Home / Berita / Google: Tahun 2018, Anak Muda Mencari Kebaikan

Google: Tahun 2018, Anak Muda Mencari Kebaikan

Tahun 2018 dipercaya menjadi momen bagi bangkitnya karya-karya anak muda Indonesia. Hal ini tercermin pada data penelusuran Google yang dilakukan masyarakat Indonesia selama setahun terakhir. Hasil penelusuran menunjukkan adanya semangat untuk membantu sesama, menginspirasi, dan mengharumkan bangsa dan negara.

“Terlihat melalui penelusuran Google 2018 bahwa tahun ini menjadi momen anak muda berkarya untuk membawa kebaikan, menginspirasi, dan mengharumkan nama Indonesia,” kata Mira Sumanti, Search Marketing Manager Google Indonesia dalam konferensi pers “Google’s 2018 #YearInSearch” yang digelar di Jakarta pada Kamis (13/12/2018) siang.

Mira mengatakan, sejumlah momen sulit mewarnai perjalanan Indonesia selama setahun terakhir. Dalam kurun beberapa waktu terjadi beberapa musibah dan bencana alam, seperti Gempa Lombok, Tsunami dan Gempa Sulawesi Tengah, hingga kecelakaan pesawat Lion Air.

Meski demikian, musibah tersebut, menurut Mira, juga mempersatukan masyarakat Indonesia, untuk berinisiatif saling memberikan bantuan dan saling mendukung melalui berbagai gerakan dan inisiatif sosial. Banyak penelusuran untuk mencari cara dan metode untuk membantu para korban musibah.

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI–Search Marketing Manager Google Indonesia Mira Sumanti dalam konferensi pers “Google’s 2018 #YearInSearch” di Jakarta pada Kamis (13/12/2018) siang. Berdasarkan data penelusuran yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia selama 2018, Mira melihat bahwa ada semangat untuk membantu sesama, menginspirasi, dan mengharumkan bangsa dan negara.

“Ini adalah momen generasi muda berkarya untuk membawa kebaikan bagi Indonesia,” kata Mira. Tergerak dengan semangat itu pun, Mira mengatakan, Google merilis fitur pencarian korban dan SOS Alert untuk bisa mencari informasi dari keberadaan sanak saudara yang hilang.

Kreasi konten yang inspiratif pun juga mewarnai lanskap internet Indonesia. Melihat hasil tren penelusuran di beberapa kategori, banyak kreator Youtube, musisi, penulis, dan sineas yang menginspirasi masyarakat Indonesia dengan karya-karya mereka.

“Contohnya lagu “Karna Su Sayang” menjadi penelusuran yang populer,” kata Mira.

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI–Lagu “Karna Su Sayang” menjadi banyak ditelusuri melalui Google oleh masyarakat Indonesia selama 2018.

Tahun 2018 juga diwarnai dengan berbagai prestasi olahraga di Indonesia. Pesta olahraga Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang menjadi salah satu penelusuran paling populer, kata Mira. Nama atlet dan olahragawan pun muncul sebagai salah satu penelusuran terpopuler seperti Jonathan Christie dan Kevin Sanjaya, Tim Nasional Sepakbola U23.

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI–Pesta olahraga Asian Games 2018 menjadi salah satu penelusuran terpopuler selama 2018 di Indonesia.

Mira mengatakan, metode penentuan ini bukan sekadar menghitung search term yang paling banyak digunakan selama 2017, akan tetapi dilihat perbandingannya dibandingkan 2017.

“Metode ini konsisten dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau hanya sekadar melihat yang paling banyak dicari itu malah tidak representatif. Untuk menggambarkan tren, harus melihat kenaikan penelusurannya itu,” kata Mira.

Daftar Top Trending Search 2018 diperoleh berdasarkan penelusuran sampai 28 November 2018 dan tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas hasil penelusuran.

GOOGLE INDONESIA–Google Indonesia Top Trending Search 2018

Secara umum, kompetisi sepakbola mendominasi daftar Top Trending Searches 2018 Indonesia dengan 7 topik, yakni: Piala Dunia Russia, Piala AFF, Liga 1 Indonesia, Liga Champions Asia, Liga Champions Eropa, dan Piala Presiden 2018.

Dunia musik juga menempati posisi ini yakni lagu “Karna Su Sayang”, penyanyi Nissa Sabyan, lagu “Deen Assalam”, lagu “Meraih Bintang” yang dinyanyikan oleh Via Vallen, “Lagi Syantik” yang dinyanyikan Siti Badriah, dan lagu “Bukti” yang dinyanyikan oleh Virgoun.

Topik lain adalah pesta olahraga Asian Games 2018, ajang pencarian bakat Indonesian Idol, dan film “Dilan 1990”.

Mira mengatakan, daftar Top Trending Search menampilkan lebih banyak topik; dari 10 topik pada 2017 menjadi 15 item pada 2018. “Berdasarkan masukan, banyak orang yang menginginkan ingin mengetahui lebih banyak lagi selain 10 topik yang populer, jadi kami tambah menjadi 15 entry,” kata Mira.

Selain secara umum, Top Trending Searches 2018 juga dibagi menjadi enam kategori, yakni: tokoh, peristiwa nasional, selebriti, peristiwa hiburan, lagu, dan film.

Dalam kategori Tokoh, terdapat nama-nama seperti Jokowi, Prabowo, Tim Nasional U23, Ma’ruf Amin, Sandiaga Uno, Khabib Nurmagomedov, Mahfud MD, Ahok, Ratna Sarumpaet, Kevin Sanjaya, Erick Thohir, Ustadz Abdul Somad, Rocky Gerung, Grace Natalie, dan Jonathan Christie.

Untuk kategori Peristiwa Nasional, bencana alam dan musibah mendominasi Top Trending Searches 2018, yakni Bom Surabaya, Pesawat Lion Air, Gempa dan Tsunami Palu, Kapal Tenggelam di Danau Toba, Merapi Meletus, Gempa Lombok, Gerhana Bulan, Pilkada 2018, Pilpres 2019, Sidang Isbat Idul Fitri, Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Rafflesia Arnoldi di Bengkulu, Gunung Agung Meletus, Perceraian Ahok, dan Gempa Situbondo.

Dalam kategori Selebriti, terdapat nama-nama pesohor seperti Nissa Sabyan, Marion Jola, Lucinta Luna, grup musik Blackpink, Jennifer Dunn, Roro Fitria, Putri Marino, Maia Estianty, Bowo, Meghan Markle, Freddie Mercury, DJ Aisyah, Roy Kiyoshi, Kartika Putri, dan Fiki Alman.

Untuk kategori film, terdapat film “Dilan 1990”, “Avengers Infinity War”, “The Nun”, “Black Panther”, “Venom”, “Deadpool 2”, “Crazy Rich Asian”, “A Quiet Place,” “The Meg”, “Mile 22”, “A Man Called Ahok”, “Jurassic World”, “Rampage”, dan “Insidious The Last Key”.

Dalam kategori Lagu, terdapat judul-judul seperti “Karna Su Sayang”, “Deen Assalam”, Via Vallen – “Meraih Bintang”, “Lagi Syantik”, Virgoun – “Bukti”, Anji – “Menunggu Kamu”, Ed Sheeran – “Perfect”, Camila Cabello – “Havana”, “Jaran Goyang”, “Korban Janji”, “Ya Habibal Qolbi”, Calum Scott – “You Are The Reason”, Joseph Vincent – “I Need You Baby”, Payung Teduh – “Akad”, Queen – “Bohemian Rhapsopdy”.

Untuk kategori “Peristiwa Hiburan”, terdapat peristiwa-peristiwa Indonesian Idol, Indonesian Idol Junior, Meteor Garden 2018, Chandra Nandini, Best Nine 2017, Goyang Dua Jari, Museum Macam, Kata-kata Dilan, Baju Lebaran, Mobile Legends, Gombalan Bikin Baper, Kebaya Modern, Tayo, Honey Honey Wedding, dan Cinta Suci.–SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Sumber: Kompas, 14 Desember 2018

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Kenormalan Baru Jangan Jadi Abnormal Lagi

Pelonggaran pembatasan sosial berskala besar demi aktivitas ekonomi harus dilakukan secara hati-hati dengan kajian epidemiologis. ...

%d blogger menyukai ini: