Home / Berita / Daftar 8 Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Dunia Kerja hingga 2025

Daftar 8 Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Dunia Kerja hingga 2025

Jurusan kuliah di masa depan akan semakin mempengaruhi pekerjaan mengingat industri membutuhkan keahlian khusus guna menunjang produktivitas. Keahlian tersebut bisa dilihat dari jurusan yang diambil saat pendidikan tinggi.
Bagi calon mahasiswa, tentu penting untuk menimbang dan memikirkan jurusan kuliah untuk mengenali prospek karirnya ke depan. Salah satu data prospek karir ke depan bisa dilihat di survei pasar tenaga kerja World Economic Forum (WEF).

Menurut laporan WEF Forecast for Labour Market Evolution in 2020-2025 atau Prediksi Perkembangan Pasar Tenaga Kerja Tahun 2020-2025 di antaranya merinci 20 profesi yang akan paling banyak dicari.

Dari 20 profesi tersebut, pilihan jurusan kuliah menjadi hal penting. Maka dari itu calon mahasiswa yang ingin mengikuti SNMPTN, SBMPTN, dan ujian masuk kuliah lainnya, bisa mempertimbangkan daftar jurusan kuliah yang akan dicari hingga 2025.

Daftar jurusan kuliah yang paling dicari 2025:
1. Teknologi sains data
Pada era perkembangan teknologi yang semakin cepat, lulusan kuliah dengan kemampuan data analysts semakin dibutuhkan.

Beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan mata kuliah dan prodi di terkait big data di antaranya adalah Universitas Airlangga (jurusan Teknologi Sains Data), Binus University (jurusan Data Science), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang mempelajari data science di Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data.

Ada juga prodi terkait big data seperti jurusan Data Science yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor atau IPB University. Selain itu ada juga Universitas Bunda Mulia (UBM) yang juga menawarkan program studi Data Science.

Dengan jurusan ini kamu tak hanya bisa menjadi data analyst, nantinya kamu juga bisa menjadi seorang data specialists yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan hingga di masa depan.

2. Digital marketing
Permintaan industri yang banyak di bidang marketing membuat jurusan kuliah satu ini dibutuhkan di masa depan. Di Indonesia, kuliah jurusan Digital Marketing salah satunya bisa ditemukan di Universitas Ciputra.

Di jurusan Digital Marketing akan belajar optimasi media sosial, penggunaan e-commerce, marketing analytic, hingga strategi pemasaran digital.

Jurusan kuliah serupa yang juga dibutuhkan di bidang marketing antara lain prodi Ilmu Komunikasi, Manajemen, Ilmu Bisnis, dan Statistika dan Matematika Bisnis.

3. Manajemen dan bisnis
Tidak bisa dipungkiri hingga 2025, lulusan jurusan Ilmu Manajemen, Manajemen Bisnis, Manajemen dan Kewirausahaan, Business Analytics, dan sebagainya menjadi lulusan paling dibutuhkan di industri.

Untuk mengambil prodi terkait pengembangan bisnis ini, kamu bisa temukan di banyak kampus di Indonesia, mulai dari ITB, UI, IPB, sampai Binus.

4. Informatika-data science and artificial intelligence
Buat kamu yang tertarik belajar artificial intelligence dan machine learning bisa mengambil prodi Informatika-Data Science and Artificial Intelligence (AI) di Universitas Surabaya.

Selain itu, ada juga Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga menawarkan prodi Informatika yang bisa mempelajari lebih jauh tentang artificial intelligence.

Serupa dengan AI, di Unair kamu bisa masuk prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan dengan fasilitas di antaranya laboratorium kecerdasan buatan.

5. Industrial robotic design
Masih berhubungan dengan teknologi canggih, bidang pekerjaan Process Automation Specialists juga sangat dibutuhkan di masa depan.

Process Automation bisa dipelajari di jurusan Industrial Robotic Design yang tersedia antaranya di ITS, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

ITS juga menawarkan studi bidang ini di Teknik Elektro Otomasi. Sementara itu, kamu juga bisa belajar software robot atau otomasi di jurusan Teknik Informatika, seperti di Universitas Brawijaya.

6. Ilmu komputer, sistem informasi, dan teknik informatika
Di tengah arus perkembangan gadget, banyak industri berbondong-bondong membuat banyak aplikasi atau website. Peluang ini sangat tepat untuk lulusan prodi Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika.

7. Teknologi bisnis digital
Prodi Teknologi Bisnis Digital menjadi jurusan yang tepat agar bisa bekerja di bidang transformasi digital. Bidang tersebut bisa dipelajari di Universitas Prasetiya Mulya, prodi Manajemen seperti di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dan prodi Studi Administrasi Bisnis peminatan Digital Bisnis seperti di Universitas Katolik Parahyangan.

Selain itu, ada juga kampus yang menawarkan langsung prodi Digital Bisnis yakni Universitas Bunda Mulia.

8. Cyber security
Bidang pekerjaan ilmu information security akan banyak dicari di masa depan mengingat lalu lintas digital yang membutuhkan keamanan.

Untuk menekuni bidang itu bisa belajar di jurusan Cyber Security seperti di Binus University, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, atau Teknik Elektro di UI, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan lain-lain.

Sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Sandi Negara juga menawarkan prodi terkait information and cyber security. Di antaranya yaitu prodi Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, dan Rekayasa Keamanan Siber.

Fahri Zulfikar – detikEdu

Sumber: detik.com, Jumat, 07 Jan 2022

Share
%d blogger menyukai ini: