Home / Berita / “Box Girder” LRT Dipasang

“Box Girder” LRT Dipasang

Percepatan Proyek Kereta Ringan Jakarta Terus Dilakukan
Proyek kereta ringan atau LRT rute Kelapa Gading-Rawamangun memulai pemasangan perdana beton box girder, Senin (29/5). Sebanyak 250-an dari total kebutuhan 1.300 segmental box girder sudah tersedia dan siap dipasang untuk percepatan proyek.

Satya Heragandhi, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, selaku BUMD yang mendapat penugasan membangun LRT, mengatakan, kontraktor mulai bekerja pada pertengahan Januari. Hanya dalam sekitar empat bulan, pemasangan box girder sudah bisa dimulai.

“Ini sudah lebih cepat dari jadwal,” ucap Satya di sela pemasangan perdana box girder pada P68-P69 di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

PT Wijaya Karya Beton sudah memulai produksi box girder yang bakal dipasang. Saat peluncuran kemarin, terdapat satu unit launcher atau alat untuk merangkai box girder. Satya mengatakan, pekan depan bakal terdapat satu unit launcher lagi dan total 4 unit launcher.

Pemasangan box girder di antara dua tiang beton berjarak 40 meter memakan waktu 3 sampai 4 hari.

KOMPAS/RIZA FATHONI–Pemasangan gelagar (box girder) pertama di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (29/5). Gelagar ini merupakan bagian dari proyek light rail transit (kereta ringan) Koridor I Velodrome-Depo Gading Nias. Proyek ini ditargetkan selesai 2018 untuk menunjang Asian Games.

General Manager Sipil Umum Wijaya Karya Agung Budi W meminta masyarakat pengguna jalan di sekitar proyek LRT semakin sabar dengan kemacetan lalu lintas. “Mulai malam ini (kemarin malam) akan ada pendirian balok sehingga akan lebih macet daripada sebelumnya karena setiap hari akan ada girder masuk. Namun, dengan macet itu, (proses pengerjaan) akan lebih cepat karena dalam 3-4 hari satu bentang selesai,” ujarnya.

Dengan dimulainya pemasangan box girder, Satya yakin pekerjaan fisik bisa selesai akhir tahun ini. Setelah pemasangan box girder selesai, infrastruktur di atasnya bisa dikerjakan, antara lain pemasangan rel, persinyalan, dan sistem daya.

Tiang beton proyek LRT Jakarta juga dirancang tahan gempa hingga magnitudo 8,7 sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

Untuk percepatan, lanjut Satya, ada 1.924 pekerja yang terlibat dalam proyek infrastruktur LRT sepanjang 5,8 kilometer itu. Jumlah tersebut masih akan bertambah.

Berdasarkan data Jakpro, kemajuan pekerjaan konstruksi utama LRT Jakarta pada 23 Mei sudah 21,1 persen atau 1,15 persen lebih cepat dari rencana.

Terintegrasi di aplikasi
Di tempat terpisah, Kepala Kebijakan Publik dan Pemerintah Uber untuk Indonesia John Colombo mengatakan, saat ini semakin banyak perjalanan pengguna Uber yang berawal atau berakhir di sekitar stasiun, halte, ataupun titik-titik transportasi umum lainnya.

Hal ini, kata dia, menandakan transportasi daring menjadi pilihan warga untuk perjalanan dari titik awal dan titik akhir, sedangkan di antaranya warga memakai transportasi publik.

“Jadi, sebenarnya Uber simbiosis dengan transportasi massal, bukan bertentangan,” ujar John di kantornya, kemarin.

Kondisi ini diperkirakan terus meningkat seiring pembangunan dan pengembangan berbagai moda transportasi oleh pemerintah di Jakarta, antara lain MRT, LRT, dan transjakarta.

Menurut John, saat ini sekitar 24 persen perjalanan di Jakarta masih di daerah pinggiran, sedangkan 30 persen lainnya berlangsung pada malam hari.

Permintaan itu tidak lepas dari masih banyak titik yang belum terjangkau transportasi publik. Begitu juga berkurangnya transportasi publik pada malam hari.

Untuk menunjang transportasi multimoda, Uber bekerja sama dengan Trafi, aplikasi yang fokus pada informasi mengenai transportasi publik. Aplikasi yang dikembangkan di Lituania ini di antaranya memberi saran kombinasi jenis moda transportasi dan perkiraan biaya perjalanan.

Menurut John, dengan kerja sama ini, Uber terintegrasi dengan aplikasi Trafi sebagai salah satu rekomendasi pilihan sarana transportasi bagi warga.

Country Manager Trafi Indonesia Dimas Dwilasetio mengatakan, Trafi mencakup kawasan Jabodetabek. Aplikasi ini menyediakan jadwal transportasi publik secara real time. Gangguan dalam rute perjalanan transportasi publik juga diinformasikan. “Misalnya ada kereta anjlok atau ada jalur busway ditutup, itu akan diinformasikan setiap waktu.”

Selain layanan transportasi yang disediakan pemerintah, Trafi juga menyediakan informasi transportasi lain, seperti angkot dan bus. Aplikasi ini bisa diunduh lewat telepon pintar.

Bus bandara
Sementara mulai Selasa ini, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengoperasikan bus Jakarta Airport (JA) Connexion yang menghubungkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan sejumlah hotel serta mal di Jabodetabek. Kepala BPTJ Elly Sinaga mengatakan, tarif yang diberlakukan Rp 50.000 per penumpang untuk rute hotel-bandara dan Rp 25.000 per penumpang dengan rute mal-bandara. (PIN/IRE/JOG)
————-
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 30 Mei 2017, di halaman 27 dengan judul “”Box Girder” LRT Dipasang”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Diduga Kuat Covid-19 Bisa Menular Melalui Udara

WHO sedang mengkaji masukan sejumlah peneliti yang menyebutkan virus SARs-CoV-2, penyebab pandemi Covid-19, bisa menular ...

%d blogger menyukai ini: