Jalur Sesar Kendeng di Surabaya Dipetakan

- Editor

Senin, 21 Januari 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Peneliti telah menemukan bukti-bukti aktifnya sesar Kendeng di segmen Waru-Surabaya, Jawa Timur. Kajian ini semakin menunjukkan kerentanan kota-kota besar di Jawa terhadap gempa bumi dan pentingnya pembuatan mikrozonasi ancaman dan resiko gempa.

Temuan ini disampaikan oleh Amien Widodo, dosen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan Kebumian, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, yang dihubungi, Jumat (18/1/2019). “Kami ketemu bukti pergerakan sesar naik Kendeng yang menyebabkan pergeseran lapisan tanah sampai dua meteran. Bukti geologi ini kami temukan di kawasan Wringinanom, Gresik,” ujarnya.

Kami ketemu bukti pergerakan sesar naik Kendeng yang menyebabkan pergeseran lapisan tanah sampai dua meteran. Bukti geologi ini kami temukan di kawasan Wringinanom, Gresik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

–Bukti geologi keberadaan sesar naik Kendeng yang bergeser sampai dua meter, ditemukan di Wringinanom, Gresik, Jawa Timur. Jalur sesar ini menerus hingga Surabaya. Dokumentasi Amien Widodo, 2019

Menurut Amien, kajian yang dilakukan timnya merupakan upaya untuk merincikan Peta Sumber Gempa Nasional 2017 yang telah dikeluarkan Pusat Studi Gempa Bumi Nasional (Pusgen). Dalam peta tersebut, Sesar Kendeng disebutkan memanjang mulai dari bagian timur Jawa Timur hingga bagian barat Jawa Barat.

Di bagian barat Sesar Kendeng itu diidentifikasi bertemu dengan sistem Sesar Semarang dan Sesar Baribis. Berdasarkan kajian peneliti gempa bumi Universitas Gadjah Mada (UGM), Gayatri Marliyani (2016), adanya gempa-gempa berkekuatan menengah (magnitudo 4-magnitudo 5) di sekitar jalur ini. Sementara bukti-bukti pergerakan sesar ini di bagian barat terlihat dari adanya teras-teras sungai yang terangkat seiring pergerakannya.

”Meskipun sudah dicurigai Sesar Kendeng ini aktif hingga ke Jawa Timur, identifikasi fisiknya masih terbatas. Oleh karena itu, kami melakukan kajian ini. Penelitian kami ini diharapkan bisa ditindaklanjuti pemerintah,” kata Amien.

Penelitian itu melibatkan aspek geofisika untuk mengetahui ancaman gempa bumi dan kerentanan tanah, teknik sipil untuk kajian bangunan terutama sekolah, teknik geodesi untuk meneliti deformasi muka tanahnya, dan aspek tata ruangnya. ”Umur lapisan yang tersesarkan masih kami uji sehingga nanti bisa mengetahui periode-periode gempa pada masa lalu,” katanya.

Sebelumnya, kajian peneliti dari Australian National University, A Koulali (2016), yang menggunakan pergerakan global positioning system (GPS) menerus menemukan, patahan Kendeng diketahui memiliki mekanisme sesar naik dengan pergerakan ke selatan. Adapun kecepatan gerakannya mencapai 5 milimeter per tahun.

Mikrozonasi
Ketua Pusgen Masyhur Isryam menilai, kajian yang dilakukan tim ITS itu sangat diperlukan untuk merevisi peta gempa yang secara rutin dilakukan untuk lebih meningkatkan akurasi dalam mitigasi. ”Berikutnya, data terbaru pemetaan sesar aktif di Surabaya ini perlu diikuti dengan pembuatan mikrozonasi untuk ancamannya dan risiko gempa,” ujarnya.

Menurut Masyhur, hingga saat ini kota yang sudah memiliki peta mikrozonasi adalah Jakarta, tetapi menggunakan data Peta Sumber Gempa Tahun 2010 yang sebenarnya belum banyak berubah dalam peta tahun 2017. ”Saat itu kita belum bisa memasukkan Sesar Jakarta karena memang belum ada studi tentangnya,” katanya.

Meski demikian, pada awal 2019, kajian peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Endra Gunawan dan Sri Widiyantoro, yang dipublikasikan di Journal of Geodynamics, menguatkan aktifnya sesar di Jakarta berdasarkan bukti-bukti pergerakan laju regangan batuannya. Saat ini, tim geologi Pusgen masih berupaya memetakan posisi persis Sesar Jakarta ini, apakah merupakan bagian dari Sesar Baribis atau merupakan sesar yang terpisah.

”Jakarta adalah ibu kota dan ribuan triliun rupiah dana telah diinvestasikan untuk pembangunan. Jadi, harus betul-betul dapat dipastikan jalur sesar dan keaktifannya,” kata Masyhur.

”Pemetaan lokasi tersebut tidak mudah karena tertutup sedimen tebal dan banyak bangunan tinggi di atasnya,” ucapnya. Kajian yang sama juga dibutuhkan untuk kota besar lainnya, seperti Surabaya dan Semarang, yang juga dilalui jalur sesar.

Oleh AHMAD ARIF

Sumber: Kompas, 19 Januari 2019

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 117 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB