Home / Berita / Google akan Sediakan Informasi Terbaru tentang Asian Games

Google akan Sediakan Informasi Terbaru tentang Asian Games

Asian Games akan segera digelar. Diperkirakan akan ada ribuan pengunjung dari 45 negara yang datang ke Indonesia. Mereka akan membutuhkan teknologi digital untuk dapat mengetahui informasi seputar Asian Games dan segala yang ada di Indonesia.

Salah satu teknologi digital yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu beberapa aplikasi yang dikeluarkan oleh Google. Pengunjung akan mendapatkan segala informasi terkait Asian Games dengan mengetik kata kunci “Asian Games”.

KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO–Orang dapat mencari segala informasi terkait Asian Games melalui penelusuran di Google. Dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/8/2018), google telah menyediakan fitur-fitur yang akan membantu orang menikmati Asian Games.

Google akan memberikan informasi terbaru terkait Asian Games. Mulai dari informasi hasil pertandingan semua olahraga yang dilombakan dalam Asian Games hingga perolehan medali

Product Marketing Manager Google Search Mira Sumanti mengatakan, Google akan memberikan informasi terbaru terkait Asian Games. “Mulai dari informasi hasil pertandingan semua olahraga yang dilombakan dalam Asian Games hingga perolehan medali,” kata Mira dalam konferensi di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO–Mira Sumanti

Data tersebut diperoleh langsung dari Inasgoc sebagai penyelenggara Asian Games 2018. Selain mencari informasi di penelusuran Google, orang dapat melihat cuplikan pertandingan di Youtube.

Strategic Partnerships Manager Youtube Indonesia Geri Azriel Siddik mengatakan, cuplikan pertandingan tersebut dilengkapi dengan komentator. Cuplikan pertandingan tersebut akan membantu orang yang tidak dapat melihat secara langsung. “Video tersebut resmi dari pemegang hak siar dan diunggah kurang dari satu jam setelah pertandingan usai,” kata Geri.

Bagi pengunjung yang tidak dapat berbahasa Indonesia dapat memanfaatkan mode percakapan di Google Translate untuk berbincang-bincang. Saat ini, Google Translate menyediakan 103 bahasa, sehingga hampir semua bahasa dari negara yang berpartisipasi di Asian Games ada di fitur tersebut.

Mira mengatakan, fitur Google Translate akan membantu pengunjung yang datang ke Indonesia untuk bercakap-cakap. Di sisi lain, orang Indonesia yang tidak mengetahui bahasa dari lawan bicaranya, dapat memberikan informasi dengan benar. “Ia hanya perlu menanyakan asal negara dan Google Translate akan membantu menghubungkan dengan bahasa yang dipilih,” kata Mira.

Google Translate dapat digunakan melalui percakapan langsung, menggunakan tulisan tangan, atau dengan mengetik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan menggunakan suara.

Pengunjung yang datang ke Indonesia juga dapat melihat bangunan atau daerah yang hendak dituju dengan fitur yang ada di Google Maps. Sebagai contoh, orang dapat melihat dan menelusuri Stadion Gelora Bung Karno (GBK) secara jelas melalui fitur Indoor Maps dan Street View yang ada di Google Maps. Ada lebih dari 25 tempat yang akan digunakan untuk arena perlombaan Asian Games dapat dijelajahi dengan menggunakan fitur ini.

Strategic Partnerships Manager Google Maps Steven Tannason mengatakan, pada layanan Google Maps, orang juga dapat mencari informasi terkait kuliner di suatu daerah. Informasi tersebut diperoleh dari pengunjung lokal yang pernah mendatangi tempat kuliner tersebut.

Kepala Komunikasi Google Indonesia Jason Tedjasukmana mengatakan, bagi pengunjung yang ingin menjelajahi tempat wisata di Indonesia dapat menggunakan Google Earth. Di fitur ini, terdapat sepuluh tujuan wisata favorit di Indonesia.

KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO–Jason Tedjasukmana

Fitur khusus
Dengan menggunakan Google Maps, orang juga dapat mencari alamat yang hendak dituju bersama dengan salah satu maskot Asian Games, yaitu Atung. Ia akan menunjukkan rute terbaik sesuai dengan kondisi terbaru, seperti aturan ganjil genap atau pengalihan arus lalu-lintas.

Indonesia merupakan negara pertama yang memiliki ikon navigasi khusus yang dirancang untuk merayakan Asian Games. Pengguna Google Maps juga dapat mengikuti kirab obor yang telah tiba di Jakarta pada 15 Agustus dan akan sampai di GBK pada 18 Agustus.

KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO–Orang dapat menelusuri Google Maps untuk menemukan daerah yang dituju dengan diarahkan oleh salah satu maskot Asian Games, yaitu Atung

Jason menambahkan, di Google Play Store, pengunjung juga dapat mengunduh berbagai permainan dan aplikasi terkait dengan Asian Games.–PRAYOGI DWI SULISTYO

Sumber: Kompas, 15 Agustus 2018

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Tiktok dan ”Techno-nationalism”

Bytedance-Oracle-Walmart sepakat untuk membuat perusahaan baru yang akan menangani Tiktok di AS dan juga seluruh ...

%d blogger menyukai ini: