Home / Berita / Telkom Bangun Pusat Data Ketiga

Telkom Bangun Pusat Data Ketiga

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk melalui anak perusahaan, Telekomunikasi Indonesia International Pte Ltd Singapore (Telin Singapore), memulai pembangunan Telin Singapore Data Center and Telecommunication Hub. Fasilitas itu merupakan pusat data dan sambungan komunikasi ketiga di negeri tersebut.

Peresmian pusat data dilakukan Menteri BUMN Rini M Soemarno yang disaksikan Menteri Senior Urusan Perdagangan dan Industri Singapura Lee Yi Shyan, di Jurong Data Center Park, Singapura, Jumat (5/6). Acara itu juga dihadiri antara lain CEO Telkom Group Alex J Sinaga dan CEO Telin Singapore Septika N Widyasrini seperti diberitakan wartawan Kompas, Andreas Maryoto, dari Singapura.

Rini M Soemarno mengatakan, dengan pembangunan pusat data itu, pemerintah berharap Telkom makin tumbuh menjadi pemain global di industri teknologi informasi dan komunikasi. Ia juga berterima kasih kepada Telin Singapore yang bisnisnya bertumbuh dengan baik.

dsc_0176Alex J Sinaga mengatakan, dengan pusat data ketiga itu, Telkom telah menjadi pemain regional. Bisnis pusat data ini merupakan bisnis yang menjadi perhatian Telkom karena pihaknya meningkatkan belanja modal di industri digital. Sebelum pembangunan pusat data di Jurong, Telin Singapore membangun dua pusat data, yaitu di Changi dan Tai Seng. “Pusat data ini merupakan salah satu investasi di luar negeri yang sejalan dengan strategi pertumbuhan untuk memperkuat layanan dalam menghubungkan mitra bisnis dan pelanggan dalam rantai pasok digital,” katanya.

Pusat data baru itu berdiri di lahan seluas 8.000 meter persegi dengan lima lantai. Dengan luasan itu, pusat data ketiga ini bisa memiliki luas lantai 20.000 meter persegi. “Kami bukan hanya melayani pasar Singapura, melainkan juga regional dan global. Telin akan melayani konektivitas global yang dapat diandalkan,” kata Septika N Widyasrini

Pembangunan pusat data akan selesai pada triwulan III-2016 dengan nilai investasi 115 juta dollar AS. Diperkirakan bisnis pusat data akan meningkat 8-10 persen. Pendapatan Telin Singapore pada 2014 sebesar Rp 972,2 miliar. Pada 2015, target pendapatan Rp 1,05 triliun.
———————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 6 Juni 2015, di halaman 18 dengan judul “Telkom Bangun Pusat Data Ketiga”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Indonesia Dinilai Tidak Memerlukan Pertanian Monokultur

Pertanian monokultur skala besar dinilai ketinggalan zaman dan tidak berkelanjutan. Sistem pangan berbasis usaha tani ...

%d blogger menyukai ini: