Home / Berita / Kemasan “Sachet” Bisa Didaur Ulang

Kemasan “Sachet” Bisa Didaur Ulang

Sampah plastik dalam bentuk kemasan sachet, yang selama ini tidak banyak dilirik pemulung di tempat pembuangan sampah, ke depan bisa didaur ulang. Dengan teknologi daur ulang sampah yang dinamakan CreaSolv® Process, sampah-sampah kemasan sachet diolah menjadi lembaran plastik yang siap digunakan kembali menjadi kemasan sachet.

Awalnya, sampah kemasan sachet diolah dengan pelarut menjadi biji polietilena film (lapisan plastik) yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, palet plastik menjadi biji (pelet) hingga menjadi lembaran plastik.

Alat yang mampu mendaur ulang plastik fleksibel atau kemasan sachet ini ditemukan oleh PT Unilever Indonesia Tbk. Teknologi CreaSolv® Process dikembangkan bekerja sama dengan Fraunhofer Institute di Jerman, dan terinspirasi oleh inovasi yang digunakan untuk mendaur ulang perangkat televisi.

“Ini merupakan teknologi terbaru daur ulang kemasan sachet. Salah satu kesuksesannya adalah kita mendapatkan bahan baku setelah dipakai oleh konsumen,” kata Sancoyo Antarikso, Governance and Corporate Affairs Director Unilever Indonesia, di Jakarta, Rabu (17/5).

Pengolahan daur ulang sampah plastik yang akan dimulai pada 2018 ini akan melibatkan ribuan pemulung dan masyarakat, bank sampah, dan pemerintah. Ada sekitar 1,630 bank sampah di 17 kota di Indonesia.

Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ilyas Asaad mengapresiasi terobosan untuk mengatasi sampah plastik ini. Kerja sama masyarakat, pemerintah, dan swasta adalah kunci mengatasi sampah.

Sinta Kaniawati, ?General Manager Unilever Indonesia Foundation, dan Anton Harjanto selaku Head of Circular Economy, Manufacturing Sustainability and Renewable Energy SEAA Project Unilever mengatakan, Unilever membuka pabrik percontohan CreaSolv® Process di Jawa Timur. Pabrik itu untuk menguji efektivitas teknologi tersebut agar dapat dioperasikan untuk skala komersial dalam jangka panjang. (SON)
——————-
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 18 Mei 2017, di halaman 14 dengan judul “Kemasan “Sachet” Bisa Didaur Ulang”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Belajar dari Sejarah Indonesia

Pelajaran sejarah Indonesia memang sangat menentukan dalam proses pendidikan secara keseluruhan. Dari sejarah Indonesia, siswa ...

%d blogger menyukai ini: