Home / Berita / Perguruan Tinggi Keagamaan Buka Jalur Prestasi

Perguruan Tinggi Keagamaan Buka Jalur Prestasi

Penerimaan mahasiswa baru lewat jalur prestasi dan gratis juga diselenggarakan perguruan tinggi-perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Seleksi prestasi akademik nasional di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri tersebut terbuka bagi murid pendidikan menengah yang lulus tahun 2015.


Pendaftaran jalur seleksi prestasi akademik nasional perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (SPAN-PTKIN) dapat dilakukan secara daring di situs web http://www.span-ptkin.ac.id mulai 28 Februari. Ada 53 universitas Islam negeri/sekolah tinggi agama Islam negeri/institut agama Islam negeri yang ikut dalam program itu.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam, di Jakarta, Rabu (4/2), mengatakan, SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi secara nasional oleh semua UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak. Seleksi tersebut memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah, madrasah, pesantren untuk mendaftarkan muridnya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi.

Bukan kelas dua
Menurut Nur Syam, PTKIN saat ini bukan lagi perguruan tinggi kelas dua. Di beberapa UIN, telah ada mahasiswa asing dari sejumlah negara. Pemerintah menjamin murid tak mampu akan dibebaskan dari biaya kuliah. Diperkirakan, sekitar 20 persen mahasiswa tak mampu ditampung di sejumlah PTKIN.

Melalui situs web resmi Kementerian Agama, Ketua Panitia Penyelenggara Penerimaan Mahasiswa Baru, sekaligus Rektor UIN Malang, Mudjia Rahardjo, mengatakan, selain seleksi melalui jalur prestasi, ada pula seleksi nasional secara tertulis.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan, saat ini, mahasiswa di perguruan tinggi keagamaan Islam berjumlah sekitar 700.000 orang. Pada tahun 2019, jumlah tersebut ditargetkan meningkat sebanyak 1 juta mahasiswa.

Kementerian Agama mempunyai 11 UIN. Banyak perguruan tinggi keagamaan Islam swasta mengajukan proposal untuk berubah menjadi universitas dan institut. (ELN)

Sumber: Kompas, 5 Februari 2015

Posted from WordPress for Android

Share

One comment

  1. Terimakasih sudah sharing…
    Apakah tahun ini di buka jalur prestasi.lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Antisipasi Risiko Tsunami di Selatan Jawa

Kajian terbaru menunjukkan potensi tsunami setinggi 20 meter di selatan Jawa. Hal itu menjadi momentum ...

%d blogger menyukai ini: