Home / Berita / UKDW untuk Wirausaha dan Riset

UKDW untuk Wirausaha dan Riset

Universitas Kristen Duta Wacana mengembangkan konsep entrepreneur research university. Konsep yang tergolong baru dalam dunia pendidikan tinggi ini mencoba mengombinasikan bidang riset dengan kewirausahaan.

Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Djohan mengatakan, konsep entrepreneur research university (ERU) adalah bagaimana mengembangkan riset dan kewirausahaan secara bersamaan. ”Di banyak kampus, dua konsep ini biasanya dipertentangkan. Namun, di UKDW, keduanya berusaha dikombinasi,” kata Djohan usai pelantikan Rektor UKDW Periode 2009-2014 di Yogyakarta, Selasa (30/11).

Menurut Djohan, dengan konsep ini, penelitian di UKDW dilaksanakan dengan landasan semangat kewirausahaan. Secara praktik, hal ini antara lain membalik proses penelitian yang selama ini lazim dilakukan.

”Umumnya, para akademisi menyelesaikan penelitian dulu baru disosialisasikan kepada masyarakat. Sekarang, hal itu di UKDW dibalik. Jadi, para pengguna penelitian ditanyai dulu sebelum penelitian dilaksanakan sehingga penelitian bisa dilakukan sesuai keinginan pengguna,” ujarnya.

Tiga tahun

Djohan mengatakan, konsep yang telah dirancang setidaknya tiga tahun terakhir ini akan resmi dilakukan sekitar awal tahun 2011. Saat ini, sejumlah persiapan tengah dilakukan. Salah satunya yakni membentuk sekitar 25 kelompok dosen. Setiap kelompok terdiri dari empat orang dengan bidang keilmuan beragam. Kelompok ini juga harus mengajak praktisi maupun industri untuk bergabung.

Masing-masing kelompok diharuskan membuat program kerja untuk empat tahun. Mereka juga bertugas membimbing kelompok mahasiswa lintas disiplin ilmu yang nanti akan dibentuk. Kelompok ini akan dilengkapi laboratorium dan jejaring usaha untuk menyelesaikan program kerja tersebut. (IRE)

Sumber: Kompas, Rabu, 1 Desember 2010 | 04:24 WIB

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Mahasiswa Universitas Brawijaya ”Sulap” Batok Kelapa Jadi Pestisida

Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang membantu masyarakat desa mengubah batok kelapa menjadi pestisida. Inovasi itu mengubah ...

%d blogger menyukai ini: