Home / Berita / Pendaftaran Ujian Tulis Masuk PTN Dimulai

Pendaftaran Ujian Tulis Masuk PTN Dimulai

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2015 yang dilakukan secara daring mulai dibuka pada Senin (11/5) hingga 29 Mei. Tersedia 99.223 kursi untuk jalur seleksi ujian tertulis yang tersebar di 74 perguruan tinggi negeri.

Ketua Umum Panitia Pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 Rochmat Wahab mengatakan, ujian tertulis pada 9 Juni, sementara ujian keterampilan 10-11 Juni. Adapun untuk pengumuman pada 9 Juli.

Peserta SBMPTN 2015 dapat memilih paling banyak tiga program studi. Jika peserta hanya memilih satu prodi, mereka dapat memilih PTN di mana pun. Namun, jika peserta memilih dua atau tiga prodi, salah satu pilihan prodi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian.

Kuota
Penerimaan mahasiswa baru lewat SBMPTN diwajibkan minimal 30 persen dari daya tampung. Khusus PTN baru, ditetapkan minimal 80 persen daya tampungnya dari SBMPTN.

Dalam rangka diseminasi informasi bagi para calon mahasiswa baru, keempat PTN yang tergabung dalam Panitia Lokal 30 Jakarta (Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri, dan UPN Veteran) akan menggelar SBMPTN 2015 Info Day. Ajang tersebut merupakan sosialisasi SBMPTN bagi murid SMA/sederajat ataupun alumni yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. SBMPTN 2015 Info Day diselenggarakan pada Rabu (13/5) di Balairung UI di Depok.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada empat PTN yang menyelenggarakan SBMPTN dengan daya tampung mahasiswa sebanyak 6.170 calon. Pendaftaran secara daring mulai dibuka Senin (11/5) pada pukul 08.00.

Ketua Panitia Lokal SBMPTN Yogyakarta Sutrisno mengatakan, empat PTN di DIY yang menggelar SBMPTN ialah Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

“Ini merupakan kali pertama UPN ‘Veteran’ menggelar SBMPTN setelah beralih status dari perguruan tinggi swasta menjadi PTN,” kata Sutrisno.(ELN/HRS)
——————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 12 Mei 2015, di halaman 12 dengan judul

“Pendaftaran Ujian Tulis Masuk PTN Dimulai”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Ekuinoks September Tiba, Hari Tanpa Bayangan Kembali Terjadi

Matahari kembali tepat berada di atas garis khatulistiwa pada tanggal 21-24 September. Saat ini, semua ...

%d blogger menyukai ini: