Home / Berita / Teleskop Hubble Buktikan Ganymede Punya Laut

Teleskop Hubble Buktikan Ganymede Punya Laut

Satelit Jupiter yang juga merupakan bulan terbesar di Tata Surya Ganymede terbukti memiliki lautan cair di bawah lapisan es di permukaannya. Bukti baru itu diperoleh Teleskop Antariksa Hubble yang mempelajari gerakan cahaya aurora di sekitar kutub utara dan selatan Ganymede. Bukti sebelumnya tentang keberadaan laut cair itu diperoleh wahana Galileo milik Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) Amerika Serikat pada awal 2000-an.

Namun bukti yang diperoleh Galileo kurang meyakinkan, sehingga keberadaan laut itu masih berupa dugaan. “Temuan Hubble menghilangkan keraguan itu,” kata Heidi Hammel dari Asosiasi Universitas Periset Astronomi di Washington DC, Amerika Serikat, kepada BBC, Kamis (12/3). Bukti yang diperoleh Hubble itu terbaik dibandingkan bukti sebelumnya. Bukti itu akan diperkuat dengan pengiriman wahana Jupiter Icy Moon Explorer (Juice) milik Badan Antariksa Eropa (ESA) pada 2030-an. (BBC/MZW)
————————-
Jepang Berikan Dana Hibah Kesehatan

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia memberikan dana hibah 82,24 juta yen kepada 10 lembaga kemasyarakatan untuk mengerjakan proyek dalam satu tahun ke depan. Proyek itu untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, terutama kesehatan, lingkungan, dan pendidikan. “Proyek itu diharapkan memberi manfaat spesifik, seperti kesehatan dan lingkungan. Fokusnya melalui pembangunan infrastruktur atau pelatihan masyarakat,” ujar Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki saat penandatanganan kontrak Bantuan Hibah Grassroots di Jakarta, Jumat (13/3). Tanizaki mengatakan, 10 lembaga itu terpilih karena punya proyek unggulan dan berdampak langsung pada masyarakat bawah. Salah satu penerima hibah adalah Pusat Studi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Mataram, dengan nilai bantuan 10,98 juta yen untuk peningkatan kesehatan ibu dan anak dan pembangunan pondok bersalin desa di Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. (B07)
———————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 14 Maret 2015, di halaman 14 dengan judul “Teleskop Hubble Buktikan Ganymede Punya Laut”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Hujan Menandai Kemarau Basah akibat Menguatnya La Nina

Hujan yang turun di Jakarta dan sekitarnya belum menjadi penanda berakhirnya kemarau atau datangnya musim ...

%d blogger menyukai ini: