Home / Berita / 2.000 WiFi.ID Corner di Jatim-Bali-Nusra Hilangkan Kesenjangan Digital

2.000 WiFi.ID Corner di Jatim-Bali-Nusra Hilangkan Kesenjangan Digital

Telkom Regional V Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara menggenjot pembangunan WiFi.ID Corner di berbagai lokasi. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan akan akses internet kecepatan tinggi. Tak kurang dari 2.000 WiFi.ID Corner dihadirkan di kantor Telkom, alun-alun dan taman kota, perumahan, sekolah, kampus, serta pusat perbelanjaan di wilayah itu. Bahkan juga di pelabuhan perikanan, seperti Pelabuhan Perikanan Pasongsongan, Sumenep, Madura.

“WiFi.ID Corner dipasang di lokasi tempat berkumpulnya para netter atau komunitas pengguna internet. Kecepatan koneksi sampai 100 Mbps merupakan pertama di Indonesia,” kata Vice President Consumer Marketing and Sales Telkom Jemy V Confid di Surabaya, Sabtu (26/12). Secara nasional, jumlah WiFi.ID Corner mencapai 6.500 di berbagai lokasi.

Demi memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang, Telkom akan memperluas lokasi dan jangkauan layanan WiFi.ID ke seluruh Indonesia.

Executive Vice President Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Iskriono Windiarjanto menambahkan, Telkom berupaya menghilangkan kesenjangan digital pada masyarakat, khususnya di wilayah Jatim Bali Nusra dengan terus memperbanyak lokasi WiFi.ID dan WiFi.ID Corner. Khususnya untuk area yang sudah tercakup jaringan fiber optik.

Pembangunan jaringan fiber optik dilakukan Telkom untuk mempercepat pemerataan akses broadband karena akses ini menjadi salah satu pendorong percepatan pembangunan ekonomi di Indonesia. Apalagi, berdasarkan survei, setiap kenaikan penetrasi broadband sebesar 10 persen akan berdampak pada 1,38 persen produk domestik bruto penduduknya.

90e114b6bd56448d99cbdce3dfda37efKOMPAS/AGNES SWETTA PANDIA–WiFi.ID Corner dipasang oleh Telkom Regional V Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara di berbagai lokasi tempat berkumpulnya para netter atau komunitas pengguna internet. Kecepatan koneksinya sampai 100 Mbps. Ketersediaan berbagai gawai di pasaran, seperti laptop, tablet, dan telepon seluler, menumbuhkan kebutuhan tinggi terhadap lokasi dengan akses WiFi.ID atau WiFi.ID Corner, sebagaimana tampak di WiFi.ID Corner STO Klojen, Malang, awal Desember lalu.

Telkom sangat mendukung upaya pembangunan infrastruktur broadband ini karena sesuai dengan tekad pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan infrastruktur di Indonesia.

Iskriono menambahkan, pembangunan infrastruktur untuk konektivitas yang dilakukan Telkom sangat ditunjang oleh peralatan yang beredar di pasaran. Apalagi, banyak perangkat elektronik yang dilengkapi konektivitas ke jaringan Wi-Fi, seperti telepon seluler, televisi, kamera digital, surveillance camera, personal computer, dan berbagai gawai lain menumbuhkan kebutuhan tinggi terhadap lokasi dengan akses WiFi.ID atau WiFi.ID Corner di area Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara.

383a9e79af9947179a095f085ee52136WiFi.ID Corner dihadirkan di berbagai lokasi seperti kantor Telkom, alun-alun dan taman kota, perumahan, sekolah, kampus, serta pusat perbelanjaan. Seperti WiFi.ID Corner di Jalan Kapuas, Surabaya, yang diambil gambarnya beberapa waktu lalu.–KOMPAS/AGNES SWETTA PANDIA

ce2eb491fec74d79824d80dc222ba4b2Telkom Regional V Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara menggenjot pembangunan WiFi.ID Corner di berbagai lokasi. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan akan akses internet kecepatan tinggi. Tak kurang dari 2.000 WiFi.ID Corner dihadirkan, antara lain WiFi.ID Corner di STO Klojen, Malang, sebagaimana tampak awal Desember lalu.–KOMPAS/AGNES SWETTA PANDIA

Sekarang di pasaran bahkan ada PC tablet yang hanya menyediakan konektivitas menggunakan Wi-Fi, tanpa menyediakan konektivitas melalui mobile broadband (3G atau 4G). WiFi.ID Corner adalah lokasi dengan akses WiFi.ID yang berkecepatan sampai 100 Mbps. Di beberapa lokasi WiFi.ID Corner, Telkom menambah kecepatan di atas 100 Mbps karena banyak pengguna yang mengakses pada saat bersamaan. WiFI.ID Corner juga menyediakan tempat yang cukup nyaman untuk duduk, dilengkapi dengan catuan listrik yang biasanya sangat dibutuhkan. Pada beberapa lokasi WiFi.ID Corner juga diselenggarakan hiburan pada waktu tertentu, juga acara nonton bareng sebagai apresiasi kepada para pelanggan.

Cepat dan stabil
Ada banyak sebab mengapa makin banyak orang membutuhkan koneksi Wi-Fi sehingga kebutuhan akan adanya lokasi dengan akses WiFi.ID atau WiFi.ID Corner menjadi tinggi. Berdasarkan beberapa penelitian, di antaranya penelitian yang dilakukan di Singapura, koneksi melalui jaringan Wi-Fi cenderung lebih cepat dan stabil.

Di Indonesia, pengguna akses internet memilih menggunakan WiFi, terutama saat bepergian, karena beberapa alasan. Pertama, koneksi Wi-Fi cenderung lebih cepat dan stabil. Kedua, ada keterbatasan paket internet pada ponsel, terutama pada batasan kuota, sedangkan koneksi Wi-Fi biasanya tidak dibatasi dengan volume pemakaian.

Bagi pelanggan IndiHome, kehadiran layanan ini memberikan nilai tambah karena akses internet tidak hanya didapatkan di rumah, tetapi juga saat bepergian, terutama di lokasi-lokasi access point WiFi.ID di seluruh Indonesia, dengan biaya yang sangat hemat. Jika lokasi yang menyediakan akses internet sampai kecepatan 100 Mbps di seluruh Indonesia ada di 6.500 lokasi, maka lokasi-lokasi dengan jaringan WiFi.ID telah tersebar di lebih dari 100.000 lokasi di seluruh Indonesia.

Untuk menggunakan jaringan WiFi.ID kini semakin mudah lewat beberapa macam cara. Pertama, menggunakan voucher WiFi.ID yang tersedia dalam bentuk kartu (fisik) dan elektronik. Voucher kartu bisa diperoleh di beberapa lokasi access point (AP) WiFi.ID. Adapun voucher elektronik dengan mudah didapatkan dengan cara mengirimkan SMS ke nomor 98108, dengan format: NET 5000 untuk mendapatkan koneksi selama 12 jam. Selain itu tersedia voucher denominasi Rp 20.000 untuk akses internet selama 7 hari (7 x 24 jam) dan Rp 50.000 untuk akses internet selama 30 hari (30 x 24 jam). User name dan password akan dikirimkan melalui SMS. Bagi pelanggan IndiHome disediakan paket add-on (layanan tambahan) berupa koneksi WiFi.ID unlimited cukup dengan biaya berlangganan Rp 10.000 per bulan per perangkat.

AGNES SWETTA PANDIA

Sumber: Kompas Siang | 26 Desember 2015

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Antisipasi Risiko Tsunami di Selatan Jawa

Kajian terbaru menunjukkan potensi tsunami setinggi 20 meter di selatan Jawa. Hal itu menjadi momentum ...

%d blogger menyukai ini: