Home / Berita / Peringati Satu Abad ITB, Sejumlah Acara Disiapkan

Peringati Satu Abad ITB, Sejumlah Acara Disiapkan

Tahun ini Institut Teknologi Bandung merayakan satu abad usianya. Sejumlah acara pun disiapkan.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO—Mahasiswa merakit pesawat tanpa awak fixed wing yang digabung sistem empat rotor baling-baling untuk bergerak vertikal bernama Gatotkaca Ganesha dalam Pameran Produk Karya Mahasiswa Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, di Bandung, Jawa Barat, Senin (5/12/2016).

Tahun ini Institut Teknologi Bandung merayakan satu abad usianya. Karya dan inovasi tiada henti terus dilahirkan untuk kemajuan teknologi. Kolaborasi para alumni pun turut menjadi kekuatan dalam pengembangan kampus.

Sekretaris Institut Teknologi Bandung (ITB) Widjaja Martokusumo, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/7/2020), mengatakan, sejarah kampus ini dimulai dari Technische Hogeschool pada tahun 1920. Kemudian, pada tahun 1959, Presiden Soekarno meresmikan dengan nama Institut Teknologi Bandung.

Peringatan genapnya 100 tahun usia ITB sebagai pendidikan tinggi teknik di Indonesia (PPTI) jatuh pada 3 Juli 2020. Tema besar yang diambil adalah ”Inovasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan”. Rangkaian acara akan diadakan untuk mewarnai hari jadi tersebut.

KOMPAS/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA—Rektor ITB terpilih periode 2020-2025 Prof Reini Wirahadikusumah (kiri) melakukan prosesi serah terima jabatan dari rektor ITB sebelumnya, Prof Kadarsah Suryadi, di Kampus ITB Bandung, Senin (20/1/2020).

Sidang terbuka peringatan akan diadakan secara daring dan dibuka dengan sambutan dari Presiden Joko Widodo pada Jumat (3/7). Beberapa pimpinan ITB akan hadir pada acara tersebut untuk mengikuti prosesi sidang terbuka tersebut.

Pihak kampus bersama Ikatan Alumni ITB dan Salam Ganesha juga menyelenggarakan acara bincang bersama di TVRI Nasional dengan menghadirkan narasumber menteri pendidikan dan kebudayaan. Pertunjukan musik dan seni bertajuk ”Semangat Berkarya Menyambut Panggilan Negeri” juga akan disiarkan TVRI Nasional pada Jumat malam.

Selain itu, program Satu Abad Satu Triliun (1A1T) untuk Dana Lestari ITB juga akan diresmikan Majelis Wali Amanat (MWA) ITB. Kegiatan tersebut didukung Salam Ganesha, yakni gabungan alumni muda yang melaksanakan kampanye dan sosialisasi penggalangan dana dengan cara kreatif. Mereka menggunakan platform digital dan media sosial untuk mengajak para filantropi berkontribusi dalam pengembangan ITB.

HUMAS PEMPROV JABAR—-Alat deteksi virus Covid-19 yang dikembangkan Unpad dan ITB.

Dana sebesar Rp 9,51 miliar terkumpul dari 59 alumni pada periode Januari-Maret 2020. Untuk memberikan apresiasi bagi para donatur, sebuah tile naming yang mencantumkan nama-nama donatur akan dipasang di area Rotunda ITB. Proses pemasangan tile naming tahap pertama telah selesai dilakukan hari ini dengan biaya Rp 490 juta.

”Tile naming merupakan bentuk reward dari ITB kepada para donatur yang telah menunjukkan perhatian dan kontribusi besar kepada ITB. Kami sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu yang telah berkontribusi,” kata Rektor ITB Reini Wirahadikusumah dalam keterangan tertulisnya.

Ia menilai, kontribusi alumni kepada almamater tidak hanya dalam bentuk finansial. Kontribusi lainnya terwujud dalam berbagai bentuk. ”Akan tetapi, saat ini, kita memberikan penghargaan dalam bentuk tile naming,” ujarnya.

Oleh MELATI MEWANGI

Editor: MOHAMAD FINAL DAENG

Sumber: Kompas, 2 Juli 2020

Share
x

Check Also

Aplikasi Kelas Digital Makin Interaktif

Layanan kelas digital kini ditopang dengan berbagai aplikasi pembelajaran daring. Aplikasi yang disediakan kian interaktif ...

%d blogger menyukai ini: