Home / Berita / Unikom Juarai Kontes Robot Internasional

Unikom Juarai Kontes Robot Internasional

Tim robotika dari Universitas Komputer Indonesia memenangi kontes robot 18th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest yang digelar di Kota Hartford, Connecticut, Amerika Serikat, Sabtu (9/4). Robot buatan mahasiswa Unikom berhasil mengungguli peserta dari negara lain, seperti Israel, Amerika Serikat, dan China. Kategori yang diikuti tim Unikom adalah robowaiter standar dan lanjutan yang seluruhnya dijuarai.

”Kategori ini mempertandingkan kemampuan robot untuk menjadi asisten manusia dengan mengambil piring, hingga membawanya tanpa menabrak obyek lain,” kata ketua tim Unikom, Yusrila Kerlooza, yang dihubungi di Hartford, Minggu (10/4). (ELD)

Sumber: Kompas, 11 April 2011

——————

sementara itu….

Tiga Tim Robot STTNas Lolos

Tiga tim Robot STTNas lolos dua kali seleksi dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), tahun 2011. Ketiganya lolos seleksi tahap I, yaitu seleksi kelayakan proposal dan yang kedua Seleksi Progress Report, sehingga, mereka lolos dari penilaian dewan juri untuk bisa mengikuti Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011, yang diselenggarakan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas.

Ketiga Tim Robot itu yaitu Tim Robot KRCI Senior Beroda dengan nama Robot ‘SIGMA-TANK’ dengan Ketua Tim Abilawa Dyan Mayland dan anggota Wahyu Agus Hermawan dan Widian C  Kinasih dengan Dosen Pembimbing Tugino ST MT. Kemudian Tim Robot KRCI Senior Berkaki dengan nama Robot ‘Antropoda’ dengan Ketua Tim V  Bayu Herlambang Siby, anggota  Hanif Mufty Arkhan dan  Anjastoni dengan Dosen Pembimbing Asniar Aliyu ST MEng. Selanjutnya, Tim KRI dengan nama ‘MEKAVOLT 2_11’ dengan ketua Tim  Ahmad S Andriansyah, Anggota Tim I Wayan Miasa, Jalil Suherman, dan Tim Pendukung Rochmad Wijaya, David MS, Andrik Apriyanto, Intan Bramono Aji, Dosen Pembimbing Sulaiman Tampubolon ST.

Menurut Tugino ST MTm, KRI 2011 ini merupakan ajang tahunan kompetisi robot di Indonesia untuk kalangan mahasiswa khusus bidang teknologi. KRI, sepenuhnya mengadopsi rule ABU Robocon 2011 yang di adakan di Bangkok dengan Tema ‘Loy Krathong, Lighting Happiness with Friendship’, yaitu untuk kontes Internasional Asia-Pasific. Pada tahun 2011 pertandingannya di-battle-kan untuk KRCI Beroda & Berkaki.(Rsv)-c

Sumber: Kedaulatan Rakyat, 23/04/2011 12:38:28

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: