Home / Berita / Suplementasi Gula Mannose Perlambat Perkembangan Kanker

Suplementasi Gula Mannose Perlambat Perkembangan Kanker

Suplementasi gizi ternyata bisa memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker dan meningkatkan efek terapi tanpa merusak jaringan normal. Meski hal itu merupakan riset awal pada hewan coba, penelitian tersebut memberi harapan baru terhadap pengobatan kanker.

Hasil studi tersebut dipublikasikan di jurnal Nature. Menurut hasil uji coba pada tikus dengan kanker kulit, kanker paru, dan pankreas yang diberi mannose, jenis gula pada cranberi dan buah lain, memperlambat tumor tanpa efek samping berarti.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO–Rontgen Kanker Paru – Petugas medis menganalisa rontgen kanker paru pasien yang menjalani perawatan di Klinik Paru RSUP Persahabatan Jakarta, Jumat (3/3/2017). Sebanyak 90 persen pasien dengan kanker paru memiliki riwayat sebagai perokok.–Kompas/Wawan H Prabowo

Para peneliti berharap itu diuji pada manusia. Mannose, yang kadang digunakan untuk terapi infeksi saluran kemih, dianggap telah mengganggu kemampuan tumor tumbuh.

Penulis utama riset, Prof Kevin Ryan, dari Lembaga Riset Kanker Inggris, Beatson Institute, sebagaimana dikutip BBC, Rabu (21/11/2018), menyatakan, timnya menemukan dosis mannose yang memblokir glukosa untuk memperlambat pertumbuhan kanker pada tikus.-EVY RACHMAWATI

Sumber: Kompas, 26 November 2018

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Elang Hitam Penjaga Kedaulatan Negara

Penggunaan pesawat udara nirawak jadi tren global. Selain lebih murah, risiko pun kecil. Kini, saatnya ...