Home / Berita / Indonesia-Amerika Serikat Jalin Kerja Sama Iptek dan Inovasi

Indonesia-Amerika Serikat Jalin Kerja Sama Iptek dan Inovasi

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir memimpin Delegasi Republik Indonesia (DelRI) dalam pertemuan keempat Komite Iptek RI-AS di Department of State, Bureau of Ocean and International Environmental and Scientific Affairs, Washington DC, Amerika Serikat pada 21-24 Mei 2018.

Komite Iptek RI-AS yang dibentuk sejak 2012 ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama Iptek RI-AS yang ditandatangani pada 2010. Komite Iptek RI-AS ini beranggotakan Tim Pengarah Iptek dari kedua negara yang menentukan kebijakan iptek prioritas dan program program kerja sama iptek berdasarkan minat bersama dengan memperhatikan kepentingan dan keuntungan serta manfaat bagi kedua negara.

DelRI terdiri dari Sekjen Kemristek dan Dikti Ainun Na’im, Dirjen Penguatan Risbang Muhammad Dimyati, Karo Kerja Sama dan Kompublik Nada Marsudi, Kepala BMKG Dwi Korita, perwakilan KBRI untuk AS di Washington DC Bhimo Widyo Andoko dan Ronald.

ARSIP/KEMRISTEK DAN DIKTI–Delegasi Republik Indonesia dan delegasi Amerika Serikat dalam pertemuan keempat Komite Iptek RI-AS di Department of State, Bureau of Ocean and International Environmental and Scientific Affairs, Washington DC, Amerika Serikat.

Ada pun delegasi AS dipimpin Judith G Garber, Senior Bureau Official dan Jonathan Margolis, Deputy Assistant Secrrtary for Science, Space and Health. Delegasi AS juga terdiri dari pejabat tinggi dari United States Agency for International Division (USAid), National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), National Science Foundation (NSF), United State Fish and Wildlife Service (UNFWS), United States Geological Survey (USGS) dan Department of Health and Human Services (DHHS).

Dalam pertemuan tersebut didiskusikan topik-topik iptek dan inovasi, antara lain tentang kelautan, atmosferik dan ilmu kebumian; lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati; program pendukung iptek inovasi dan kewirausahaan, serta topik lintas sektoral.

Kedua negara menyatakan apresiasi atas kerja sama iptek dan inovasi yang telah terjalin dengan baik selama ini dan bersepakat akan meningkatkan kolaborasinya dengan semua pihak yang terkait di RI dan AS.

Pada kesempatan tersebut, Nasir mengunjungi NASA, NOAA dan NSF, melakukan pertemuan dengan USINDO dan PERMIAS. Nasir yang juga didampingi Duta Besar RI untuk AS Budi Bowoleksono, bertemu dengan dengan Marie Royce, Assistant Secretary Bureau of Educational and Cultural Affairs DOS pada 23 Mei 2018 guna membicarakan sektor kerja sama pendidikan tinggi. (IKA)

 

Sumber: kompas, 28 Mei 2018

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Tiktok dan ”Techno-nationalism”

Bytedance-Oracle-Walmart sepakat untuk membuat perusahaan baru yang akan menangani Tiktok di AS dan juga seluruh ...

%d blogger menyukai ini: