Home » Berita

Kirim 19 Siswa SMA ke Olimpiade Internasional

29 June 2010 957 views No Comment

Sembilan belas siswa SMA yang berprestasi dalam olimpiade sains tingkat nasional akan berangkat mengikuti olimpiade internasional. Dalam waktu berbeda, mereka akan berangkat mewakili Indonesia dalam empat olimpiade internasional.

Enam siswa akan berangkat ke Astana, Kazakstan, untuk mengikuti International Mathematical Olimpiad (IMO), 2-14 Juli. Lalu, empat siswa akan mengikuti International Biology Olimpiad (IBO) di Changwon, Korea Selatan, 10-18 Juli. Sedangkan lima siswa yang lain menuju Zagreb, Kroasia, untuk mengikuti olimpiade fisika pada 17-25 Juli. Terakhir, empat siswa tampil dalam International Chemistry Olimpiad (ICHO) di Tokyo, Jepang, 19-28 Juli.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M. Nuh sangat mendorong keikutsertaan para siswa berprestasi itu di ajang olimpiade internasional. Bahkan, Mendiknas siap memberikan beasiswa kepada para siswa tersebut untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

”Kami menyiapkan anggaran khusus untuk beasiswa studi di perguruan tinggi bagi mereka yang mengharumkan nama bangsa,” ungkap M. Nuh di kantornya kemarin (28/6).

M. Nuh mengatakan, tahun ini Kemendiknas menganggarkan dana untuk beasiswa hingga Rp 1 triliun. Beasiswa tersebut tidak hanya untuk siswa berprestasi di bidang akademik, tapi juga mereka yang berprestasi di bidang nonakademik. (nuq/c3/ari)

Sumber: Jawa Pos, 29 Juni 2010

Share

Leave a comment!

You must be logged in to post a comment.