Home / Tips / Kiat Temukan Judul Skripsi Monumental

Kiat Temukan Judul Skripsi Monumental

Memasuki semester akhir, mata kuliah yang diambil pun makin sedikit, jadwal ke kampus juga tidak banyak, otomatis semangat belajar pun menurun. Tapi di depan mata ada tugas besar yang harus segera kita selesaikan, yaitu skripsi.

Sebagian mahasiswa bersemangat mengerjakan skripsi untuk mendapatkan gelar serta ijazah untuk melamar kerja. Namun tidak sedikit juga mahasiswa yang malas mengerjakan skripsi mereka hingga akhirnya terbengkalai.

Salah satu bagian penting dari skripsi atau penelitian ilmiah adalah judul. Biasanya judul skripsi atau tesis yang berbobot adalah judul yang berkarakter dan kaya monumental. Judul dengan karakter momumental akan mampu melahirkan temuan temuan baru yang segar, original, dan jauh dari sifat plagiat.

Dalam buku Libas Skripsi Dalam 30 Hari karya Suyadi, ada beberapa tips untuk menemukan judul skripsi/tesis yang momumental. Mau tahu? Ini dia tipsnya.

Pilihlah mata kuliah yang paling disukai
Kita akan mampu menyusun skripsi atau tesis secara optimal jika topik yang kita angkat benar benar diminati dan menarik perhatian kita. Dengan begitu kita akan semangat untuk segera menyelesaikan skripsi atau tesis tersebut secepat mungkin. Sebaliknya, apabila topik yang kita akan kurang kita minati kita akan malas mengerjakan dan dan bingung mau dalam melakukan penelitiannya. So, pilihlah mata kuliah yang paling kita sukai untuk pengembangan penulisan skripsi dan tesismu.

Cermati isu paling hangat
Dunia akademik hampir tidak pernah sepi dari isu yang menarik, baik yang linear maupun kontroversial. Banyak kasus atau isu yang menarik yang bisa kita angkat untuk penelitian. Biasanya banyak isu yang berkaitan dengan bidang kita. Pilih isu yang menarik dan pastinya sesuai, juga nyambung dengan jurusan kita. Nah setelah itu bisa jadi referensi untuk pilihan judul yang akan kita buat.

Baca Buku-buku terbaik yang berkaitan dengan materi skripsi
Strategi lain untuk menemukan judul skripsi maupun tesis berkarya monumental adalah membaca buku yang sesuia dengan mata kuliah yang diminati sebanyak mungkin. Ini akan memperkaya referensi kita dalam pembuatan judul skripsi atau tesis kita, dengan kekayaan referensi ini sangat menentukan ketajaman dalam analisis penelitian kita. Ketajaman analisis kita sangat menentukan bobot dan kualitas penelitian. Jadi dengan banyak membaca buku, maka akan memperkaya referensi juga membantu menemukan judul skripsi atau tesis berkarakter monumental.

Jelajah pustaka
Jelajah pustaka atau kajian pustaka adalah review terhadap penelitian yang lain yang telah dilakukan sebelumnya dan berkaitan dengan penelitian yang akan kita buat. Banyak orang yang memilih jalan instan dengan meniru skripsi orang kemudian dia tulis dengan karya sendiri tanpa menyebutkan orang penelitian yang ditirunya. Sedikit atau banyak mengutip dari karya orang. Harus selalu mencantumkan sumbernya, sebab karya kita akan dikatakan plagiat apabila tidak menyantumkan narasumberrnya.

Memunculkan satu ide kreatif
Memunculkan ide yang brilian, memanglah tidak mudah. Namun apabila sebuah ide ditindaklanjuti maka bukan tidak mungkin dapat menjadi sebuah penelitian. Ini akan menjadi karya original dengan temuan baru yang monumental.

Semua langkah yang telah dijelaskan  sebenarnya mempunyai tujuan penting yaitu menemukan judul kreatif dan orisinal. Biasanya, mahasiswa yang bisa menemukan ide kreatif dalam penulisan skripsi dapat mempermudah proses penyelesaian skripsinya. Sebab selama ini skripsi maupun tesis hanya mengulang karya mahasiswa sebelumnya, tanpa ada inovasi yang berarti, hal seperti ini membuat dosen pembimbing bosan.(mrg)-Herdiyanti Rohana

Sumber: okezone.com, Rabu, 28 November 2012 18:30 wib

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Tips Aman dari Peretasan Whatsapp

Dalam beberapa hari terakhir, ramai diberitakan aplikasi percakapan Whatsapp dari ponsel sejumlah aktivis antikorupsi diretas. ...

%d blogger menyukai ini: