Home / Berita / litebig, Whatsapp buatan anak UGM

litebig, Whatsapp buatan anak UGM

Baru-baru ini mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menciptakan sebuah aplikasi chatting bernama LiteBIG. Bahkan, aplikasi asli buatan Indonesia ini sudah diedarkan di App Store (iOS) dan Play Store (Android).

Kagama.org melansir, aplikasi chatting LiteBIG juga kompatibel dengan iOS dan Android 3.0 ke atas. Selain pesan dasar, liteBIG Messenger juga memiliki fitur untuk menghapus pesan yang telah terkirim dan mengedit tulisan yang salah ketik (typo).

Adapun beberapa fitur yang ditawarkan oleh liteBIG Messenger antara lain sebagai berikut:

1. Dapat diunduh dan digunakan secara gratis

Jika Anda mendownload liteBIG Messenger di platform Android, maka Anda dapat menikmati fitur chatting sepuasnya tanpa dikenakan biaya, baik itu pesan nasional maupun internasional.

2. Koreksi Typo

liteBIG Messenger memungkinkan anda mengoreksi pesan yang sudah terkirim, sehingga kesalahan tulisan bisa segera dibenahi.

3. Fitur transfer file dan data multimedia

liteBIG Messenger juga memiliki fitur pengiriman file berupa documents, audio, video, dan lain-lain.

4. Group chat

Fitur ini memungkinkan anda membuat sebuah grupm percakapan dengan teman-teman anda.

5. Penambahan kontak secara otomatis

Semua kontak yang berada di smartphone anda dan terhubung dengan liteBIG Messenger bisa langsung ditampilkan di daftar kontak liteBIG Messenger.

6. Hanya perlu nomor telepon

liteBIG Messenger tidak menggunakan PIN, username, atau “alamat” khusus untuk menjangkau penggunannya. Cukup dengan nomor telepon, anda sudah bisa mengontak teman anda.

7. Fitur penyimpanan pesan secara offline

Bila perangkat anda sedang offline, maka liteBIG Messenger akan membantu menyimpan pesan yang terkirim ke perangkat anda sampai anda menemukan jaringan internet lagi.

8. Fitur update ala media sosial

liteBIG Messenger juga memilii fitur seperti Status, Profil, dan Cover, yang bisa diubah-ubah layaknya media sosial dan sejumlah aplikasi chat yang telah populer saat ini.

9. Beragam sticker dan emoticon

liteBIG Messenger juga menyediakan beragam sticker dan emoticon yang membuat chatting anda semakin ekspresif.

10. Terdapat akun resmi liteBIG Messenger

Bila anda telah mengunduh liteBIG Messenger, maka anda akan terhubung dengan akun resmi liteBIG Messenger. Akun ini berfungsi untuk mengumumkan update terbaru, info terbaru, dan sejenisnya.

(Okke Nuraini Oscar)

Sumber intisari online

oleh : Adi Wikanto

Sumber: Kontan, Senin, 07 Maret 2016

—————————
LiteBig, Aplikasi Terbaru Messenger Buatan Anak Indonesia

Satu lagi, developer tanah air berhasil menciptakan aplikasi berbagi pesan baru bernama LiteBig Messenger yang telah tersedia untuk Android sejak Agustus 2014 lalu.

Tesar Sandikapura, CEO sekaligus pendiri dari LiteBig Messenger berharap, aplikasi besutan anak bangsa ini mampu bersaing dengan aplikasi besutan developer asing seperti BBM dari Canada, Whatsapp dari Amerika, Line dari Jepang dan kakao Talk dari Korea.

Tesar mengatakan, alasan utama timnya membuat LiteBig, yang ia sebutkan sebagai gabungan antara aplikasi berkirim pesan dengan media sosial, adalah karena ingin menjaga “kedaulatan data” dari bangsa Indonesia. Menurutnya, dengan membuat aplikasi berkirim pesan ini, pihaknya bisa menjamin agar data-data pribadi dapat terjaga dengan baik dan tidak mudah dimanfaatkan oleh pihak-pihak asing untuk kepentingan pribadi mereka.

Menurutnya, sudah sepatutnya masyarakat menggunakan produk buatan lokal. “Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, tapi sepertinya saat ini masih hanya bisa menjadi target pasar dari banyak aplikasi asing, terutama aplikasi media sosial. Tanpa kita sadari, semua rahasia bangsa ini dapat mudah dimanfaatkan oleh bangsa lain, dan ujung-ujungnya bangsa ini juga yang akan dirugikan, karena mereka sudah lebih siap dibanding kita. Sementara di era informasi seperti sekarang ini, bangsa yang akan menang adalah bangsa yang bisa menguasai banyak informasi,” jelasnya.

Saat ini aplikasi LiteBig Messenger sudah mulai banyak penggunanya, tercatat sejauh ini di Play Store sudah ada 100.000 penggunanya. karena memang fitur-fitur yang dihadirkan tak kalah bagus dengan aplikasi chatting lainnya. Contohnya aplikasi ini bisa membuat group dengan kapasitas 1000 anggota. Banyak sekali bukan.

Selain itu aplikasi ini juga dapat memperingatkan pengguna saat typo atau kesalahan dalam menulis, dan bagi para pengguna Android aplikasi buatan anak bangsa ini sekarang sudah bisa kita download di Play Store secara gratis. Beberapa info juga mengatakan, apabila kita menggunakan aplikasi hasil dalam negeri, itu akan menguntungkan negara kita. Karena provider lokal Indonesia tidak perlu membayar bandwidth ke luar negeri. Itu bisa menghemat pengeluaran biaya negara. Saat inilah kita mulai melangkah dengan hal yang kecil, dengan cara bangga akan negara kita sendiri, dan bangga dengan karya-karya bangsa kita sendiri. Kalau kita tidak bangga kepada negara kita sendiri, jangan harap negara kita bisa jadi negara yang maju. Mari bersama-sama kita dukung gerakan anak bangsa ini. (AB)

Sumber: infokampus.news, March 1, 2016

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: