Home / Berita / Fitur LINE Ini Segera Hadir

Fitur LINE Ini Segera Hadir

LINE Corporation yang selama ini di Indonesia hanya dikenal sebagai penyedia layanan komunikasi ternyata memiliki sejumlah bisnis lain yang berkembang di Jepang dan sejumlah negara lain. Pada tahun 2019 ini, perusahaan aplikasi berbasis di Jepang ini berencana meluncurkan sejumlah fitur untuk memenuhi dan mempermudah kehidupan sehari-hari serta gaya hidup penggunanya.

KOMPAS/ICHWAN SUSANTO–Director and Chief Strategy and Marketing Officer (CSMO) LINE Corporation Jun Masuda, Kamis (27/6/2019), di Tokyo, Jepang, memperkenalkan Gatebox di sela-sela Konferensi LINE 2019. Gatebox ini merupakan pengembangan dari Clova, ”robot” yang bisa berkomunikasi. Clova yang telah dikembangkan pada tahun-tahun lalu tersebut akan dihubungkan dengan Gatebox yang menggunakan pola percakapan avatar Azuma Hikari. Didistribusikan oleh Gatebox Inc., perusahaan LINE Group, versi produksi Gatebox tidak hanya akan memberikan pengguna akses ke keterampilan dasar Clova, seperti memeriksa cuaca dan berita, tetapi juga menggabungkan teknologi Clova—sintesis suara dan mesin percakapan—untuk membuat suara Clova sedekat mungkin dengan manusia sungguhan, seperti halnya melakukan percakapan yang hidup dengan aktor suara.

Pada Konferensi LINE 2019 di Maihama Amphitheatre, Kamis (27/6/2019), di Tokyo, Jepang, para petinggi perusahaan tersebut memaparkan sejumlah rencana dan strategi perusahaan. Berbekal visi Life On LINE, mereka berupaya menggabungkan gaya hidup luring (offline), teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan teknologi finansial (fintek) dalam fitur baru yang disusun atau pun diluncurkan pada momen konferensi ini.

Inilah sejumlah fitur tersebut:
LINE Mini App
Diluncurkan perdana pada akhir 2019 dan diluncurkan penuh pada musim semi 2019 (sekitar Februari), aplikasi ini akan dipasang di dalam aplikasi LINE. Pada saat ini, pengguna harus mengunduh aplikasi-aplikasi ini secara terpisah atau mencari pada situs akan layanan atau informasi khusus. LINE Mini App ini memungkinkan pengguna mencari layanan dan informasi di dalam aplikasi LINE. LINE Mini App akan memungkinkan perusahaan dan retailer membuat halaman mereka sendiri di dalam aplikasi LINE dan mencantumkan informasi tentang layanan mereka (misalnya, menu dan harga), serta melakukan reservasi, menerbitkan kupon, dan mengatur kartu loyalitas. Fitur notifikasi pun ditingkatkan untuk pengguna individu. Misalnya, bisnis dry cleaning dapat mengatur kartu keanggotaan, kartu loyalitas, dan fitur pembayaran pada halaman LINE Mini App mereka, dan minta akun resmi mereka memberi tahu pengguna ketika pesanan mereka telah diterima, dan kapan mereka dapat mengambil pakaian mereka.

Line Score
LINE Corporation resmi mengumumkan peluncuran layanan penilaian, yang tersedia mulai hari ini melalui LINE Credit Corporation (”LINE Credit”), grup perusahaan dari LINE Financial Corporation (”LINE Financial”; penyedia layanan keuangan LINE). Dengan menggunakan model penilaian berbasis AI yang dipatenkan, LINE Score tersedia untuk lebih dari 80 juta pengguna di Jepang, dan diakses melalui LINE Wallet di dalam aplikasi. Layanan ini akan memberikan promosi, penawaran, dan serangkaian manfaat lain yang disesuaikan dengan skor masing-masing pengguna. Semua pengguna akan diminta menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan sebelum mereka dapat mulai menggunakan layanan. Dengan demikian, data tidak akan pernah dihitung atau digunakan secara standar di bawah pengaturan LINE pengguna saat ini. Selain itu, setiap kali pengguna menggunakan manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan mitra, mereka harus menyetujui untuk membagikan data mereka dengan perusahaan yang bersangkutan.

LINE Entry
Selain itu, LINE akan fokus pada pendidikan untuk para pemimpin generasi mendatang. Ketika dunia menjadi semakin digital, perusahaan telah menentukan bahwa akan penting untuk tidak hanya melanjutkan pengetahuannya dalam menggunakan aplikasi LINE, tetapi juga membudidayakan penyedia layanan (service creators). Program ini akan diluncurkan pada musim panas tahun ini yang telah tiba di Jepang.

OpenChat
Pada musim panas 2019 akan meluncurkan layanan OpenChat. Sayangnya, hal ini baru tersedia bagi pengguna di Jepang yang mencapai 80 juta orang. Keistimewaan OpenChat, pengguna dapat membuat grup berdasarkan topik diskusi spesifik dan mencari informasi di dalamnya. Fitur yang fokus pada grup tertentu ini memperbolehkan pengguna mengubah ”nama” pada grup percakapan yang berbeda-beda. Pengguna juga bisa mencari informasi dalam grup, bahkan informasi yang disajikan sebelum pengguna tersebut bergabung dalam grup.

Replay Cast
LINE meluncurkan program pada musim panas 2019 ini di Jepang dengan menjalin kerja sama bersama TV Tokyo. Sesuai dengan namanya, program ini memungkinkan pengguna menonton kembali siaran langsung atau memutar kembali siaran televisi yang telah terlewat. Pengguna akan menerima pemberitahuan secara real time pada LINE yang menghubungkan mereka dengan highlight footage dari program yang ditayangkan secara bersamaan di televisi dan daring. Notifikasi yang dibuka pengguna akan membawa pengguna langsung ke cuplikan highlight pada LINE NEWS, dan mereka kemudian dapat melanjutkan menonton siaran daring

VISION
Bertujuan untuk menciptakan budaya video baru untuk telepon pintar, proyek video VISION dirilis di LINE NEWS pada 26 Juni. Ini menjadi tempat bagi para pencipta melepaskan bakat kreatif mereka. Layanan ini menawarkan konten video vertikal yang di-posting dalam aplikasi LINE. Pembuat konten terkemuka di industri video dan film di Jepang, seperti Masahiko Sato, Kundo Koyama, dan Gakuto Akashi, akan mengambil bagian, dengan rencana membuka aplikasi dan melakukan kegiatan lain untuk memperluas dan mendukung jumlah produksi dan pembuat di masa depan.

LINE Stickers Premium
LINE Stickers Premium adalah layanan berlangganan yang akan memberi pengguna penggunaan tanpa batas lebih dari 3 juta set stiker. Senilai sekitar 380 juta Yen di Creators Market, pengguna akan memiliki akses ke stiker ini dengan biaya bulanan tetap sebesar 240 yen (120 yen untuk siswa).

KOMPAS/ICHWAN SUSANTO–Jun Masuda, Director and Chief Strategy and Marketing Officer (CSMO), LINE Corporation, Kamis (27/6/2019), di Tokyo, Jepang, memaparkan peluang bisnis stiker yang masih sangat tinggi dalam aplikasi LINE. Ini dipaparkannya dalam Konferensi LINE 2019.

LINE LIVE
Platform live streaming ini memberikan peluang bagi para calon model, pengisi suara, dan siapa pun untuk mewujudkan impian mereka, menawarkan tempat di mana mereka dapat menjadi ”LINE LIVERs” dan membangun klub penggemar dengan penggemar mereka. Seiring dengan memberikan dukungan teknis, platform ini akan memungkinkan streamer untuk memamerkan keterampilan mereka secara lebih efektif dan terhubung dengan lebih baik dengan penggemar yang bersemangat.

a. Premium Channel akan diluncurkan pada Juli 2019 yang memungkinkan pengguna menonton siaran langsung eksklusif dengan biaya bulanan. Dengan ini, beberapa pemirsa terpilih dengan tujuan yang sama dapat berkumpul dan menikmati komunikasi satu sama lain, membawa mereka lebih dekat ke LINE LIVER favorit mereka dan membuatnya lebih mudah untuk membentuk fandom (kelompok penggemar) dan membuat mimpi menjadi kenyataan.

b. LIVE Commerce akan diluncurkan pada 2020, yaitu menampilkan sensasi kenikmatan belanja sambil menonton siaran langsung. Fitur LIVE Commerce memungkinkan pengguna berbelanja sambil menonton dan berkomunikasi melalui streaming langsung. Pemirsa dapat berbelanja sambil mencari informasi lebih lanjut tentang produk dengan mengajukan pertanyaan dan berkomentar secara langsung. Barang-barang LINE LIVER eksklusif juga akan tersedia sebagai cara lain bagi streamer untuk berinteraksi dengan penggemar mereka.

9. LINE Music
Fitur ini telah diunduh 32 juta pengguna yang mengunduh 53 juta lagu serta terdapat 11 juta pengguna aktif tiap bulan. Fitur LINE Music telah berkembang menjadi salah satu layanan musik streaming andalan di Jepang. Perusahaan ini melakukan perbaikan besar-besaran pada user interface (UI) dan memasukkan fitur-fitur berbasis berbasis AI pada musim gugur 2019. Pembaruan yang akan datang akan menambahkan tema terang dan gelap yang dapat ditukar pengguna sesuka hati, equalizer yang dapat disesuaikan kualitas suaranya, dan UI baru yang lebih baik. Selain itu, layanan ini akan memudahkan pengguna mempersonalisasikan pendengaran mereka dengan daftar putar yang diperbarui setiap hari berdasarkan suasana hati dan genre yang berbeda, dan stasiun radio yang diputar secara otomatis untuk berbagai situasi dan kategori musik. Terakhir, ditambahkan daftar putar dan fungsi pencarian suara yang memanfaatkan teknologi AI dan OCR. Lainnya, pengguna akan dapat menonton video musik dari artis yang musiknya juga mereka sukai, semuanya dari dalam aplikasi LINE MUSIC.

Dengan agenda peluncurannya pada musim gugur 2019, LINE juga menyediakan ONE PLAY (masih tentatif) bermodel freemium. Layanan ini akan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan 54 juta lagu sebanyak yang mereka inginkan. Sementara bernama ONE PLAY, menurut rencana, memungkinkan pengguna mendengarkan satu lagu secara penuh tanpa batas waktu mendengarkan lagi. Banyaknya lagu yang tersedia akan berarti bahwa pengguna dapat segera memeriksa lagu-lagu yang disebutkan oleh teman-teman mereka atau lagu-lagu populer saat itu, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk menemukan artis favorit mereka berikutnya.

Platform Pembayaran Seluler (”Mobile Payment”)
Ketika transaksi nontunai kian meningkat, LINE juga menempatkannya dalam strategi bisnis. Dalam strategi ini, LINE melanjutkan investasi pada layanan dompet digital LINE Pay. Hingga Juni 2019, layanan ini telah digunakan 48 juta penggunanya di Jepang, Taiwan, dan Thailand. Di Taiwan, layanan mobile payment ini berkembang sangat pesat. Tahun lalu, jumlah pengguna meningkat dari 2,9 juta orang menjadi 6,3 juta orang serta rata-rata penetrasi mencapai 30 persen dan kesadaran penggunaan mencapai 83 persen. Di Thailand, jumlah pendaftar layanan ini meningkat sejak setahun lalu dari 3,1 juta orang menjadi 6 juta orang. Sejak musim gugur 2018, pengguna di Taiwan dan Thailand menggunakan LINE Pay untuk membayar moda transportasi tertentu. Di Jepang, beberapa kampanye skala besar telah meningkatkan jumlah pengguna menjadi sekitar 36 juta orang.

a. Pembayaran Nontunai. Setelah sukses dengan kemitraan dengan Starbucks Coffee Jepang sejak diluncurkan April 2019, LINE kini menjalin kerja sama dengan Visa dan Orico (Orient Corporation). Kemitraan ini menyepakati pembuatan kartu kredit Visa LINE Pay. Menjelang Olimpiade Tokyo 2020 ini, mereka mendesain kartu khusus terkait.

b. NTT DOCOMO, perusahaan telekomunikasi di Jepang bergabung dengan LINE Pay dan Merpay dalam Mobile Payment Alliance (MoPA), DOCOMO akan bergabung dengan Mobile Payment Alliance (MoPA) dari toko-toko dagang yang didirikan LINE Pay dan Merpay untuk lebih memopulerkan pembayaran tanpa uang tunai di Jepang.

c. Di bawah Aliansi Global LINE Pay—yang bertujuan untuk bermitra dengan layanan pembayaran lainnya—LINE Pay membentuk aliansi bisnis baru dengan perusahaan Korea NHN Payco (penyedia layanan pembayaran Payco) awal bulan ini, melayani baik wisatawan asing dan pengguna yang bepergian di kedua Jepang atau Korea. Selain itu, LINE Pay juga memulai kemitraannya dari 17 Juni dengan layanan Korea lainnya NAVER Pay, yang akan memungkinkan pengguna NAVER Pay yang mengunjungi Jepang untuk melakukan pembayaran dengan pedagang LINE Pay. Bersama Aliansi Global, LINE Pay akan terus mengejar strategi globalnya untuk mengembangkan layanan LINE Pay ke platform pembayaran mobile terbesar di Asia.

11. Platform Platform Keuangan
a. LINE Securities (diluncurkan pada musim gugur 2019)
LINE Financial Corporation (LINE Financial) dan perusahaan Nomura Holdings Inc (Nomura) mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan layanan LINE Securities pada aplikasi LINE pada musim gugur ini. Layanan ini akan menampilkan saham pilihan sendiri dari 100 perusahaan terkemuka di Jepang dan memungkinkan pengguna mulai berinvestasi dari sekitar harga 150 yen (minimum) hingga 3.000 yen Jepang (rata-rata) per saham. Fitur ini dibuat sederhana dan intuitif sehingga dapat diakses sejak awal bagi investor berpengalaman dan tidak berpengalaman. Selain itu, perdagangan real-time akan dibuka sampai jam 9 malam pada hari kerja, sehingga memungkinkan bahkan bagi para profesional tersibuk untuk berinvestasi.

b. LINE Pocket Money (diluncurkan pada musim panas 2019)
Musim panas ini, LINE Credit Corporation (LINE Credit) akan meluncurkan layanan pinjaman pribadi tanpa uang pada LINE Pocket Money, dan menambahkannya ke rangkaian manfaat bagi pengguna LINE Score. Layanan baru akan menentukan suku bunga tahunan dan batas kredit yang paling cocok untuk setiap pengguna individu berdasarkan skor mereka dari Skor LINE. LINE Credit merupakan kerja sama patungan antara LINE Financial, Mizuho Bank Ltd, dan Orient Corporation.

12. LINE Commerce Platform
Platform LINE Commerce, terdiri dari tiga layanan, LINE Shopping, LINE Delima, dan LINE Travel, telah meluncurkan layanan baru yang terutama berfokus pada OMO (penggabungan daring dengan luring) sejak tahun lalu.

a. LINE Pockeo yang secara resmi diluncurkan 27 Juni 2019 merupakan layanan bagi pengguna mencari restoran, memesan, dan prabayar, semuanya menggunakan LINE. Layanan ini mendaftarkan Gusto, Bamiyan, dan Jonathan sebagai daftar mitra pertama pada 18 Agustus, diikuti Matsuya, Matsunoya, dan Chicken-tei pada 18 Juni sebelum sepenuhnya diluncurkan dalam Konferensi LINE 2019. Selain itu, LINE Pockeo juga membuka layanan untuk restoran kecil dan menengah dengan LINE Pockeo for biz, sistem pemesanan berbasis tablet yang memungkinkan mereka menawarkan layanan take-out kepada pelanggan mereka tanpa harus menyiapkan infrastruktur sendiri.

LINE visinya untuk menjadi ”Platform pemasaran-hidup” di mana LINE secara halus akan mendukung kehidupan pengguna dalam berbagai cara. Proyek untuk menjadikan LINE sebagai platform pemasaran didasarkan pada dua konsep penting—meningkatkan kontak dengan pengguna dan menawarkan data yang dipersonalisasi, sebuah konsep yang disebut LINE ”Personalisasi Nyaman”. Melalui upaya ini, LINE berharap dapat memberikan informasi yang berguna dan relevan kepada pengguna ketika mereka membutuhkan itu yang paling.

b. Smart Channel atau Saluran Cerdas untuk menayangkan iklan video (diluncurkan pada musim gugur 2019). Sejak akhir 2018, cuaca, berita, peringatan bencana, dan konten lainnya serta iklan telah ditayangkan di bagian atas tab obrolan di LINE. Ruang iklan ini disebut Smart Channel atau Saluran Cerdas, dan akan mulai mendukung konten video. Saat pengguna mengetuk spanduk Saluran Cerdas, ia berkembang untuk memutar video, memungkinkan pengiklan untuk mengirimkan konten yang kaya kepada pengguna. Pengguna juga dapat menikmati menonton iklan televisi favorit mereka dan mendapatkan informasi terbaru tentang produk mendatang.

c. Platform LINE Ads for Publisher (diluncurkan pada musim panas 2019). Jaringan iklan ini memungkinkan layanan pihak ketiga untuk menayangkan iklan menggunakan data yang LINE gunakan saat ini untuk menayangkan iklan yang dipersonalisasi ke aplikasi perpesanan LINE dan berbagai lokasi iklan layanan LINE lainnya. Jaringan iklan juga memungkinkan pihak ketiga untuk berbagi riwayat penelusuran dan aktivitas daring pengguna dengan LINE sehingga pengguna dapat menerima informasi yang paling relevan.

4. LINE Flyer (diluncurkan pada Oktober 2019). Selebaran dan surat langsung, dua metode periklanan offline konvensional, akan berubah menjadi Pengguna LINE akan menerima iklan hasil personalisasi berdasarkan preferensi, area tempat tinggal, waktu, dan kondisi lainnya. Untuk melihatnya, pengguna mengetuk layar LINE Flyer dari LINE Timeline, Smart Channel, atau LINE Wallet. Pengguna juga dapat menyimpan toko pilihan mereka di Favorites untuk memeriksa dan membandingkan harga masing-masing produk di LINE Flyer, memastikan bahwa mereka menerima informasi yang mereka butuhkan melalui Akun Resmi LINE, dan banyak lagi. Layanan ini juga menggunakan LINE Beacon untuk menginformasikan pelanggan tentang penjualan yang terjadi ketika mereka mengunjungi toko yang berpartisipasi.

13. Kecerdasan Buatan
a. Gatebox.
Merupakan pengembangan dari Clova, sebuah ”robot” yang bisa berkomunikasi. Clova yang telah dikembangkan pada tahun-tahun lalu tersebut akan dihubungkan dengan Gatebox yang menggunakan pola percakapan avatar Azuma Hikari. Didistribusikan oleh Gatebox Inc., sebuah perusahaan LINE Group, versi produksi Gatebox tidak hanya akan memberikan pengguna akses ke keterampilan dasar Clova seperti memeriksa cuaca dan berita, tetapi juga menggabungkan teknologi Clova—sintesis suara dan mesin percakapan—untuk membuat suara Clova sedekat mungkin dengan manusia sungguhan, seperti halnya melakukan percakapan yang hidup dengan aktor suara.

b. LINE Car Navigator (diluncurkan pada September 2019). Selain proyek pengembangan layanan yang sedang berlangsung dengan Toyota Motor Corporation (Toyota) untuk menanamkan Clova di kendaraan, LINE mengumumkan aplikasi baru, LINE Car Navigator. Aplikasi ini merupakan kombinasi dari sistem navigasi Toyota dan data besar berbasis cloud yang terkini, dan voice user interface (VUI) yang nyaman bagi Clova. Menggunakan LINE Car Navigator, pengemudi dan penumpang dapat menggunakan kontrol suara untuk memeriksa cuaca tujuan mereka, memutar musik, mengirim dan menerima pesan LINE, mencari rute, dan mengoperasikan navigator dengan cara lain. Layanan ini juga tersedia sebagai aplikasi independen dan mendukung Smart Device LINK (SDL) yang menautkan ponsel cerdas dan perangkat di dalam kendaraan sehingga juga dapat digunakan di kendaraan lain. LINE bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan perjalanan pengguna melalui layanan ini.

c. LINE Search (layanan pencarian komprehensif, diluncurkan pada awal Juli 2019). LINE akan meluncurkan layanan pencarian komprehensif, LINE Search, yang menggunakan metode optimal untuk menyediakan pengguna dengan data yang tersedia di LINE. Dengan Pencarian LINE, pengguna dapat mencari melalui seluruh basis data LINE termasuk obrolan mereka sendiri, akun resmi, LINE NEWS, Manga LINE, LINE MUSIC, dan layanan LINE lainnya. Layanan ini juga memungkinkan pengguna melakukan pencarian berdasarkan kategori untuk influencer terkenal.

d. LINE ASK Me (diluncurkan pada awal September 2019). Layanan ini menawarkan konsultasi dengan pengacara, peramal, kesehatan, dan lainnya.

e. LINE STEP (aplikasi ulasan lokasi, diluncurkan pada Juli 2019). Mengikuti aplikasi ulasan makanan LINE CONOMI, LINE meluncurkan LINE STEP, sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim ulasan dan mencari restoran dan pusat rekreasi. Diharapkan untuk terhubung dengan LINE Search untuk meningkatkan tindakan pengguna seperti memesan restoran atau toko yang mereka cari.

Sejumlah inovasi ini menunjukkan perusahaan aplikasi chatting ini telah berpindah menuju penyediaan ”infrastruktur gaya hidup”.

ICHWAN SUSANTO

Sumber: Kompas, 28 Juni 2019

Share
x

Check Also

Penggunaan Aplikasi Permudah Monitoring Mangrove

LIPI menggunakan penginderaan jauh dan teknologi untuk menghasilkan buku panduan monitoring, spreadsheet template, dan aplikasi ...

%d blogger menyukai ini: