Home / Berita / Mahasiswa Universitas Terbuka Dapat Mengakses Kredit Pendidikan

Mahasiswa Universitas Terbuka Dapat Mengakses Kredit Pendidikan

Mahasiswa Universitas Terbuka dapat mengakses kredit pendidikan bagi mahasiswa (student loan) yang disediakan Bank BRI. Salah satu bank milik pemerintah ini memiliki produk kredit Briguna Pendidikan untuk mahasiswa.

Penandatanganan kerja sama Bank BRI dan Universitas Terbuka (UT) dilakukan oleh Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo dan Rektor UT Ojat Darojat. Melalui kerja sama ini, Bank BRI semakin menunjukkan komitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia di Indonesia dalam bidang pendidikan.

”Dengan menggandeng UT yang memiliki mahasiswa lebih dari 280.000 orang, Bank BRI memperluas jangkauan kredit pendidikan dengan harapan mampu memberikan solusi dana pembiayaan bagi mahasiswa UT,” kata Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Briguna Pendidikan merupakan kredit pendidikan dari BRI dengan skema pembiayaan yang dikhususkan untuk mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 yang telah diangkat sebagai pegawai tetap di suatu instansi/perusahaan serta memiliki penghasilan tetap.

DOKUMENTASI BANK BRI–Bank BRI dan Universitas Terbuka (UT) bekerja sama untuk memberikan kredit pendidikan bagi mahasiswa UT.

Produk ini memiliki keunggulan dengan adanya fleksibilitas berupa kelonggaran waktu pembayaran (grace periode), yakni mahasiswa diperbolehkan hanya membayar bunga berjalan selama masa pendidikan kuliah. Adapun pokok pinjaman dapat dibayarkan setelah mahasiswa lulus sampai dengan jangka waktu pinjaman berakhir.

Briguna Pendidikan ditawarkan dengan skema bunga yang ringan, yakni 6,5 persen hingga 7 persen dan mensyaratkan dokumen administratif yang relatif mudah. Dokumen yang diperlukan di antaranya salinan identitas diri/kartu tanda penduduk dan kartu keluarga, slip gaji, surat keputusan pegawai/karyawan, dan surat rekomendasi tempat bekerja ataupun rekomendasi dari universitas.

”Dengan skema pembiayaan fleksibel, Briguna Pendidikan diharapkan dapat memacu minat masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi tingkat lanjut. Langkah ini juga merupakan respons BRI atas instruksi presiden mengenai fasilitas pinjaman untuk pendidikan serta komitmen nyata Bank BRI untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia,” tutur Bambang.

Sementara itu, Ojat menyambut baik kerja sama UT dan Bank BRI. ”Mahasiswa UT akan terbantu dengan adanya akses pada kredit pendidikan dari Bank BRI. Banyak mahasiswa UT yang sudah bekerja sehingga memenuhi syarat untuk mendapatkan student loan Bank BRI,” kata Ojat.

Kerja sama dengan UT juga dilakukan dengan meluncurkan BRI Corporate Card yang diperuntukkan bagi keluarga besar UT. BRI Corporate Card merupakan kartu kredit Bank BRI yang diperuntukkan bagi institusi yang berfungsi sebagai alat pembayaran. BRI Corporate Card dapat digunakan untuk pembelian tiket pesawat perjalanan dinas, belanja barang operasional dan persediaan, belanja sewa, serta belanja pemeliharaan operasional dan non-operasional.

Kartu ini mempunyai keunggulan berupa dedicated corporate team, smart data online untuk memudahkan pengawasan transaksi secara daring, gratis executive lounge di bandara di Indonesia, penyesuaian besaran limit kartu sesuai kebutuhan, penyajian data tagihan dalam bentuk grup atau individual, serta penerapan data sesuai good corporate governance.–ESTER LINCE NAPITUPULU

Sumber: Kompas, 16 Mei 2018

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Covid-19 Menurunkan Emisi Karbon Global

Pandemi Covid-19 telah memangkas lebih dari delapan persen emisi karbon global, Berkurangnya emisi ini terjadi ...

%d blogger menyukai ini: