Home / Berita / Unair Siapkan Kuota 5.250 Mahasiswa Baru

Unair Siapkan Kuota 5.250 Mahasiswa Baru

Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, menyediakan kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 5.250 kursi. Kuota Jumlah mahasiswa baru yang diterima tahun ini sedikit lebih banyak dibanding tahun lalu, 5.225 kursi.

KOMPAS/IQBAL BASYARI–Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo (ketiga kiri) dan Rektor Universitas Airlangga Surabaya Mohammad Nasih (ketiga kanan) saat Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (MOU) Kompas.id dalam Jaringan WiFi Universitas Airlangga, Jumat (23/2) di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. Sekitar 35.000 sivitas akademika Unair bisa mengakses Kompas.id dengan gratis menggunakan jaringan WiFi Unair.–Kompas/Iqbal Basyari (SYA)

“Kuota 5.250 kursi terbagi dalam tiga jalur pendaftaran, yakni 30 persen jalur SNMPTN, 40 persen jalur SBMPTN, dan 30 persen jalur mandiri,” kata Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih, Senin (26/2) di Surabaya.
Tahun ini, ada penyesuaian jumlah mahasiswa yang diterima di beberapa jurusan untuk yang disesuaikan dengan beberapa factor, di antaranya kapasitas laboratorium, ruang kelas, dan jumlah dosen.

HUMAS UNIVERSITAS AIRLANGGA–Suasana pengukuhan empat guru besar baru di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (8/7/2017). Sejak berdiri pada 10 November 1954, Unair telah memiliki 462 guru besar.

Pengurangan mahasiswa terjadi di antaranya untuk program studi Kedokteran Hewan dari 270 mahasiswa menjadi 250 mahasiswa dan program studi Manajemen dari 280 mahasiswa menjadi 250 mahasiswa. “Pengurangan jumlah mahasiswa untuk memastikan kualitas pendidikan tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

Nasih meminta calon mahasiswa baru berpikir matang-matang memilih jurusan. Jangan sampai setelah diterima justru tidak diambil karena merasa tidak sesuai dengan minat atau lebih memilih di tempat lain. Sebab, mundurnya calon mahasiswa tersebut berdampak pada pengurangan indeks sekolah yang menjadi salah satu penentu nilai dalam SNMPTN dan merugikan siswa lain yang ingin diterima di jurusan tersebut.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Unair Achmad Solihin menambahkan, Unair tidak pernah mengeluarkan daftar passing grade tiap program studi. Angka passing grade juga tidak menjadi salah satu kriteria diterimanya seorang mahasiswa di Unair. (SYA)–IQBAL BASYARI

Sumber: Kompas, 27 Februari 2018

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: