Home / Berita / NFC, Bisa Dipakai untuk Apa Saja?

NFC, Bisa Dipakai untuk Apa Saja?

Adakah di antara kamu yang sudah mencoba isi ulang e-money Mandiri pakai NFC (Near Field Communications)? Tinggal pakai smartphone Android. Nggak perlu repot cari ATM Mandiri. Tentu smartphone-nya harus sudah dibekali fitur NFC ya (juga kamu harus mengunduh app e-Money di PlayStore). Contoh smartphone yang dukung NFC adalah Asus Padfone 2, Google Nexus 4, dan ZTE Nubia Z9.

Di kalangan pengguna gadget, NFC mulai populer. Sebenarnya ini bukan teknologi baru. Sudah sering disebut-sebut. Cuma mungkin banyak yang belum tahu cara pemakaiannya secara maksimal. Tambah lagi di tanah air penggunaan NFC memang belum umum.

Kalau di luar negeri sana, NFC sudah dipakai sebagai metoda pembayaran loh. Jadi tak perlu siapkan uang tunai atau gesek kartu kredit. Di bioskop Australia misalnya, kamu bisa beli cemilan dengan NFC. Keluarkan smartphone-mu, buka app untuk pesan cemilan, lalu tap smartphone ke lengan kursi untuk memesan. Nah tinggal tunggu cemilan diantar deh.

Bisa Apa Saja?
Smartphone berfitur NFC sebenarnya tidak bisa bekerja sendirian. Ia harus ditemani NFC tag. NFC tag adalah penghubung untuk memulai fitur dengan menggunakan NFC. NFC tag yang telah diprogram memungkinkan pengguna untuk mengendalikan berbagai fungsi pada ponselnya secara otomatis, hanya dengan satu kali tap.

20150228_072027Dengan menggunakan NFC tag, kamu dapat melakukan beberapa kegiatan, seperti menyesuaikan alarm pada smartphone, masuk ke dalam model aplikasi tertentu, mengaktifkan Bluetooth atau Wi-Fi, menyesuaikan volume ringtone, serta pengaturan kecerahan layar, tanpa perlu menyalakan ponsel atau menyentuh tampilan menu.

nfc2Kamu dapat mengubah ponsel menjadi mode senyap hanya dengan men-tap ponsel pada NFC tag yang terpasang di pintu ruang konferensi. Mau telepon pacar? Tap NFC tag yang ditempel di foto pacar saja.

Kalau mau nyalain music player, kamu cuma perlu menyentuhkan ponsel dengan NFC tag yang ada di samping tempat tidurmu. Untuk menyalakan lampu, tinggal tap NFC tag yang ada di pintu.

Tamu yang berkunjung ke rumah kita dapat mengaktifkan dan memakai Wi-Fi yang ada hanya dengan men-tap perangkat mereka pada NFC tag yang telah menyimpan password Wi-Fi.

Kalau pakai NFC, kamu cukup lambaikan ponsel di depan pintu dan – jika izin diterima – pintu akan terbuka. Tak perlu putar kunci.

Transfer file juga bisa via NFC. Android Beam menggunakan NFC untuk memungkinkan pairing Bluetooth dan mengirimkan data ke dari satu ponsel ke ponsel lain. Tetapi, ini hanya bisa digunakan pada perangkat yang memiliki sistem operasi Android 4.0 atau di atasnya.

Eh, Elecom sudah meluncurkan NFC Phone Keypad, yang kabarnya lebih nyaman dari pairing Bluetooth.

Waktu pertama kali diluncurkan, aplikasi NFC yang paling umum dipakai adalah ‘check-in’. Pengguna dapat check-in dengan LBS (Location Based Service) hanya dengan men-tap NFC tag yang telah disisipkan di toko. Dalam lingkup bisnis, kita juga dapat menggunakan NFC untuk men-scan tag yang memberikan informasi peta lokasi toko tersebut.

Sekarang, kamu bisa memprogram tag untuk menjalankan pekerjaan yang rumit. Contohnya, jika ingin mengirim pesan ‘selamat pagi’ untuk teman-teman, kamu tidak perlu mengetiknya secara manual. Program saja sebuah tag dan kirimkan pesan tadi dengan men-tap ponsel pada tag tersebut.

Ditulis Oleh Wiwiek Juwono Pada 06 April, 2015
http://www.pcplus.co.id/2015/04/fitur/nfc-bisa-dipakai-untuk-apa-saja/
———
NFC atau Near Field Communication adalah pengembangan dari teknologi berbasis Radio Frequency Identification (RFID). RFID sendiri memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM. Tapi tentu ada perbedaan jika untuk melakukan transaksi ATM harus digesek maka kartu RFID hanya didekatkan ke alat pembacanya. Contoh RFID adalah kartu e-toll Bank Mandiri atau Flazz Bank BCA di Indonesia.

Apa itu NFC dan Bagaimana cara kerja NFC
Cara kerja NFC yaitu pengguna harus mempunyai chip NFC pada perangkat sendiri dan menempelkan atau mengibaskan perangkat tersebut pada perangkat lain yang sudah memiliki alat pembaca NFC juga.

Pada dasarnya ada dua mode operasi yang dicakup oleh protokol NFC, yaitu NFC aktif (terbuka) dan NFC pasif (secure).

NFC terbuka adalah kedua perangkat radio menghasilkan bagian sendiri untuk mengirimkan data yang artinya menghubungkan dua perangkat yang sama-sama memiliki NFC dan hal ini memungkinkan pertukaran konten digital antar perangkat. Pengguna dengan mudah bisa menghubungkan ponsel NFC dengan smartphone yang lain, hanya dengan menyentuhkan kedua ponsel. Ada beberapa ponsel yang sudah mengadopsi teknologi ini seperti Blackberry dengan ‘Blackberry Tag’, Samsung galaxy SII, Nokia Lumia 800, Nokia Lumia 710, dan lain-lain. Dengan cara ini pengguna bisa saling bertukar konten, seperti foto, atau bahkan bermain game, tanpa harus melakukan koneksi pairing Bluetooth.

NFC secure adalah hanya satu perangkat saja yang menghasilkan bidang radio, sementara modulasi lainnya menggunakan beban lain untuk mentransfer data yang artinya lebih kepada penggunaan perangkat mobile contoh smartphone yang sudah terintegrasi dengan NFC (Near Field Communication) sebagai dompet atau kartu kredit atau alat bayar virtual. Cara kerjanya pengguna hanya perlu mengibaskan perangkat mobile tersebut ke mesin atau alat pembaca NFC.

Apa Keunggulan dan kegunaan NFC?
Keunggulan NFC cukup banyak. Dengan NFC pengguna bisa leluasa untuk bertransaksi membayar sesuatu, menjadi mesin kas, membayar jalan toll, melakukan “check in” di tempat tertentu, mengumpulkan poin atau berbelanja di pusat perbelanjaan, bisa menjadi mesin penjual dan meter parkir, atau nanti bisa mengakses situs atau blog tanpa harus mengetikkan URLnya.

NFC bahkan bisa menggantikan perangkat wi-fi dan bluetooth contohnya pengguna ingin mencetak foto pada printer yang sudah memiliki chip NFC, cukup menyentuh perangkat NFC pada printer yang telah diaktifkan, dan menghidupkan koneksi bluetooth untuk mengirimkan foto digital dari perangkat yang akan dicetak pada printer.

Semakin banyak perangkat seperti mobile handset, smartphone, PC, kamera, printer yang menggunakan teknologi NFC karena saat ini NFC (Near Field Communication) dipandang sebagai salah satu hal yang menguntungkan dari sudut pandang pendapatan. Menurut data riset Jupiter pada tahun 2013 nanti diprediksi akan terjual sekitar 700 juta ponsel berkemampuan NFC.

Teknologi NFC mulai berkembang ke smartphone setelah Nokia memproduksi ponsel pertama yang menggunakan teknologi NFC pada tahun 2006. Saat ini Game mobile populer Angry Birds, misalnya, telah memiliki versi ekslusif NFC untuk Nokia C7. ‘Angry Birds Free with Magic’ memiliki level-level tersembunyi yang bisa dibuka lewat menyentuhkan ponsel dengan Nokia C7 lainnya, atau dengan membaca sebuah tanda NFC yang akan langsung menghubungkan anda ke Ovi Store untuk mengunduh level-level berikutnya.

Bahkan sekarang karena berkembangnya game Angry Birds untuk unlocked special character di Angry Birds, gamer harus membeli merchandise original lalu men-scan foto boneka atau merchandise Angry Birds lainnya. Semua memanfaatkan teknologi NFC (Near Field Communication).

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Indonesia Dinilai Tidak Memerlukan Pertanian Monokultur

Pertanian monokultur skala besar dinilai ketinggalan zaman dan tidak berkelanjutan. Sistem pangan berbasis usaha tani ...

%d blogger menyukai ini: