Industri Buku Berubah

- Editor

Jumat, 9 Januari 2015

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kekuatan Pasar Ikut ”Mendikte” Bacaan
Industri penerbitan buku di Indonesia berubah drastis dengan kian terbuka dan beragam. Itu tecermin dari semakin banyak pilihan literasi cetak di pasaran. Namun, tak jarang kekuatan pasar ikut ”mendikte” tawaran jenis buku.


”Dunia penerbitan berubah drastis sejak tiga hingga empat tahun lalu. Sekarang ini mudah sekali bagi penulis untuk menerbitkan karyanya,” ujar novelis Bernard Batubara, yang dikenal dengan nama pena Benzbara, ketika dihubungi di Yogyakarta, Kamis (8/1).

Benzbara menuturkan pengalamannya berusaha menerbitkan buku pada 2007. Saat itu, industri penerbitan hanya memiliki sejumlah penerbit besar dan penerbit yang sudah memiliki reputasi. Penerbit-penerbit itu memiliki seleksi ketat berdasarkan standar tertentu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di samping itu, jalur agar naskah bisa diterbitkan masih sedikit, antara lain dengan mengirim naskah ke penerbit, atau mengikuti lomba menulis yang diselenggarakan penerbit. ”Kemungkinan lolos seleksi atau memenangi lomba kecil karena banyak penulis yang bersaing, sementara penerbit memiliki kuota,” kata penulis yang sudah menerbitkan tujuh novel itu.

Bermula media sosial
Menurut Benzbara, keadaan berubah pada tahun 2011. Ia berpendapat, pada masa itu, penerbit mulai melirik keberadaan media sosial digital. Bahkan, Benzbara mendapat tawaran untuk mencetak karyanya setelah sebuah penerbit membaca blog milik dia. Sekarang, di pasaran, buku-buku yang berasal dari penulis yang besar di media sosial kian menjamur.

Hal senada diungkapkan sastrawan Eka Kurniawan. Penulisan buku kini ditargetkan kepada pembaca yang spesifik.

”Secara umum, buku apa pun, tentu baik untuk industri perbukuan. Kita membutuhkan industri buku yang sehat, dan industri yang sehat tentu mengasumsikan mereka menghasilkan produk yang dijual, tanpa mengorbankan kualitas,” ujarnya.

Kekuatan pasar
Meskipun industri penerbitan berkembang, hal tersebut juga memiliki dampak negatif. Banyaknya jumlah judul baru membuat waktu pajang buku-buku di toko semakin berkurang. Asisten Manajer Toko Buku Gramedia Cabang Matraman Dewi Ratnasari mengatakan, dalam satu bulan ada 1.000 hingga 2.000 judul baru yang masuk.

Target penjualan setiap judul berbeda-beda, tergantung jumlah eksemplar yang ada. Ketika buku baru tidak mengenai target penjualan dalam satu bulan, buku tersebut dipindahkan ke rak belakang.

Penulis buku umum yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali menjelaskan, situasi itu tidak menguntungkan bagi penulis. Mereka tidak memiliki kesempatan untuk menunjukkan karya kepada para calon pembaca. Padahal, tidak semua penerbit ataupun toko buku mau mempromosikan buku tersebut.

”Perlu kerja sama dan pengertian dari penerbit dan toko buku. Mereka idealnya membaca dan memahami gagasan yang disampaikan buku tersebut. Apabila sesuai dengan selera pasar atau memiliki pesan penting kepada masyarakat, tentu harus dibantu dengan promosi,” ujar Rhenald.

Oleh karena itu, campur tangan penerbit dan toko tetap krusial karena mereka memiliki jangkauan luas di masyarakat. Di samping itu, masyarakat juga perlu semakin menyadari pilihan literasi yang tersedia untuk mereka. (DNE)

Sumber: Kompas, 9 Januari 2015

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 1 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB