mudah,” kata dia.

Tahun ini, Perpusnas bersama Coca-Cola Foundation bersama Bill and Melinda Gates Foundation kembali membuka program PerpuSeru kepada 90 perpustakaan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Tahun lalu, program PerpuSeru telah diterapkan di 34 perpustakaan di 16 provinsi.

Program PerpuSeru adalah salah satu metode untuk mengembangkan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dengan pelayanan 24 jam nonstop. (ABK)

Sumber: Kompas, 20 Mei 2014

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Ekuinoks September Tiba, Hari Tanpa Bayangan Kembali Terjadi

Matahari kembali tepat berada di atas garis khatulistiwa pada tanggal 21-24 September. Saat ini, semua ...

%d blogger menyukai ini: