Home / Berita / Kinerja Facebook Baik, Kekayaan Zuckerberg Meningkat

Kinerja Facebook Baik, Kekayaan Zuckerberg Meningkat

Kinerja di pasar saham menentukan nasib banyak orang. Ketika perusahaan merugi dan harga saham jatuh tidak sedikit yang asetnya tergerus. Sebaliknya, ketika kinerja perusahaan baik dan harga saham naik, banyak juga orang yang menjadi semakin kaya.

Saat ini, Mark Zuckerberg naik peringkat menjadi orang terkaya keenam di Planet Bumi. Kekayaan pendiri Facebook Inc berusia 31 tahun itu bertambah 6 miliar dollar AS pada penutupan perdagangan Kamis (28/1/2016) atau Jumat (29/1/2016) dini hari waktu Indonesia. Facebook mengumumkan kinerja keuangan yang bagus untuk periode kuartal keempat 2015. Jaringan media sosial terbesar di dunia itu melawan arus penurunan kinerja seperti yang dialami oleh perusahaan teknologi Apple dan eBay Inc karena situasi ekonomi yang sedang kurang baik serta penguatan kurs dollar AS yang menekan penjualan di luar negeri.

Facebook melaporkan penjualannya naik 52 persen menjadi 5,84 miliar dollar AS dan pendapatan bersihnya naik lebih dari dua kali lipat menjadi 1,56 miliar dollar AS dari satu tahun sebelumnya. Kenaikan kinerja keuangan itu membuat harga saham naik hampir 12 persen menjadi 105,32 dollar AS. Lebih dari 1,59 miliar orang menggunakan Facebook setiap bulan, menurut data dari Facebook.

Kenaikan harga saham Facebook membuat kekayaan ayah satu anak itu menjadi 47,5 miliar dollar AS menurut data dari Bloomberg Billionaires Index. Nilai kekayaannya melampaui pebisnis Koch bersaudara yang kekayaannya menurun akibat penurunan harga minyak.

d7dcc88b2ec34ef7a51d8a468ddeb192Adapun lima miliuner lainnya tetap berada pada posisi yang sama, seperti Bill Gates, Amancio Ortega, Warren Buffet, Jeff Bezos, dan Carlos Slim. Walaupun masih menempati posisinya, kekayaan mereka menurun karena penurunan harga saham. Bezos yang tahun lalu merupakan miliuner berkinerja paling baik karena pertambahan asetnya, saat ini kehilangan aset sebesar 3,9 miliar dollar AS. Berkurangnya aset Bezos terkait dengan kinerja buruk Amazon.com Inc.

Zuckerberg adalah salah satu dari tujuh orang miliuner di antara 100 orang terkaya yang asetnya naik pada tahun ini. Para miliuner itu memiliki aset bersih (aset yang sudah dikurangi utang) gabungan sebesar 3,7 triliun dollar AS. Angka ini berarti turun 14 persen dari jumlah aset terbanyak mereka yang sebesar 4,3 triliun dollar AS pada 18 Mei 2015.

(REUTERS/BLOOMBERG)

JOICE TAURIS SANTI

Sumber: Kompas Siang | 29 Januari 2016

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Hujan Menandai Kemarau Basah akibat Menguatnya La Nina

Hujan yang turun di Jakarta dan sekitarnya belum menjadi penanda berakhirnya kemarau atau datangnya musim ...

%d blogger menyukai ini: