Home / Berita / Dua Spesies Baru Begonia Dipublikasikan

Dua Spesies Baru Begonia Dipublikasikan

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan dua spesies baru dari tanaman begonia yang diberi nama Begonia Olivacea Ardi dan Begonia Simolapensis Ardi. Keduanya endemik Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara, salah satu situs warisan dunia yang menyimpan kekayaan flora dan fauna. Temuan kedua jenis tanaman ini kembali menambah keanekaragaman flora Indonesia.

”Dua flora jenis baru itu tumbuh berkelompok dan berdekatan dengan bebatuan karst,” kata Wisnu H Ardi, Peneliti Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI, Jumat (15/1) di Jakarta. Penemuan jenis baru ini kerja sama eksplorasi antara Royal Botanic Gardens Edinburgh, Inggris, dengan PKT Kebun Raya Bogor sejak 2011. Kedua tanaman ini berpotensi dikembangkan jadi tanaman hias. Jenis baru ini dipublikasikan dalam makalah yang diterbitkan di European Journal of Taxonomy, Desember 2015, dengan kolaborasi penelitian dengan Deden Girmansyah (peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI) dan Mark Hudges (Royal Botanic Gardens Edinburgh). (*/ICH)
—————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 18 Januari 2016, di halaman 14 dengan judul “Kilas Iptek”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Melihat Aktivitas Gajah di Terowongan Tol Pekanbaru-Dumai

Sejumlah gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) melintasi Sungai Tekuana di bawah terowongan gajah yang dibangun ...

%d blogger menyukai ini: