Home / Berita / Indonesia Berprestasi di Ajang ICYS 2016

Indonesia Berprestasi di Ajang ICYS 2016

Indonesia mencatatkan prestasi pada ajang International Conference of Young Scientist (ICYS) 2016. Pada ajang yang berlangsung di Cluj-Napoca Romania pada 16-22 April 2016 tersebut tujuh karya penelitian siswa siswi Indonesia meraih medali masing-masing satu emas, satu perak, 4 perunggu, dan satu penghargaan khusus.

Dalam rilis yang di terima “PR”, medali emas diraih siswa asal SMA Chandra Kusuma, Medan, Wilbert Osmond. Ia mendapatkan emas untuk penelitian bidang computer science. Dalam penelitiannya tersebut ia melakukan enkripsi data dengan menggunakan chaos theory, adapun judul penelitiannya adalah Chaotic Boolean Networks (CBN-01) Encryption.

Sementara itu satu medali perak dipersembahkan siswi asal SMAN 4 Denpasar, Luh Ayu Nanamy Khrinashanti Eva Susila. Penelitiannya dalam mengolah sampah biji salah dan sampah nanas menjadi minuman kopi,membawanya meraih medali perak di bidang environmental science.

Sementara itu empat medali perunggu masing-masing diraih Patricia Tiara dari SMA St.Aloysius Bandung (bidang engineering), Isabela Pu Dwi Andini dari SMA Trinitas Bandung (bidang Computer Science), Tania Suradja dari SMA St.Laurentia Tangerang (bidang life science), dan pasang kadek Adindya PradnyaPutri dari SMAN 1 Denpasar dengan Putu Agastria Satyana dari UniversitasUdayana (Bidang Life Science).

Adapun penghargaan khusus diraih Mas Daffa Muhammad asal SMA Lazuardi GIS Depok. Ia mendapatkan penghargaan khusus dalam bidang matematika.

ICYS telah berlangsung sejak tahun 1994 silam. Adapun para peneliti muda asal Indonesia tersebut sebelumnya mengikuti lomba penelitian yang berlangsung di 10 wilayah di Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi setempat.

Kemudian, dari tahap tersebut mereka melaju ke tingkat Lomba Peneliti Belia Nasional untuk menyaring penelita belia terbaik yang diberangkatkan ke ICYS 2016.

Tim Indonesia untuk ICYS 2016 tersebut telah kembali ke Tanah air pada Sabtu 23 April 2016.

Oleh: Siska Nirmala Puspitasari

Sumber: Pikiran Rakyat, 23 April, 2016
———
Peneliti Muda Indonesia Sabet Juara di International Conference of Young Scientists

Anak bangsa kembali unjuk gigi di ajang internasional. 7 karya para peneliti muda Indonesia berhasil meraih 1 emas, 1 perak, 4 perunggu dan 1 penghargaan khusus di International Conference of Young Scientists (ICYS) 2016 di Cluj-Napoca Romania, 16-22 April.

Emas diraih Wilbert Osmond, siswa SMA Chandra Kusuma, Medan, dalam bidang Computer Science yang mengangkat penelitian mengenai enkripsi data dengan menggunakan chaos theory. Sedangkan untuk medali Perak diraih oleh Luh Ayu Nanamy, siswi SMAN 4 Denpasar, ia mengolah sampah biji salak dan sampah nenas menjadi kopi salak.

Adapun 4 medali perunggu diraih oleh Patricia Tiara, siswi SMA St. Alyosius 1 Bandung, dalam bidang Physics Engineering; Isabela Pu Dwi Andini, siswi SMA Trinitas, Bandung, dalam bidang Computer Science; Tania Suradja, siswi SMA St. Laurentia, Tangerang, dan Kadek Adindya Pradnya Putri, keduanya dalam bidang Life Science dan Penghargaan khusus diraih oleh Mas Daffa Muhamad dari SMA Lazuardi GIS Depok, dalam bidang Matematika.

Dari rilis yang kami terima, tim yang dibina oleh Surya Institute, Surya University, Center for Young Scientists (CYS), ITB dan UI ini direncanakan tiba kembali ke tanah air pada hari Sabtu, 23 April 2016, didampingi 3 team leadernya Monika Raharti, Janto V. Sulungbudi, dan Syailendra Harahap.

sumber: goodnewsfromindonesia.org, Jumat, 22 April 2016

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Melihat Aktivitas Gajah di Terowongan Tol Pekanbaru-Dumai

Sejumlah gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) melintasi Sungai Tekuana di bawah terowongan gajah yang dibangun ...

%d blogger menyukai ini: