Home / Berita / IPB Tuan Rumah Pimnas ke-29

IPB Tuan Rumah Pimnas ke-29

Institur Pertanian Bogor menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIX (Pimnas ke-29). Ini merupakan kedua kalinya bagi IPB menyelenggarakan kegiatan yang merupakan ajang forum ilmiah dan komunikasi produk kreasi serta sarana silaturahmi antar mahasiswa di Indonesia melalui penyajian karsa, cipta, teknologi, penelitian dan karya dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB sekaligus Ketua Panitia Pimnas ke-29, Prof.Dr. Yonny Koesmaryono mengatakan, kegiatan yang berlangsung pada 8-11 Agustus 2016 itu diikuti 460 kelompok PKM yang berasal dari 145 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Selain mahasiswa, Pimnas ke-29 juga akan dihadiri dosen pembimbing PKM, pimpinan perguruan tinggi, dewan juri dan panitia pusat, 300 orang pendukung kontingen dan 1.250 panitia.

“Pimnas ke-29 diharapkan dapat memberi warna penyelenggaraan Pimnas yang tidak hanya bernuansa kompetisi yang adil, namun juga menekankan kepada persatuan dan kebersamaan” ujarnya dalam rilis yang diterima “PR”, Senin, 8 Agustus 2016.

Adapun dalam kegiatan tersebut peserta Pimnas dibagi dalam 22 kelas presentasi. Ini meliputi 6 kelas PKM Penelitian Eksakta, 2 kelas PKM Penelitian Sosial humaniora, 4 kelas PKM Kewirausahaan, 4 kelas PKM Pengabdian kepada Masyarakat, 4 kelas PKM Karsa Cipta, 1 kelas PKM Penerapan Teknologi dan 1 kelas PKM Gagasan Tertulis.

Selain presentasi dan pameran poster-produk PKM, Pimnas tahun ini juga akan dilengkapi dengan kegiatan Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan, Sarasehan Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan, Studium General, Pimnas Investment Summit, Social Gathering, Aksi Peduli Lingkungan, SMA Goes to PIMNAS, olahraga bersama, bazaar hingga City Tour.

Sumber: Pikiran Rakyat, Oleh: Siska Nirmala Puspitasari 8 Agustus, 2016
——————–
IPB Jadi Tuan Rumah PIMNAS ke-29, 68 Ribu Lebih Proposal Telah Masuk

Institut Pertanian Bogor (IPB) ditunjuk menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29.

Perhelatan akbar ini untuk mengapresiasi inovasi yang dihasilkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kabiro Hukum, Promosi dan Humas Institut Pertanian Bogor IPB), Yatri Indah Kusumastuti mengatakan Kegiatan ini merupakan program Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Acara ini akan digelar 8-13 Agustus 2016 dan dihadiri mahasiswa yang lolos seleksi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia,” katanya melalui siaran pers yang diterima TribunnewsBogor.com.

Lanjutnya, Pimnas merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diikuti lebih dari 68.000 proposal yang masuk dari seluruh Indonesia.

Proposal PKM ini terbagi ke dalam lima bidang, yakni PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Teknologi, PKM Pengabdian kepada Masyarakat dan PKM Karsa Cipta.

Setiap PKM yang lolos seleksi ini akan didanai sekitar 4.700 kelompok.
Jumlah pendanaannya sekitar Rp 7,5 juta – Rp 12,5 juta per kelompok.
Khusus IPB ada 205 proposal yang didanai.

“Seleksi tahap selanjutnya presentasi di tingkat nasional dan dipilih 440 tim saja yang akan lolos ke PIMNAS,” ungkapnya.

Kelompok yang berhak mengikuti Pimnas akan diumumkan pertengahan Juli 2016 ini.

Penulis: Yudhi Maulana Aditama
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribunnews Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudhi Maulana

Sumber: TRIBUNNEWSBOGOR.COM, Selasa, 12 Juli 2016

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

”Big Data” untuk Mitigasi Pandemi di Masa Depan

Kebijakan kesehatan berbasis “big data” menjadi masa depan pencegahan pandemi berikutnya. Melalui ”big data” juga, ...

%d blogger menyukai ini: