Home / Berita / Laptop Penunjang Usaha Rintisan

Laptop Penunjang Usaha Rintisan

Saat ini banyak perusahaan rintisan lahir seiring kemajuan dan perkembangan teknologi informasi. Dalam bekerja, mereka kerap mengandalkan perangkat teknologi yang mumpuni. Hal tersebut perlu ditunjang dengan perangkat teknologi dengan spesifikasi khusus.

Beberapa di antara perusahaan rintisan itu tidak memiliki kantor resmi dan bekerja di co-working space. Untuk itu, mereka bekerja menggunakan perangkat yang menunjang mobilitas tinggi dan kebutuhan kerja.

Beberapa pekerja tidak membutuhkan tempat kerja khusus. Sebab, sebagian besar individu yang bekerja di perusahaan rintisan mengandalkan kecakapan di bidang teknologi digital, seperti desain grafis, edit foto atau video, koding, dan pengelolaan media sosial.

SUCIPTO UNTUK KOMPAS–Lapto HP EliteBook x360 1040 G5 diluncurkan HP Indonesia, Kamis (6/12/2018).

Publikasi Statistik Indonesia 2018 menunjukkan jumlah penduduk usia 15-39 tahun pada 2017 sebagai proksi milenial, pada 2019 jumlahnya 105 juta jiwa, 55 persen dari total penduduk (Kompas, 15/10/2018). Hal itu menjadi pasar baru yang besar produsen perangkat keras elektronik, mengingat serapan tenaga kerja perusahaan rintisan berasal dari generasi milenial.

HP Indonesia melihat peluang itu dengan meluncurkan beberapa produk laptop dan printer. Mereka meluncurkan laptop dengan spesifikasi tinggi dan ringan dijinjing.

Salah satunya adalah HP EliteBook x360 1040 G5. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Quad Core generasi kedelapan. Laptop ini dilengkapi memori hingga 32 gigabita dan penyimpanan hingga 2 terabita.

SUCIPTO UNTUK KOMPAS–Managing Director HP Indonesia David Tan

Managing Director HP Indonesia David Tan mengatakan, laptop itu diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan individu yang memiliki mobilitas tinggi. Berukuran 14 inci, laptop ini terbilang cukup ringan dengan berat sekitar 1 kilogram.

“Salah satu fitur unggulan laptop ini adalah sure view. Dengan fitur itu, layar laptop tidak terlihat dari sisi kanan dan kiri,” kata David dalam acara peluncuran produk baru HP di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Ia mengatakan, fitur sure view bisa digunakan untuk kenyamanan kerja saat di luar kantor, seperti kafe atau restoran. Orang di sekitar tidak bisa melihat tampilan layar kecuali tegak lurus dengan layar. Itu berfungsi untuk melindungi data-data rahasia dari orang asing di sekitar pengguna laptop.

Selain itu, laptop itu juga menawarkan kenyamanan kerja kolaborasi jarak jauh. Fitur Noise Cancellation pada lerangkat itu mampu mengurangi kebisingan di sekitar pengguna. Ketika melakukan panggilan video atau telekonferensi, laptop itu sudah mampu menangkap dan mengeluarkan suara yang jernih.

Dengan berbagai fitur itu, laptop ini bisa dipesan dengan harga mulai dari Rp 24 juta. Laptop ini baru bisa didapatkan secara inden. Setelah melakukan pemesanan, laptop ini baru bisa didapatkan sekitar dua bulan.

SUCIPTO UNTUK KOMPAS–Managing Director HP Indonesia David Tan (kedua dari kiri) bersama jajarannya berfoto bersama saat peluncuran produk baru HP di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Layanan rental
Selain laptop, HP meluncurkan printer HP LaserJet MFP M72625dn. Perangkat ini juga baru bisa didapatkan inden dengan harga mulai dari Rp 35 juta. Printer ini dilengkapi dengan monitor grafis berlayar sentuh warna 7 inci. Selain itu, printer ini dapat digunakan untuk mencetak dokumen langsung dari email telepon pintar dan laptop.

Printer ini diproduksi tidak hanya untuk dijual, tetapi juga untuk disewakan. Print Category Director HP Indonesia Ellya, mengatakan, langkah tersebut diambil untuk menyasar co-working space atau kafe-kafe di perkotaan. Sebab, saat ini banyak pekerja lepas atau pekerja di perusahaan rintisan yang butuh fasilitas tersebut.

Saat bekerja di co-working space, orang-orang itu kerap memiliki keperluan mencetak hasil pekerjaan dengan cepat, mudah, dan kualitas warna yang presisi. Hal itu berusaha dipenuhi oleh HP dengan fitur mencetak tanpa kabel dengan kemampuan memuat hingga 100 halaman ke dalam pengisi dokumen otomatis.

Ellya mengatakan, biaya fasilitas sewa disesuaikan dengan jumlah pencetakan konsumen. Jika ingin menyewa alat tersebut, calon penyewa bisa menghubungi kontak HP Indonesia di situs resminya. Ellya mengatakan, fasilitas sewa juga ditujukan untuk perusahaan-perusahaan yang tidak ingin mengeluarkan biaya besar untuk keperluan mencentak dokumen.

Semakin cepat ritme kerja di era digital saat ini, ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan perangkat penunjang dengan spesifikasi khusus. Alat-alat itu bukan hanya untuk proses kerja yang cepat dan hasil yang presisi, tetapi juga untuk menunjang komunikasi jarak jauh yang nyaman. Seiring munculnya kebutuhan khusus untuk menunjang pekerjaan, perusahaan di bidang teknologi juga terus berinovasi. (SUCIPTO)–ADHI KUSUMAPUTRA

Sumber: Kompas, 6 Desember 2018

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Instrumen Nilai Ekonomi Karbon Diatur Spesifik

Pemerintah sedang menyusun peraturan presiden terkait instrumen nilai ekonomi karbon dalam. Ini akan mengatur hal-hal ...

%d blogger menyukai ini: