Obat Racikan BUMN Farmasi untuk Pasien Covid-19 Siap Digunakan

- Editor

Rabu, 14 Oktober 2020

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kepala Program Laboratorium Bioteknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Danang Waluyo menjelaskan isi laboratorium bergerak biosafety Level 2 yang diparkir di halaman Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Banten, Minggu (30/8/2020). Laboratorium bergerak untuk pengujian spesimen Covid-19 tersebut merupakan racangan BPPT dan sumbangan dari CSR Bank BNI. Laboratorium tersebut memenuhi standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), salah satunya terkait standar keamanan hayati atau biosafety level 2. Metode pengujian yang digunakan di dalam laboratorium ini adalah metode reaksi rantai polimerase (PCR). Saat ini, sudah ada tiga laboratorium bergerak biosafety level 2 di Indonesia. Laboratorium bergerak ini merupakan inovasi untuk lebih dekat menjangkau banyak daerah sehingga pemeriksaan spesimen akan berlangsung lebih cepat   

Kompas/Yuniadhi Agung (MYE)
30-08-2020

Kepala Program Laboratorium Bioteknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Danang Waluyo menjelaskan isi laboratorium bergerak biosafety Level 2 yang diparkir di halaman Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Banten, Minggu (30/8/2020). Laboratorium bergerak untuk pengujian spesimen Covid-19 tersebut merupakan racangan BPPT dan sumbangan dari CSR Bank BNI. Laboratorium tersebut memenuhi standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), salah satunya terkait standar keamanan hayati atau biosafety level 2. Metode pengujian yang digunakan di dalam laboratorium ini adalah metode reaksi rantai polimerase (PCR). Saat ini, sudah ada tiga laboratorium bergerak biosafety level 2 di Indonesia. Laboratorium bergerak ini merupakan inovasi untuk lebih dekat menjangkau banyak daerah sehingga pemeriksaan spesimen akan berlangsung lebih cepat Kompas/Yuniadhi Agung (MYE) 30-08-2020

Obat untuk pasien Covid-19 racikan perusahaan induk (holding) badan usaha milik negara (BUMN) farmasi siap untuk digunakan. Produksi obat tersebut diharapkan dapat mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19.

Obat untuk pasien Covid-19 racikan perusahaan induk atau holding badan usaha milik negara farmasi siap digunakan. Produksi obat tersebut diharapkan dapat mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19.

Anggota BUMN farmasi, PT Kimia Farma, memproduksi favipiravir untuk terapi Covid-19. Sementara PT Indofarma bersiap memasarkan obat remdesivir dengan nama dagang Desrem™. Obat ini diproduksi Mylan Laboratories Limited atas lisensi dari Gilead Sciences Inc, Foster City dan United States of America.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

”Bergabungnya entitas BUMN farmasi dalam holding diharapkan membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia, baik dari sisi pencegahan melalui penyediaan vaksin, penanganan melalui pengobatan dan pemberian multivitamin, maupun penyediaan alat kesehatan,” ujar Honesti Basyir, Direktur Utama PT Bio Farma, holding BUMN farmasi, melalui keterangan tertulis, Senin (5/10/2020).

Selain favipiravir, Kimia Farma dan anak usahanya, PT Phapros, juga memproduksi beberapa obat untuk penanganan pasien Covid-19, di antaranya chloroquine, hydroxychloroquine, azithromycin, dexamethasone, dan methylprednisolon.

Obat favipiravir diproduksi sendiri oleh Kimia Farma dan merupakan produk pertama di Indonesia yang dikembangkan BUMN. Produk ini telah mendapat nomor izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta akan didistribusikan ke seluruh layanan kesehatan sesuai dengan regulasi pemerintah.

Penambah daya tahan
Selain itu, Kimia Farma memproduksi beberapa multivitamin penambah daya tahan tubuh, seperti vitamin C (tablet dan injeksi), Becefort, Fituno, dan Geriavita.

”Kimia Farma melalui jaringan ritelnya juga mendistribusikan alat kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, serta melakukan layanan pemeriksaan tes cepat dan PCR,” ujar Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo.

Sementara Indofarma memproduksi Oseltamivir 75 gr Caps, antiviral yang menjadi rujukan protokol pengobatan Covid-19 di sejumlah rumah sakit. Produk ini memiliki tingkat kandungan dalam negeri 40,06 persen. Kapasitas produksinya 4,9 juta kapsul per bulan.

”Produk yang akan dipasarkan dalam waktu dekat adalah Desrem™ Remdesivir Inj 100 mg yang telah mendapatkan persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) di Indonesia,” ujar Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto.

Arief menyampaikan, produk tersebut telah disetujui BPOM melalui penerbitan NIE yang diterbitkan pada 30 September 2020. Pemasarannya akan dimulai pekan depan. Obat ini digunakan untuk pasien Covid-19 rawat inap dengan kondisi sedang hingga berat. Ketersediaannya bulan ini sekitar 400.000 vial.

Sementara itu, sebagai induk holding BUMN farmasi, Bio Farma bersama Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran sedang melakukan uji klinis vaksin produksi Sinovac fase tiga di Bandung, Jawa Barat. Hingga akhir September, 1.319 sukarelawan telah mendapatkan suntikan vaksin atau plasebo dosis pertama.

Sejumlah 656 sukarelawan telah menjalani vaksinasi kedua. Setelah penyuntikan kedua, 244 sukarelawan sudah diambil sampel darahnya untuk mengecek reaksi imunitas tubuh. Hingga saat ini belum ada laporan kejadian ikutan pasca imunisasi serius akibat vaksin.

Oleh TATANG MULYANA SINAGA

Editor: AGNES SWETTA PANDIA

Sumber: Kompas, 5 Oktober 2020

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Baru 24 Tahun, Maya Nabila Sudah Raih Gelar Doktor dari ITB
Metode Sainte Lague, Cara Hitung Kursi Pileg Pemilu 2024 dan Ilustrasinya
Jack Ma Ditendang dari Perusahaannya Sendiri
PT INKA Fokus pada Kereta Api Teknologi Smart Green, Mesin Bertenaga Air Hidrogen
7 Sesar Aktif di Jawa Barat: Nama, Lokasi, dan Sejarah Kegempaannya
Anak Non SMA Jangan Kecil Hati, Ini 7 Jalur Masuk UGM Khusus Lulusan SMK
Red Walet Majukan Aeromodelling dan Dunia Kedirgantaraan Indonesia
Penerima Nobel Fisika sepanjang waktu
Berita ini 7 kali dibaca

Informasi terkait

Senin, 1 April 2024 - 11:07 WIB

Baru 24 Tahun, Maya Nabila Sudah Raih Gelar Doktor dari ITB

Rabu, 21 Februari 2024 - 07:30 WIB

Metode Sainte Lague, Cara Hitung Kursi Pileg Pemilu 2024 dan Ilustrasinya

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:23 WIB

Jack Ma Ditendang dari Perusahaannya Sendiri

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:17 WIB

PT INKA Fokus pada Kereta Api Teknologi Smart Green, Mesin Bertenaga Air Hidrogen

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:09 WIB

7 Sesar Aktif di Jawa Barat: Nama, Lokasi, dan Sejarah Kegempaannya

Rabu, 3 Januari 2024 - 17:34 WIB

Red Walet Majukan Aeromodelling dan Dunia Kedirgantaraan Indonesia

Minggu, 24 Desember 2023 - 15:27 WIB

Penerima Nobel Fisika sepanjang waktu

Selasa, 21 November 2023 - 07:52 WIB

Madura di Mata Guru Besar UTM Profesor Khoirul Rosyadi, Perubahan Sosial Lunturkan Kebudayaan Taretan Dibi’

Berita Terbaru

US-POLITICS-TRUMP

Berita

Jack Ma Ditendang dari Perusahaannya Sendiri

Rabu, 7 Feb 2024 - 14:23 WIB