Home / Berita / LIPI Ciptakan Kartu Ucapan Tahun Baru Seukuran Virus

LIPI Ciptakan Kartu Ucapan Tahun Baru Seukuran Virus

Tim peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui melalui Pusat Penelitian Fisika di Laboratorium Focused Ion Beam, Minggu (31/12), merilis kartu ucapan Tahun Baru 2018 dengan panjang 25 mikrometer (0,025 milimeter). Ukuran tersebut sebesar ukuran virus polio, yaitu jenis virus dengan ukuran terkecil.

Pembuatan kartu ucapan Tahun Baru oleh tim peneliti Puslit Fisika LIPI ini menggunakan metode proses ukiran (engraving) di atas material wafer silikon dengan tembakan ion galium yang difokuskan.

DOKUMENTASI PUSLIT FISIKA LIPI–Tim peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Penelitian Fisika di Laboratorium Focused Ion Beam, Minggu (31/12), merilis kartu ucapan Tahun Baru 2018 yang memiliki panjang 25 mikrometer atau sebesar virus polio.

Alatnya adalah dual-beam focused ion beam (FIB) yang dimiliki Puslit Fisika LIPI dan satu-satunya di Indonesia.

 

”Kami bertekad terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Ini adalah itikad para peneliti untuk memperkenalkan teknologi terbaru yang dimiliki Indonesia kepada masyarakat,” ujar Dr Eni Sugiarti, peneliti Puslit Fisika LIPI.

DOKUMENTASI PUSLIT FISIKA LIPI–Alat dual-beam FIB milik Pusat Penelitian Fisika LIPI yang digunakan untuk menciptakan kartu ucapan Tahun Baru 2018 seukuran virus.

Pembuatan kartu ucapan Tahun Baru oleh tim peneliti Puslit Fisika LIPI ini menggunakan metode proses ukiran (engraving) di atas material wafer silikon dengan tembakan ion galium yang difokuskan.

Kepala Puslit Fisika LIPI Dr Rike Yudianti menyatakan, fasilitas dual-beam FIB terbuka untuk masyarakat. Mahasiswa, dosen, peneliti swasta, industri, bahkan pelajar bisa memanfaatkan alat tersebut.

DOKUMENTASI PUSLIT FISIKA LIPI–Alat dual-beam FIB milik Pusat Penelitian Fisika LIPI untuk menciptakan kartu ucapan Tahun Baru 2018 seukuran virus polio.

M ZAID WAHYUDI

Sumber: Kompas, 31 Desember 2017

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

”Big Data” untuk Mitigasi Pandemi di Masa Depan

Kebijakan kesehatan berbasis “big data” menjadi masa depan pencegahan pandemi berikutnya. Melalui ”big data” juga, ...

%d blogger menyukai ini: