Bensin dari Sampah Plastik

- Editor

Senin, 30 Mei 2011

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SAMPAH plastik saat ini telah menjadi momok sangat menakutkan bagi masyarakat umumnya dan pencinta lingkungan khususnya. Plastik tidak dapat terurai dalam tanah. Itu berbeda dari sampah organik seperti sisa makanan yang sangat mudah terurai. Karena itu, dikhawatirkan sampah plastik akan menyebabkan degradasi fungsi tanah.

Sampai saat ini, plastik memang masih sulit tergantikan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari seperti kemasan makanan, tas, produk elektronik, automotif, mainan. Penggunaan plastik akan terus meningkat karena kelebihannya, antara lain ringan dan kuat, tahan terhadap korosi, transparan dan mudah diwarnai, dan sifat insulasinya cukup baik. Otomatis produksi sampah plastik terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kita masih beruntung ada para pemulung yang sedikit mengurangi timbunan sampah, untuk selanjutnya didaur ulang. Namun masih banyak sekali sampah plastik yang terbuang dan belum terselesaikan hingga saat ini. Jadi perlu solusi jangka panjang untuk mengurangi sampah plastik sekaligus dapat menghasilkan produk lain yang bermanfaat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Daur Ulang

Proses daur ulang menjadi sangat populer saat ini. Namun hanya daur ulang tertentu yang selama ini dijalankan. Padahal ada banyak alternatif proses daur ulang yang lebih menjanjikan dan berprospek ke depan. Salah satunya mengonversi sampah plastik menjadi bensin. Itu bisa dilakukan karena pada dasarnya plastik berasal dari minyak bumi, sehingga tinggal dikembalikan ke bentuk semula.

Keuntungan sampah plastik adalah tidak menyerap air, sehingga kadar air sangat rendah dibandingkan sampah kertas, sisa makanan, dan biomassa. Plastik juga mempunyai nilai kalor cukup tinggi, setara dengan bahan bakar fosil seperti bensin dan solar.

Mekanisme proses intu menggunakan pirolisis, yaitu memanaskan plastik pada suhu di atas 400 derajat Celcius tanpa oksigen. Pada suhu itu, plastik akan meleleh dan berubah menjadi gas. Pada saat proses tersebut, rantai panjang hidrokarbon akan terpotong menjadi rantai pendek. Selanjutnya proses pendinginan dilakukan pada gas tersebut sehingga mengalami kondensasi dan membentuk cairan.

Cairan itulah yang kelak menjadi bahan bakar, baik berupa bensin maupun bahan bakar diesel. Untuk mendapatkan hasil dan performa lebih baik, ditambahkanlah katalis. Beberapa parameter sangat berpengaruh terhadap produk yang dihasilkan, antara lain suhu, waktu, dan jenis katalis. Katalis dari jenis zeolit dan silica-alumina banyak digunakan dalam proses itu.

Sangat Krusial

Satu kilogram plastik bisa menghasilkan sekitar 1 liter minyak, sehingga bisa diperkirakan berapa minyak dihasilkan dari proses itu. Konversi plastik itu menjadi sangat krusial ketika makin minim tempat pembuangan sampah dan harga minyak dunia terus meningkat.

Beberapa negara telah banyak mengembangkan teknologi itu, seperti Jepang, Jerman, AS, dan India. Pabrik skala komersial pun sudah diujicobakan untuk mendapatkan performa terbaik. Sayang hingga saat ini Indonesia belum banyak mengembangkan teknologi itu sampai pada skala komersial. Padahal, bila dikembangkan, satu persoalan mengenai sampah telah terselesaikan dan ada keuntungan lain dari produksi bahan bakar yang mempunyai nilai jual.

Dari sinilah perlu kebijakan pemerintah tentang pengelolaan dan pengolahan sampah plastik, sehingga bisa mendorong industri pengolahan sampah plastik mencapai skala keekonomian. Tentu itu semua perlu didukung seluruh lapisan masyarakat, khususnya dalam hal pemilahan sampah. Perlu edukasi pada masyarakat mengenai hal itu. Peran perguruan tinggi tentu sangat penting dalam mengedukasi masyarakat dan pengembangan teknologi pengolahannya. Akhirnya, sinergi semua pemangku kepentingan yang dimotori pemerintah sangat perlu demi keterwujudan lingkungan yang terjaga dan mengurangi ketergantungan pada beberapa sumber energi primer. (51)

M Syamsiro ST MT, pengajar Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra Yogyakarta

Sumber: Suara Merdeka, 30 Mei 2011

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Arsitektur yang Bertumbuh dari Tanah, Bukan dari Langit
Dusky: Senandung Ibu dari Sabana Papua
Dari Garis Hitam ke Masa Depan Digital: Kronik, Teknologi, dan Ragam Pemanfaatan Barcode hingga QRIS
Di Balik Lambang Garuda di Selembar Ijazah
AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru
Melayang di Atas Janji: Kronik Teknologi Kereta Cepat Magnetik dan Pelajaran bagi Indonesia
Zaman Plastik, Tubuh Plastik
Suara yang Menggeser Tanah: Kisah dari Lereng yang Retak di Brebes
Berita ini 10 kali dibaca

Informasi terkait

Kamis, 10 Juli 2025 - 17:54 WIB

Arsitektur yang Bertumbuh dari Tanah, Bukan dari Langit

Rabu, 9 Juli 2025 - 12:48 WIB

Dusky: Senandung Ibu dari Sabana Papua

Senin, 7 Juli 2025 - 08:07 WIB

Di Balik Lambang Garuda di Selembar Ijazah

Sabtu, 5 Juli 2025 - 07:58 WIB

AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru

Jumat, 4 Juli 2025 - 17:25 WIB

Melayang di Atas Janji: Kronik Teknologi Kereta Cepat Magnetik dan Pelajaran bagi Indonesia

Berita Terbaru

fiksi

Pohon yang Menolak Berbunga

Sabtu, 12 Jul 2025 - 06:37 WIB

Artikel

Arsitektur yang Bertumbuh dari Tanah, Bukan dari Langit

Kamis, 10 Jul 2025 - 17:54 WIB

Fiksi Ilmiah

Cerpen: Tamu dalam Dirimu

Kamis, 10 Jul 2025 - 17:09 WIB

Artikel

Dusky: Senandung Ibu dari Sabana Papua

Rabu, 9 Jul 2025 - 12:48 WIB

fiksi

Cerpen: Bahasa Cahaya

Rabu, 9 Jul 2025 - 11:11 WIB