Home / Berita / Pagar Tanaman Efektif Kurangi Polutan Lalu-lintas

Pagar Tanaman Efektif Kurangi Polutan Lalu-lintas

Meski saat ini tanaman pagar terkesan hanya sebagai sebuah pemanis dekoratif taman maupun teras, penelitian terkini menunjukkan jenis tanaman tersebut mampu menyerap polusi lebih efektif dibanding pohon-pohon berukuran besar. Setidaknya ini berlaku pada jalur hijau di jalan-jalan kota.

Ini hasil studi terbaru dari University of Surrey di Inggris seperti dimuat Sciencedaily, 4 Januari 2019. Penelitian KV Abhijith dan Prashant Kumar ini berjudul “Field Investigations for Evaluating Green Infrastructure Effects On Air Quality In Open-road Conditions” dalam makalah yang diterbitkan Atmospheric Environment.

Peneliti melihat tiga jenis tanaman pada jalur hijau di pinggir jalan yaitu pohon, pagar tanaman, dan semak-semak yang memengaruhi konsentrasi polusi udara. Pusat Global untuk Penelitian Udara Bersih (GCARE) University of Surrey tersebut menggunakan enam titik di pinggir jalan Kota Guildford, Inggris sebagai lokasi uji.

LORENZO UNTUK KOMPAS–Kondisi trotoar yang berada di luar GBK. Jalur berwarna hijau di sisi luar trotoar adalah jalur khusus sepeda.

Alat pengukur polusi udara dipasang pada sisi dekat jalan dan pada sisi sebelah pada tanaman yang berada 1-2 meter dari pinggir jalan tersebut. Pengukuran dilakukan pada pagi dan sore hari saat jalanan ramai.

Para peneliti menemukan bahwa pinggir jalan yang hanya memiliki pagar tanaman paling efektif dalam mengurangi paparan polusi dengan mereduksi karbon hitam hingga 63 persen. Partikel sangat halus (PM2,5) atau berdiameter kurang dari 2,5 mikrometer menunjukkan pengurangan paling sedikit di antara semua polutan yang diukur.

Pengurangan maksimum konsentrasi teramati ketika angin sejajar dengan jalan karena efek menyapu, diikuti oleh angin di seberang jalan. Komposisi unsur partikel menunjukkan pengurangan yang cukup besar pada logam berat berbahaya yang berasal dari lalu lintas.

MAKALAH PENELITIAN–Grafis pada makalah penelitian KV Abhijith dan Prashant Kumar ini berjudul Field Investigations for Evaluating Green Infrastructure Effects On Air Quality In Open-road Conditions dalam makalah yang diterbitkan jurnal Atmospheric Environment.

Hanya pagar tanaman – dan kombinasi pagar dan pohon – sebagai jenis tanaman di jalur hijau paling efektif dalam meningkatkan kualitas udara. Pinggir jalan yang hanya ditanam pohon tidak menunjukkan pengaruh positif pada pengurangan polusi pada ketinggian pernafasan (biasanya antara 1,5 dan 1,7m). Diduga karena kanopi pohon terlalu tinggi untuk memberikan efek penghalang/penyaringan untuk emisi pipa knalpot tingkat jalan.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, lebih dari setengah populasi global tinggal di daerah perkotaan – jumlah ini meningkat hampir dua pertiga di Uni Eropa di mana, menurut Badan Lingkungan Eropa, tingkat polusi udara di banyak kota berada di atas tingkat yang diizinkan, menjadikan polusi udara sebagai risiko kesehatan lingkungan utama.

Profesor Prashant Kumar, penulis senior studi ini dan Direktur pendiri GCARE di University of Surrey, mengatakan jutaan orang di seluruh dunia tinggal di daerah perkotaan di mana tingkat polusi juga yang tertinggi. Cara terbaik untuk mengatasi polusi adalah dengan mengendalikannya di sumbernya. “Mengurangi paparan emisi lalu lintas di lingkungan dekat-jalan memiliki dampak besar,” kata dia.

Studi ini memberikan bukti baru untuk menunjukkan peran penting yang dapat dimainkan tanaman di pinggir jalan dalam mengurangi paparan polusi bagi pejalan kaki, pengendara sepeda, dan orang-orang yang tinggal di dekat jalan. Perencana kota harus mempertimbangkan menanam pagar tanaman yang lebih rapat, dan kombinasi pohon dengan pagar, di lingkungan jalan terbuka.

“Vegetasi perkotaan penting mengingat peran luas yang dapat dimainkannya dalam ekosistem perkotaan. Ini bisa lebih dari sekadar pohon di jalan perkotaan yang luas,” ujarnya.–ICHWAN SUSANTO

Sumber: Kompas, 8 Januari 2019

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Instrumen Nilai Ekonomi Karbon Diatur Spesifik

Pemerintah sedang menyusun peraturan presiden terkait instrumen nilai ekonomi karbon dalam. Ini akan mengatur hal-hal ...

%d blogger menyukai ini: