Home / Berita / Gerakan Global Belajar Pemrograman Komputer Segera Dimulai

Gerakan Global Belajar Pemrograman Komputer Segera Dimulai

Gerakan global satu jam belajar pemrograman komputer (coding) di Indonesia bakal segera dimulai pada akhir pekan depan. Gerakan bertajuk “Hour of Code Indonesia” yang akan dilangsungkan bersamaan secara global pada 20 Desember itu bakal dimulai rangkaiannya pada Sabtu (12/12).

Kegiatan itu bertajuk “Family Games Marathon” yang akan diselenggarakan di Pantai Indah Kapuk, Mal Ciputra Cibubur, Mal Artha Gading, dan Kuningan City. Pada 12, 13, 19, dan 20 Desember itu, tim-tim yang terdiri atas para orangtua dan anak-anak mereka bakal berlomba mencari enam pos tersembunyi dalam pusat belanja.

34e7f7e8d78949b2a22c75a64bcba1aeDIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO–Anak-anak usia 6-18 tahun sedang membuat program untuk mengikuti “Imagine Cup Earth: Code for NASA Science Contest” yang diselenggarakan Clevio dan Microsoft Indonesia di BEJ Tower 2, Jakarta, Sabtu (19/9). Belajar membuat program membuat anak memahami logika.

Di setiap pos, mereka akan menemukan sejumlah permasalahan dalam games yang mesti dipecahkan bersama keluarga. Mereka akan bermain dengan melakukan pemrograman sejumlah game populer, seperti Minecraft, Angry Birds, Frozen, dan Star Wars, dengan keluarga tercepat dalam menyelesaikan permasalahan bakal menjadi pemenangnya.

951853f704fc49968d62b4affb96e499KOMPAS/INGKI RINALDI–Sebagian aktivitas dalam kompetisi bertajuk “Imagine Cup Earth: Code for NASA Science Contest” di Markas Microsoft Indonesia, Lantai 18, BEJ Tower 2, Jakarta, Sabtu (19/9). Kompetisi itu diselenggarakan Microsoft dan menyalurkan kemampuan dan bakat para coder cilik.

Country Leader Hour of Code Indonesia Aranggi Soemardjan menjelaskan, misi kegiatan ini ialah untuk mengajak para coders turun gunung serta melakukan kolaborasi dengan para keluarga yang relatif awam teknologi. “Tidak untuk menonton atau mendegarkan ceramah, tetapi untuk bertualang, bermain, dan menemukan sendiri (discovery). Kami ingin membuka peluang dengan sense of wonder, sense of enablement, dan curiosity for more. Bahwa bermain adalah belajar, bukan bermain “sambil” belajar,” tutur Aranggi.

Adapun Hour of Code Indonesia mulai ditetapkan sejak 14 Oktober 2015 sebagai bagian gerakan global dengan lebih dari 180 negara terlibat di dalamnya. Sebuah lembaga nonprofit code.org yang berasal dari Amerika Serikat telah memulai gerakan Hour of Code pada Desember 2013.

INGKI RINALDI

Sumber: Kompas Siang | 1 Desember 2015

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: