Home / Berita / Astronomi / Lapan dan Polri Tanda Tangani Naskah Kerja Sama

Lapan dan Polri Tanda Tangani Naskah Kerja Sama

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) hari ini menandatangani naskah kerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam pemanfaatan sains dan teknologi kedirgantaraan, Jumat (4/9), di Jakarta. Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung tugas kedua instansi dalam memberikan pelayanan.

“Dengan kerja sama ini, kami berharap dapat meningkatkan kompetensi dan layanan kepada masyarakat. Berbagai teknologi yang kami miliki seperti penginderaan jarak jauh dapat memantau berbagai lokasi dengan resolusi tinggi sehingga dapat membantu pekerjaan kepolisian,” ujar Kepala Lapan Thomas Djamaluddin dalam sambutannya. Naskah kerja sama tersebut ditandatangani Kepala Lapan dan Kepala Polri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti.

ae872d54db184b0594fcebbc19414fd7MARDHO TILLA–Suasana penandatanganan naskah kerja sama antara Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Thomas Djamaluddin dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal (Pol) Badrodin Haiti, Jumat (4/9) di Jakarta. Kerja sama ini terkait pemanfaatan sains dan teknologi kedirgantaraan dalam membantu penegakan hukum.

Ruang lingkup kerja sama kedua lembaga di antaranya mencakup pemanfaatan, pengembangan sains dan teknologi; pemanfaatan sarana dan prasarana; peningkatan kualitas sumber daya manusia; serta penegakan hukum.

Salah satu pemanfaatan teknologi penerbangan dan antariksa ialah memetakan dan memantau jalur mudik saat libur hari raya. Data citra satelit dan pesawat tanpa awak buatan Lapan dapat membantu pihak kepolisian dalam memantau dan membuat rencana aksi pengamanan di jalur mudik. Hal itu sudah diterapkan saat libur mudik Lebaran pada Juli 2015.

ffc69b4c0af443f090c9c15fb66cfac0MARDHO TILLA–Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Thomas Djamaluddin dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal (Pol) Badrodin Haiti berjabat tangan usai menandatangani naskah kerja sama antara kedua instansi, Jumat (4/9) di Jakarta.

Badrodin mengatakan, Lapan dapat membantu memberikan informasi terkait dengan pemetaan wilayah yang dipantau dari satelit. “Dengan kerja sama ini, diharapkan produk Lapan dapat membantu tugas Polri dalam bidang penegakan hukum, intelijen, serta kemanusiaan,” ujarnya.

Ia mencontohkan, citra satelit dari Lapan dapat menunjukkan hotspot-hotspot yang menjadi sumber kebakaran hutan yang menjadi isu nasional saat ini. Data titik panas dan tingkat asap tersebut dapat digunakan Polri untuk melakukan penegakan hukum.(B06)

Sumber: Kompas Siang | 4 September 2015

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Ekuinoks September Tiba, Hari Tanpa Bayangan Kembali Terjadi

Matahari kembali tepat berada di atas garis khatulistiwa pada tanggal 21-24 September. Saat ini, semua ...

%d blogger menyukai ini: