Home / Berita / Masih Terbuka Kesempatan Masuk PTN

Masih Terbuka Kesempatan Masuk PTN

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 hari ini resmi diumumkan.Ada 118.233 peserta seleksi dipastikan lolos dan berhak masuk ke 60 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

Mereka yang diterima tentu bersyukur bisa meraih apa yang dicita-citakan. Sebaliknya, masih ada ratusan ribu siswa lain yang tidak lulus. Dari total 540.953 siswa yang mendaftar SNMPTN, baik melalui jalur reguler maupun Bidik Misi, tercatat 154.954 orang pendaftar tidak lulus,meski memperoleh nilai di atas rata-rata.

Haruskah mereka berputus asa? Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh meminta kepada peserta yang gagal untuk tidak berkecil hati. Dia mengingatkan bahwa kegagalan adalah pintu pembuka bagi kesuksesan. ”Kalaupun tidak berhasil di SNMPTN maka siswa masih dapat mencoba di jalur mandiri yang dilaksanakan secara personal oleh beberapa perguruan tinggi negeri,” saat menghadiri Musyawarah Nasional Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, kemarin.

Bendahara Umum Panitia SNMPTN 2011 Rochmat Wahab juga meminta mereka tidak khawatir karena masih ada kesempatan kuliah di PTN melalui jalur ujian mandiri. Kuota yang disediakan juga sangat besar, yakni 40% dari total kuota nasional. Salah satu yang akan menggelar tes masuk jalur mandiri adalah Universitas Padjadjaran (Unpad).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Dadi Suryadi menjelaskan bahwa pendaftaran SMUP diperpanjang. Untuk pembelian PIN diperpanjang hingga 8 Juli, sedangkan pendaftaran online dibuka hingga 12 Juli pukul 23.59 WIB. ”Perpanjangan ini dibuat karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui penerimaan SMUP, terutama pada penerimaan mahasiswa jenjang strata satu,” ungkapnya kemarin.

Selain jalur mandiri dan pendaftaran dikampus swasta masih ada ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB-PT) yang diikuti oleh 12 PTN dan menyediakan 10.328 kursi.Pendaftaran dibuka 1 Juni hingga 7 Juli, ujian dilaksanakan pada 9 Juli.

Ke-12 PTN tersebut adalah Universitas Syiah Kuala, Universitas Malikussaleh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau,UniversitasJambi,Universitas Negeri Jakarta,UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Palangkaraya,dan UIN Alauddin Makassar. ?neneng zubaidah

Sumber: Koran SIndo, 30 Juni 2011

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

”Big Data” untuk Mitigasi Pandemi di Masa Depan

Kebijakan kesehatan berbasis “big data” menjadi masa depan pencegahan pandemi berikutnya. Melalui ”big data” juga, ...

%d blogger menyukai ini: