Home / Berita / Panitia Penjaringan Kandidat Rektor UI Dibentuk

Panitia Penjaringan Kandidat Rektor UI Dibentuk

Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk panitia penjaringan dan penyaringan calon rektor Universitas Indonesia. Panitia penjaringan ini dibentuk agar dapat menemukan kandidat calon rektor yang terbaik.

Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin dalam keterangan pers menyampaikan, proses seleksi anggota panitia penjaringan dan penyaringan calon rektor UI atau P3CR UI akan segera dimulai. Anggota dari panitia ini berasal dari lintas sektor, baik dari sivitas akademika UI maupun masyarakat luas yang mewakili unsur dosen, mahasiswa, serta tenaga kependidikan.

DOKUMENTASI MWA UI–Suasana rapat Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia di Depok, Kamis (23/5/2019).

”Mereka (panitia penjaringan rektor) bertugas dengan tanggung jawab serta dedikasi tinggi sekaligus selalu mengedepankan transparansi dan terbebas dari konflik kepentingan. Hal ini penting mengingat yang akan mereka seleksi adalah calon rektor,” ujarnya, Kamis (23/5/2019).

Menurut Saleh, rektor yang nantinya terpilih adalah pribadi yang mampu membangun sinergi baik dari dalam lingkungan UI maupun di luar lingkungan UI. Dengan begitu, UI pun bisa dibawa sebagai perguruan tinggi yang mandiri sekaligus unggul di kancah global.

Selain itu, ia berharap, sivitas akademika yang diembannya pun mampu menjalani dan siap menghadapi disrupsi teknologi yang saat ini tejadi. Namun, para sivitas akademika ini juga tetap berjiwa manusiawi, toleran, dan beretika.

JOHANNES DE DEO CC UNTUK KOMPAS–Muhammad Anis, Rektor Universitas Indonesia periode 2014-2019.

Sebelumnya MWA UI telah membentuk dua panitia khusus, yakni panitia khusus pemilihan rektor dan panitia khusus kebijakan umum. Kedua kepanitiaan ini telah melahirkan tata tertib pemilihan rektor dan tata tertib kebijakan umum yang akan menjadi pedoman penyelesaian rektor.

Adapun masa pendaftaran anggota P3CR UI berlangsung sejak 21 Mei hingga 10 Juni. Untuk tahap seleksi akan dilaksanakan pada 11-18 Juni dan berlanjut pada penetapan anggota pada 19 Juni.

Pertemuan perdana P3CR UI dengan panitia khusus pemilihan rektor akan dilakukan pada 21 Juni 2019. Sementara pemilihan rektor dijadwalkan akan digelar pada 25 September 2019 setelah melalui masa pendaftaran sepanjang 10 Juli hingga 2 Agustus 2019.–DEONISIA ARLINTA

Editor KHAERUDIN KHAERUDIN

Sumber: Kompas, 23 Mei 2019

Share
x

Check Also

Mahasiswa Universitas Brawijaya ”Sulap” Batok Kelapa Jadi Pestisida

Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang membantu masyarakat desa mengubah batok kelapa menjadi pestisida. Inovasi itu mengubah ...

%d blogger menyukai ini: