Home / Berita / Bahasa Jadi Medium Industri Kreatif

Bahasa Jadi Medium Industri Kreatif

Masyarakat Indonesia perlu menyosialisasikan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal itu, antara lain, karena bahasa Indonesia menjadi medium dalam industri kreatif.

”Bahasa memainkan peran dalam proses kreatif olah pikir, rasa, imajinasi, dan renungan untuk memberikan nama, informasi, promosi atau iklan industri. Selain itu, merek dagang, usaha atau jasa, bangunan, permukiman, petunjuk lalu lintas, wisata, dan grafiti juga menggunakan medium bahasa Indonesia,” tutur Profesor Riset Dendy Sugono dari Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Kamis (29/5).

Gagasan tentang peran dan kekuatan bahasa Indonesia dalam industri kreatif kebahasaan itu telah disampaikan dalam orasi pengukuhannya sebagai Profesor Riset di Badan Bahasa Kemdikbud, Jakarta Timur, Jumat (23/5) pekan lalu.

industri-kreatifSebelumnya, Dendy telah melakukan penelitian tentang industri kreatif berdaya dukung bahasa, seperti kreativitas olah kata usaha kaus Dagadu Yogyakarta, Joger Bali, dan Celoteh Aceh. Industri ini dinilai bisa mengkreasikan kearifan lokal kemudian menyebarluaskan pesan baik kepada masyarakat. Pada tahun politik ini, bahasa Indonesia juga digunakan untuk berkampanye.

”Pesan yang ditulis dalam kaus itu memiliki kekuatan mengingatkan orang, menggelitik, dan bisa menyebarkan pesan-pesan kebaikan,” ujar Dendy.

Sosialisasi berbahasa dengan baik dan benar dapat dilakukan di setiap bidang kehidupan masyarakat, misalnya dalam papan nama jalan, tempat wisata, angkutan transportasi. Produk-produk lokal yang diekspor hingga luar negeri seharusnya juga menggunakan nama unik asli Indonesia.

Pelaku industri kreatif permainan dalam jaringan (online) PJ Game Studio, Ficky Julyansyah (31), setuju dengan usulan Badan Bahasa menyosialisasikan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pengembang permainan daring itu sudah melakukannya dalam nama permainan yang ia jual dan pilihan bahasa yang dicantumkan. Ia membuat pengaturan permainan minimal dua versi bahasa, yaitu Inggris dan Indonesia. Permainan yang ia buat diberi nama Kata Ball (Bola Kata) dan Election Game Story. (A13)

Sumber: Kompas, 30 Juni 2014

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

”Techtember”, September yang Penuh Teknologi

Techtember, begitulah bulan September tahun ini disebut. Pada bulan ini, para pemain besar teknologi dan ...

%d blogger menyukai ini: