Iwan Taruna Terpilih sebagai Rektor Universitas Jember

- Editor

Kamis, 23 Januari 2020

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kepala Laboratorium Engenering Hasil Pertanian Universitas Jember Iwan Taruna terpilih menjadi Rektor Universitas Jember. Iwan akan menggantikan Mohammad Hasan yang telah menjabat Rektor Universitas Jember selama dua periode, pada 2012-2016 dan 2016-2020.

HUMAS UNIVERSITAS JEMBER–Kepala Laboratorium Engenering Hasil Pertanian Universitas Jember Iwan Taruna terpilih menjadi Rektor Universitas Jember menggantikan Mohammad Hasan.

Iwan mengantongi 75 suara dari total 137 suara dari Senat dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut rencana, Iwan akan dilantik di Jakarta sebelum masa jabatan Mohammad Hasan Sebagai Rektor Universitas Jember (Unej) berakhir pada 27 Januari.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

”Seluruh proses penjaringan, penyaringan, ada pemilihan sudah dilaksanakan. Semula ada 10 kandidat calon rektor. Dalam perjalanan, dua orang didiskualifikasi dan satu orang mengundurkan diri karena terpilih menjadi Wakil Ketua KPK,” ujar Mohammad Ali selaku Ketua Penyaringan dan Penjaringan Rektor Unej dalam rilis yang diterima Kompas, Selasa (22/1/2019).

HUMAS UNIVERSITAS JEMBER–Penghitungan suara dalam Pemilihan Rektor Universitas Jember, Rabu (22/1/2020). Kepala Laboratorium Engenering Hasil Pertanian Universitas Jember Dr Ir Iwan Taruna M.Eng terpilih menjadi Rektor Universitas Jember menggantikan Drs Mohammad Hasan M.Sc, Ph.D

Dalam rapat senat tertutup pemilihan rektor Unej, ada tiga nama yang menjadi kontestan. Selain Iwan, ada nama Drs Zulfikar, Ph.D dan Prof Drs Dafik M.Sc, Ph.D.

Hasil penghitungan suara, Iwan memperoleh 75 suara. Jumlah tersebut mengungguli Zulfikar yang mengantongi 51 suara dan Dafik yang mengumpulkan 11 suara.

Ali mengatakan, jumlah total suara 137 tersebut didapat dari 89 orang senat yang hadir, ditambah 48 suara Mendikbud. Jatah 48 suara Mendikbud tersebut didapat dari penghitungan 35 persen dari jumlah senat yang hadir.

”Rektor yang baru akan dilantik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta. Masa Jabatan rektor saat ini (Mohammad Hasan) akan berakhir pada 27 Januari. Pelantikan mungkin akan dilakukan maksimal 27 Januari,” tuturnya.

Sementara Iwan Taruna menyambut gembira hasil pemilihan rektor Unej. Ia berjanji akan meneruskan hal-hal baik yang dilakukan rektor periode sebelumnya dan akan memperbaiki dan meningkatkan beberapa hal yang perlu dibenahi.

”Saya akan fokus menghasilkan lulusan berkualitas, meningkatkan kapasitas dosen, kreativitas keilmuan yang produktif dan tata kelola kampus yang baik,” ujarnya.

HUMAS UNIVERSITAS JEMBER–Pemungutan suara dalam Pemilihan Rektor Universitas Jember, Rabu (22/1/2020). Kepala Laboratorium Engenering Hasil Pertanian Universitas Jember Iwan Taruna terpilih menjadi Rektor Universitas Jember menggantikan Mohammad Hasan.

Oleh ANDREAS BENOE ANGGER PUTRANTO

Editor: GREGORIUS FINESSO

Sumber: Kompas, 22 Januari 2020

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 25 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB