Home / Berita / Rhenald Kasali, Guru Manajemen Dunia

Rhenald Kasali, Guru Manajemen Dunia

Lembaga riset The Global Gurus menobatkan Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia Rhenald Kasali sebagai salah satu dari 30 guru manajemen kelas dunia. Penobatan dilakukan berdasarkan kriteria opini publik, orisinalitas ide, dampak yang dirasakan masyarakat atas ide itu, kegunaan ide, jumlah penerbitan karya ilmiah di jurnal internasional, dan kemampuan mempresentasikan ide.

Selain sebagai pendidik, Rhenald dikenal sebagai penggagas Rumah Perubahan, lembaga pelatihan untuk mengembangkan kemandirian dan kecakapan warga dalam berwirausaha. Ia juga rajin menerbitkan buku-buku panduan ekonomi dan perkembangan karakter bagi khalayak umum. ”Penghargaan ini berarti Indonesia dipandang penting oleh dunia. Jadi, akademisi harus lebih giat berkarya,” kata Rhenald di Depok, Jawa Barat, Kamis (17/3). (*/DNE/ELN)
——————
Mahasiswa Ukraina Juara Darmasiswa Got Talent

Liana Snystar, mahasiswi Ukraina yang belajar bahasa Indonesia di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, memperoleh nilai tertinggi dalam acara Darmasiswa Got Talent di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Kamis (17/3). Darmasiswa adalah beasiswa dari Indonesia bagi mahasiswa asing untuk belajar bahasa Indonesia, seni, musik, dan kerajinan di sejumlah perguruan tinggi. Dalam lomba pidato berbahasa Indonesia itu, Liana menampilkan rangkaian kata-kata yang mengalir runtut. Kalimat dan pilihan kata sesuai kaidah bahasa Indonesia. Isi pidato pun menarik karena mengampanyekan cinta lingkungan dan membeberkan data penggunaan tas plastik di Indonesia. Juara kedua diraih Shakir Samadamaeng (Thailand) yang juga belajar di UAD. Adapun juara ketiga diraih Wiem Gassoumi (Tunisia) yang kuliah di Undip. (SIG)
————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 18 Maret 2016, di halaman 11 dengan judul “Langkan”.
—————
Minum Air Turut Menjaga Kemampuan Kognitif

Minum air secukupnya turut meningkatkan konsentrasi dan menjaga fungsi kognitif manusia. Air yang memperlancar aliran darah ke otak akan meningkatkan kinerja otak. Oleh karena itu, sangatlah penting menjaga level hidrasi dan tidak mudah percaya pada mitos-mitos soal air minum dan hidrasi. ”Air memperlancar aliran darah ke bagian celebral otak sehingga konsentrasi lebih baik,” ujar anggota Divisi Research and Scientific Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Shanty Olivia Jasirwan, pada konferensi pers Indonesian Hydration and Health Conference, Rabu (16/3), di Jakarta. Selain menurunkan konsentrasi, dalam jangka panjang, dehidrasi dapat mengganggu ginjal, infeksi kandung kemih, dan kulit kusam. Dalam sehari, orang dewasa idealnya minum 2 liter air. Riset IHWG 2015 ”Fluid Intake Study Indonesia”, rata-rata orang dewasa Indonesia minum 2-2,3 liter per hari. Riset di 34 provinsi. (C11)
————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 18 Maret 2016, di halaman 14 dengan judul “Kilas Iptek”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: