Home / Berita / Indonesia Raih 6 Medali Olimpiade Matematika

Indonesia Raih 6 Medali Olimpiade Matematika

Pelajar sekolah menengah atas Indonesia meraih enam medali dalam Olimpiade Matematika Internasional (IMO) ke-52 di Amsterdam, Belanda, 12-24 Juli ini. “Tahun ini mereka berhasil memenuhi target meraih dua medali perak dan empat medali perunggu. Semua pelajar berhasil menyabet medali,” kata Hery Susanto, ketua tim Indonesia, dalam siaran persnya kemarin.

Medali perak diraih oleh Johan Gunadi dan Ivan Wangsa Cipta Lingga, keduanya siswa Sekolah Menengah Atas Kejuruan 5 BPK Penabur, Jakarta. Adapun peraih medali perunggu adalah Tobi Moektijono, siswa SMA Ipeka International Christian School Jakarta; Pramudya Ananto, siswa SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah; Ahmad Zaky, siswa SMAN 8 Jakarta; dan Stefanus, siswa SMAK 1 BPK Penabur Jakarta.

Hery mengatakan raihan medali tahun ini lebih baik dibanding perolehan tahun lalu. Pada IMO ke-51 di Kazakstan, tim Indonesia berada di peringkat ke-30 dari 96 negara serta meraih satu perak, empat perunggu, dan satu honorable mention. Menurut Hery, raihan medali ini menunjukkan kompetisi penyelenggaraan Olimpiade dalam negeri dan pembinaan siswa semakin baik.

Siswa asal Jerman, Lisa Sauermann, 18 tahun, menjadi juara dunia dalam kompetisi pelajar internasional di bidang matematika ini. Posisi kedua ditempati oleh Jeck Lim dari Singapura (40 poin).Tempat ketiga diisi oleh Lin Chen dari Cina (38 poin). Cina, Amerika Serikat, dan Singapura menjadi tim peraih medali terbanyak. RIRIN AGUSTIA

Sumber: Koran Tempo, Monday, 25 July 2011

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Belajar dari Sejarah Indonesia

Pelajaran sejarah Indonesia memang sangat menentukan dalam proses pendidikan secara keseluruhan. Dari sejarah Indonesia, siswa ...

%d blogger menyukai ini: